Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Seluruh Organik Akmil Ikuti Upacara Peringati Hari Pahlawan

Seluruh Organik Akmil Ikuti Upacara Peringati Hari Pahlawan

Magelang-KoPi| Bertempat di Lapangan Pancasila Akademi Militer, seluruh organik Akademi Militer mengikuti Upacara Peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2016.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Gubernur Akmil Mayjen TNI Arif Rahman. Sedangkan selaku Komandan Upacara adalah Letkol Inf Rohmanu dan diikuti oleh seluruh organik Akmil baik Militer, PNS dan Taruna/ Taruni Akmil.

Peringatan Hari Pahlawan tersebut ditandai dengan mengheningkan cipta secara khidmat untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan Kusuma Bangsa yang telah menjaga dan mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan jaman karena pada setiap waktu dapat diimpelementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembang jaman.

Peringatan hari pahlawan didasarkan pada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai pertempuran pertama dan terbesar antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945, dengan memakan korban jiwa yang sangat besar.

Dalam amanat Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa yang dibacakan oleh Gubernur Akmil mengatakan, bahwa warisan terbaik para pahlawan bangsa bukanlah politik ketakutan, melainkan politik harapan, seberat apapun tantangan yang dihadapi dan keterbatasan yang ada, tidak akan menyurutkan semangat perjuangan.

Semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang, berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dengan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi. Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan melainkan juga memperbaiki keadaan negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti-asing.

Tema Hari Pahlawan 2016 yaitu "Satukan Langkah Untuk Negeri". Tema ini juga mengandung pesan kepada warga Negara Kesatuan Republik Indonesia untuk bersatu dalam kebersamaan dalam persatuan untuk mewujudkan cita-cita negara Republik Indonesia.

Selain itu, melalui Peringatan Hari Pahlawan 2016, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya. Peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan Nilai-nilai Kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.

back to top