Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Sekda Meringin mengukuhkan Dewan Pendidikan

Sekda Meringin mengukuhkan Dewan Pendidikan

Merangin-KoPi| Sekda Merangin Jambi H Sibawaihi, Selasa (27/9), mengukuhkan para pengurus Dewan Pendidikan Merangin. Acara pengukuhan di Aula Utama Kantor Bupati Merangin itu, dihadiri Kadis Pendidikan Merangin H Mashuri dan Kepala BKD Merangin Hazwar.

Dikukuhkan sebagai Ketua Dewan Pendidikan Merangin A Bakar AR, wakilnya Taswin Indra dan Sekretaris Edi Suratno. Selain itu, AR Mulyadi sebagai wakil sekretaris dan bendahara H Syafrudin Hadi.

Sedangkan Ketua Bidang Pertimbangan Pendidikan dikukuhkan K H Satar Saleh, anggota Bidang Pertimbangan Pendidikan Abdullah Gemuk, Ketua Bidang Pendukung Penyelenggaraan Pendidikan Havis Asbandi.

Untuk Ketua Bidang Pengawasan Pendidikan dan Mediasi dikukuhkan Rais Darlis, anggota Bidang Pengawasan Pendidikan dan Mediasi Saprandono. ‘’Mereka ini semua para senior dunia pendidikan,’’ujar Sekda.

Dikatakan Sekda, Dewan Pendidikan Merangin pertama kali dibentuk pada 2002 ketuanya Muhammad Am dan pada 2016 ini kembali dilantik para pengurus Dewan Pendidikan Merangin.

‘’Ini artinya Dewan Pendidikan Merangin telah fakum selama 14 tahun dan sekarang bangkit lagi. Untuk bangkit tiga unsur, Pemerintah, Masyarakat dan Dewan Pendidikan harus menyatu guna mewujudkan apa yang dicita-citakan,’’terang Sekda.

Lebih lanjut dijelaskan Sekda, ada empat peran Dewan Pendidikan, pertama sebagai pemberi pertimbangan dalam penentuan dan pelaksanaan kebijakan kependidikan. Lalu sebagai pendukung finansial maupun pemikiran dalam dunia pendidikan.

Terus sebagai pengontrol dalam rangka transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan dan keluaran pendidikan dan terakhir sebagai mediator antara Pemerintah dan Dewan dengan masyarakat.

Sementara itu lanjut Sekda, Dewan Pendidikan Berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu.

Melakukan kerjasama dengan masyarakat, pemerintah dan dewan, berkenan dengan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Menampung dan menganalisis aspirasi, ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan yang diajukan masyarakat.

Tidak hanya itu, Dewan Pendidikan juga berfungsi sebagai pemberi masukan, pertimbangan dan rekomendasi kepada pemerintah daerah dan dewan. Mendorong orang tua dan masyarakat berpartisipasi dalam pendidikan dan melakukan evaluasi.

‘’Evaluasi dan pengawasan terhadap kebijakan, program, penyelenggaraan dan keluaran pendidikan ini nanti dilaporkan ke Bapak Bupati melalui Sekda yang akan ditembuskan ke Dinas Pendidikan Merangin,’’terang Sekda lagi.|Charles

back to top