Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Sayang mata? Selalu siapkan 6 makanan ini

Sayang mata? Selalu siapkan 6 makanan ini
KoPi. Mata sering disebut jendela hati. Mata sehat tentu menjadi idamana setiap orang, karena kita sangat mengandalkan kemampuan visual kita. Dan semua orang tahu kalau wortel baik untuk mata. Namun, ternyata nutrisi untuk mata tidak dimonopoli wortel saja.

Ada banyak makanan lain yang memberikan manfaat bagi kesehatan mata. Makanan yang banyak mengandung nutrisi seperti lutein dan zeaxanthin sangat membantu kesehatan mata. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu mengurangi resiko katarak dan penurunan daya lihat. Selain itu, omega-3, zinc, beta karotin, vitamin A, C, dan E, juga berkontribusi pada kesehatan mata.

Apa saja makanan yang baik untuk mata? Berikut beberapa di antaranya:

Sayuran hijau

Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kale, dan sawi mengandung banyak lutein dan zeaxanthin. Selain dapat mengurangi resiko katarak, nutrisi tersebut juga mampu melindungi mata dari gelombang cahaya tinggi yang merusak. Sebagai saran, makanlah setidaknya semangkuk sayuran-sayuran tersebut setiap hari untuk mendapat nutrisi tersebut.

Ubi

Siapa yang menduga ubi jalar ternyata termasuk makanan yang baik untuk mata? Kandungan beta-karoten dalam ubi jalar termasuk tinggi. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A dan C, serta potasium dan serat yang tinggi.

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Peneliti telah menemukan bahwa biji-bijian dan kacang-kacangan kaya akan kandungan omega-3, niasin, zinc, dan vitamin E. Nutrisi-nutrisi tersebut mampu membantu mengurangi resiko penurunan daya lihat. Kacang-kacangan mudah ditemui di mana pun. 1 ons biji bunga matahari atau almond mampu memenuhi sepertiga kebutuhan vitamin E sehari-hari.

Ikan

Para ahli sering memasukkan ikan ke dalam kategori super food. Ini karena kandungan nutrisi dalam ikan yang sangat tinggi. Dan ikan ternyata juga sangat baik untuk kesehatan mata. Ikan yang memiliki banyak lemak, seperti tuna, salmon, dan makarel terkenal memiliki banyak asam lemak dan omega-3 yang tinggi. Nutrisi tersebut sangat membantu perkembangan mata, membantu meningkatkan fungsi retina, dan memberi perlindungan dari mata kering.

Telur

Semua orang menyukai telur. Banyak masakan yang bisa dikreasikan dengan telur. Mulai dari yang sederhana seperti telur dadar atau telur mata sapi, hingga yang rumit sekalipun. Telur banyak mengandung zinc, omega-3, zeaxanthin, dan lutein, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan mata.

Wortel

Tidak perlu dipertanyakan lagi mengenai khasiat wortel terhadap kesehatan mata. Kombinasi vitamin A dan beta-karoten dalam wortel memang membuktikan wortel sebagai sumber nutrisi mata.

 

Reporter: Amanullah Ginanjar Wicaksono

back to top