Menu
Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Prev Next

Sentuh aku, maka kubawa kamu ke langit ketujuh

Sentuh aku, maka kubawa kamu ke langit ketujuh

"Sentuh aku, maka kubawa kamu ke langit ke tujuh". Itulah tantangan si seksi yang ada di Pulau Madura. Ingin menyentuhnya? Datang ke pulau paling ujung di Jawa Timur ini.

Madura-KoPi|Pulau Madura kini telah disambungkan dengan Jembatan Suramadu, mempunyai sesuatu yang spesial. Selain pariwisata seperti Jembatan Suramadu, pantai dan alun-alun, kebudayaan seperti karapan sapi, serta bahasa yang unik, pulau Madura menyimpan salah satu kekhasan sendiri yaitu kuliner.

Salah satunya adalah nasi bebek. Di Madura, banyak yang menjual nasi bebek, tetapi ada salah satu yang paling terkenal dari kuliner pulau Madura, yaitu Nasi Bebek Sinjay.Terletak di Jalan Raya Ketengan no. 45 Bangkalan, Madura. Lokasinya tidak jauh dari kota Surabaya, dibutuhkan sekitar 30 menit saja dari kota Surabaya via Jembatan Suramadu.

Lokasinya pun tidak begitu sulit untuk dicari, hanya mengikuti jalanan lurus dan Anda sudah dapat menemukan depot Nasi Bebek Sinjay. Jika dari arah Surabaya depot tersebut terletak di sebelah kanan jalan. Depot Nasi Bebek Sinjay memang mudah ditemui, jika sudah mendekati tujuan akan ada pemandangan menarik, yaitu kendaraan yang terparkir di pinggir jalan, kendaraan tersebut khususnya roda empat atau mobil.

Kebanyakan yang datang untuk menikmati sajian Bebek Sinjay adalah orang dari luar Madura, seperti warga Surabaya, Malang, Sidoarjo dan daerah-daerah lain. Agak mengherankan memang, mengapa hanya seporsi nasi bebek saja bisa ramai begitu hingga banyak orang baik dari Madura ataupun luar Madura rela mengantri lama hingga berjam-jam demi seporsi nasi Bebek Sinjay itu.

Bebek Sinjay dengan sambal pencit Bebek Sinjay biasanya padat dikunjungi saat weekend atau pada musim liburan. Anak-anak hingga orang tua tampaknya sangat gemar dengan sajian nasi Bebek Sinjay. Cara pemesanan di depot Bebek Sinjay tidak seperti depot atau restoran lain yang pelayannya menghampiri pengunjung dan menanyakan menu yang akan di pesan.Di sini pengunjung datang ke tempat pemesanan, yang biasanya harus rela harus siap antri beberapa menit atau bisa berjam-jam.

Harga dari seporsi Bebek Sinjay bisa dikatakan terjangkau yaitu Rp. 20.000.Bebek Sinjay tak jauh beda dengan penampilan nasi bebek yang lain yaitu bebek potong, nasi, sambal dan lalapan. Tetapi yang membedakan adalah cita rasa dari Bebek Sinjay itu sendiri dan tambahan kremes di atas bebek yang rasanya asin dan gurih. Banyak orang mengatakan bahwa rasa dari bebeknya itu asin, gurih dan renyah, bumbunya meresap.

Tekstur dagingnya yang empuk membuat bebek sinjay makin digemari. Bebek sinjay dipadu dengan nasi dari beras berkualitas yang pulen dan hangat. Sambal yang disajikan adalah sambal mangga, atau orang Jawa sering menyebutnya dengan sambal pencit yaitu paduan sambal dengan pencit atau mangga muda. Rasa asam dan pedas sambal pencit dipadu dengan nasi pulen yang hangat dan sepotong Bebek Sinjay yang renyah, asin, dan gurih menambah selera makan orang menjadi naik.

Bebek asal Madura ini yang memanggilmu "Sentuh aku, maka kubawa kamu ke langit ketujuh". | Hilman Rizky R.

back to top