Menu
Bupati dan Walikota Harus Mengacu dengan Visi Misi Presiden

Bupati dan Walikota Harus Mengacu d…

Surabaya-KoPi| Bupati dan...

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis Soprema 2018 untuk Sociopreneur Muda dari 16 Provinsi Indonesia

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis S…

Jogja-KoPi| Rangkaian gel...

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi Bisa Dilatih

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi …

Jogja-KoPi| Pakar Manajem...

Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Prev Next

Robert Downey Jr, dari pecandu narkotika jadi aktor dengan bayaran termahal

Robert Downey Jr, dari pecandu narkotika jadi aktor dengan bayaran termahal
KoPi | Siapa yang tak kenal Robert Downey Jr. Aktor ini menjadi terkenal setelah berperan sebagai superhero dengan baju besi canggih, Iron Man. Berkat perannya tersebut, Downey Jr. kini menjadi aktor dengan bayaran termahal di dunia.
 

Baru-baru ini majalah Forbes memasukkan Downey Jr. ke dalam peringkat pertama aktor dengan bayaran termahal. Berkat perannya di Iron Man dan Avengers, Downye Jr. mempunyai penghasilan 51 juta Dollar setahun. Downey Jr. sudah tiga kali berturut-turut menjadi aktor dengan bayaran termahal versi Forbes. Peringkat ke dua ditempat oleh Jackie Chan, dan peringkat 3 ditempati oleh Vin Diesel.

Namun perjalanan karirnya tidak sehebat Tony Stark, tokoh yang diperankannya. Sebelum terkenal dalam film Iron Man dan Avengers, Downey Jr. merupakan seorang pecandu narkotika. Ia bolak-balik masuk penjara, dan pernah jatuh miskin, menjadi tukang cuci loyang pizza dengan bayaran 8 sen per jam.

Downey Jr sudah mengenal obat-obatan terlarang sejak berusia 6 tahun. Ayahnya, Robert Downey Sr., adalah pembuat film underground dan pecandu. Ia mengenalkan ganja pada Downey Jr. ketika putranya masih berusia 6 tahun. Downey Jr. mengatakan ia mencoba ganja tersebut sebagai cara untuk memperkuat ikatan emosional antara ayah dan anak.

Tak butuh waktu lama baginya untuk menjadi pecandu. Ia putus sekolah untuk mengejar karir sebagai aktor. Peran pertamanya adalah sebagai anak orang kaya pecandu narkotika dalam film Less Than Zero. Ia menjadi terkenal setelah berperan sebagai Charlie Chaplin dalam film yang disutradarai Sir Richard Attenborough. Namun, kecanduan narkoba membuatnya jatuh.

Hampir tiap malam Downey Jr. mabuk dan tak sadarkan diri. Pernah ia ditangkap dalam keadaan telanjang dan berhalusinasi sambil mengendarai Porsche. Ia juga pernah ditemukan tak sadarkan diri di gang penuh tikus di belakang LA Hotel. Downey Jr. juga pernah datang terlambat dalam sebuah janji temu dengan produser asal Inggris dengan bertelanjang kaki dan membawa senjata api.

Tahun 1997 Downey Jr. harus menginap 180 hari di penjara setelah gagal dalam tes kecanduan narkotika. Di penjara, ia sering berkelahi dengan sesama tahanan. Tahun 1999, setelah keluar dari penjara, ia sempat membintangi film televisi Ally McBeal, namun tak bertahan lama. Penyebabnya, ia ditemukan berkeliaran di jalan dengan bertelanjang kaki dan dalam pengaruh obat terlarang.

Sejak saat itu, ia menjadi pariah di dunia film Hollywood. Ia dikejar-kejar pihak berwenang karena menunggak pajak dan hampir bangkrut.

Tahun 2003, ia bertemu dengan perempuan yang menjadi istrinya saat ini, Susan Levin. Levin berkeras hanya mau menikahi Downey Jr. jika ia mau benar-benar berhenti menggunakan narkotika.

Akhirnya, lewat sebuah kejadian dramatis, Downey Jr. berhenti di sebuah restoran Burger King di pinggir jalan dan membuang semua obat terlarangnya ke laut. Ia lalu menjalani program rehabilitasi untuk menghentikan kecanduannya dan menjalani pengobatan. Ia mendeskripsikan upaya berhenti dari kecanduannya tersebut seperti "bangun dari koma selama 20 tahun". |Daily Mail, Forbes

back to top