Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Sejuta pesona pantai Pink Lombok

Sejuta pesona pantai Pink Lombok

Lombok Timur-KoPi- Keelokan pantai Pink Lombok memang tak diragukan lagi. Kita sebagai warga Indonesia seharusnya bersyukur dan bangga karena negara kita memiliki keindahan alam yang luar biasa, salah satunya yaitu pantai Pink.

Pantai yang terletak di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur ini memiliki keindahan pemandangan pantai dan wisata air bawah laut yang luar biasa indahnya. Sayangnya, tidak semua wisatawan tahu dan mengekspos akan sejuta pesona yang tersembunyi dari pantai Pink ini.

Pasir pantainya yang kemerah-merahan karena proses hancurnya karang-karang merah membuat pantai ini terlihat berwarna pink. Wisatawan dapat mengabadikan foto pantai pink dengan warna pasir yang lebih pink pada pukul 07.00 pagi dan sore hari sekitar pukul 04.00 WITA ketika cuaca cerah.

 

Kebersihan pantai dan air laut pantai Pink masih sangat terjaga karena tempat ini terletak di daerah terpencil dan jauh dari pemukiman warga. Air laut pantai Pink juga terbilang sangat unik dibanding air laut pantai lainnya di Lombok. Biasanya Air laut memiliki rasa asin yang begitu pekat, tetapi pantai Pink tidak. Pantai ini memiliki kadar garam yang rendah membuat rambut dan kulit tidak lengket sama sekali setelah mandi di laut.

Wisatawan tak perlu khawatir jika lupa membawa air mineral atau makanan kecil pengganjal perut karena seorang penjual disana menyediakannya seperti air mineral biasa/dingin, soft drink biasa/dingin, kopi, pop mie, dan snack. 

Terumbu karang yang terjaga dengan baik dengan beragam warna seperti merah, kuning, hijau, dan ungu membuat banyak ikan kecil dapat berkembang biak dengan baik. Berbagai jenis ikan kecil penghuni karang juga menghiasi aquarium bawah laut pantai Pink yang membuat pantai ini semakin cantik dan berwarna.

Untuk sampai disana, wisatawan dapat menggunakan alat transportasi seperti sepeda motor, mobil, maupun minibus. Lama perjalanan yang harus di tempuh ±2,5-3 jam dengan jarak ±80 km trek jalanan yang bermacam-macam dari hotmik, aspal berlubang, tanah kerikil. Sangat disarankan untuk wisatawan agar mengisi BBM sampai penuh agar terhindar dari masalah kehabisan BBM di tengah perjalanan,  mengingat lokasi pantai Pink yang jauh dan terpencil.

Perjuangan wisatawan akan terbayar lunas sesampainya di pantai Pink. Seperti kata peribahasa, “Berakit-rakit dahulu berenang ketepian”. Wisatawan akan terpana dan kagum melihat pantai Pink yang bersih nan indah. 

Untuk biaya masuknya tidak usah khawatir, cukup membayar parkir sebesar Rp 5.000,- wisatawan dapat masuk sampai ke bibir pantai. Disana juga disediakan beberapa perahu boat kecil dan perlengkapan snorkling dengan tarif sewa Rp 350.000-Rp500.000/perahu tergantung banyaknya spot yang akan dikunjungi. Dikomplek pantai Pink juga terdapat gua peninggalan zaman Jepang dengan beberapa lorong yang saling berhubungan satu sama lainnya.

Tarif tersebut tidaklah terlalu mahal mengingat terpencilnya tempat itu untuk mendapatkan bahan bakar. Wisatawan dapat menikmati wisata bahari seharian penuh tanpa ada batasan waktu sewa. Fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan wisatawan ketika ingin menikmati keindahan bahari pantai Pink seperti pemandangan pantai-pantai di sekitar pantai Pink yang tak kalah menariknya, batu karang yang menyerupai kepala buaya, karang bolong (karang yang berlubang karena ombak air laut), dan tentunya spot untuk snorkling.

(Irfan. Ridlowi)

back to top