Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Reuni khas SMAN 1 Magelang "Dulur Cedak Saklawase"

Reuni khas SMAN 1 Magelang "Dulur Cedak Saklawase"

Magelang-KoPi| Perayaan Reuni Perak SMA Negeri 1 Magelang angkatan tahun 1991 digelar dengan sukses. Kegiatan dipusatkan di hotel Puri Asri Magelang, Sabtu 07 Mei 2016 dengan tema Dulur Cedhak Saklawase.
Koordinator sekaligus ketua panitia acara reuni, Widiantoro mengatakan reuni bertujuan mengumpulkan balung pisah para teman teman seangkatan SMA Negeri 1 Magelang tahun 1991.

"Diharapkan setelah acara ini, teman teman yang kini sudah tersebar di berbagai daerah, bahkan banyak yang berada di luar negeri, dapat kembali merekatkan kembali ikatan persaudaraan mereka”.

Proses acara di mulai di Ballroom Prambanan, Hotel Puri Asri tepat jam 08.00 dengan registrasi peserta. Sambil menunggu kedatangan teman yang lain, peserta yang sudah hadir disuguhi dengan hidangan jajan pasar khas Magelang, seperti gethuk, ongol-ongol, klepon, dan lain-lain.

sma11

Tidak kalah menariknya tersedia juga angkringan dengan nasi kucingnya, sate telur, berbagai gorengan tahu tempe, dan tidak lupa minuman teh jahe, kopi susu, dan wedang rempah-rempah.

Peserta yang mulai berdatangan sangat antusias berfoto booth dengan teman teman reuni lainnya. Situasi menjadi hiruk pikuk dengan keramaian dan kehebohan peserta reuni yang saling bertegur sapa dan bercengkerama.

Tepat jam 09.00 MC acara, Maya mengarahkan peserta agar memasuki ruangan agar acara seremonial reuini dapat segera dimulai. Peserta reuni duduk dalam bentuk round table yang santai dan elegan. Maya memohon agar berdiri dan dengan iringan musik, meminta agar hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne guru. Selama menyanyikan itu, para peserta tampak terlihat antusias dan haru.

Acara dimulai dengan sambutan Ketua Panitia, Widiarto, dilanjutkan dengan penayangan video conference Bapak Widodo, sosok guru SMAN 1 Magelang, yang mewakili kesan dan pesan para guru yang pernah mengajar mereka selama 3 tahun belajar.

Pak Widodo tampak terharu dan gembira melihat kekompakan SMAN 1 Magelang angkatan tahun 1991. Beliau juga menyampaikan rasa bangga bahwa ternyata para murid-muridnya kini telah berhasil menjadi orang sukses di berbagai bidang. Baik di pemerintahan maupun swasta, sehingga mampu mengharumkan nama sekolah yang dikenal terfavorit di Magelang.

Kemudian, setelah Afip, salah satu alumnus, membacakan doa, kegiatan dilanjutkan dengan mengarahkan peserta reuni menuju ke sekolah SMAN 1 yang berjarak sekitar 1 KM dari hotel Puri Asri dalam rangka mengenang masa lalu dan pemberian tali asih untuk adik adik kelas yang berprestasi sebesar 10 juta rupiah.

Di sana juga diserahkan cindera mata berupa baju batik untuk semua guru beserta staff. Persembahan alumnus angkatan 91 ini diserahkan secara simbolik oleh perwakilan alumnus angkatan 91, Anis Tariri melalui Kepala Sekolah SMAN 1 Magelang, Drs.Sucahyo Wibowo. M Pd.

sma14

Dalam sambutannya kepala sekolah menyatakan terima kasih dan kebanggaanya karena baru kali ini guru dan staff diberi sesuatu dari peserta reuni. Sucahyono menyatakan apa yang sudah dicapai peserta reuni angkatan 91 merupakan tradisi keberhasilan SMAN 1 Magelang dalam menelurkan siswa siswa berprestasi.

Seperti contohnya adalah hasil UN salah satu siswa yang berhasil menjadi nomer satu di Jawa Tengah tahun ajaran 2015/2016.

Sucahyo dalam kesempatan itu mengatakan bahwa ia adalah salah satu angkatan terbaik tahun 1995. pengakuan itu mengejutkan hadirin dan disambut dengan gelak dan tepuk tangan yang meriah.

Kapsul waktu

Dalam acara bebas, peserta reuni berkeliling ruang kelas, mengenang semua perjuangan yang telah mereka lalui semasa belajar di SMA dan berfoto ria. Kemudian secara seremonial ditanam pula kapsul waktu, dimana di dalamnya berisi kesan dan kesan peserta reuni. Kapsul waktu itu diharapkan akan dibuka lagi pada acara 25 tahun lagi atau pada peringatan reuni emas mendatang.

sma13

Sesuai agenda acara, para peserta reuni kembali ke Puri Asri untuk makan siang bersama, kemudian beranjak ke ruangan untuk acara game dan pemberian doorprize. Diiringi orgen tunggal dan penyanyinya acara berjalan sangat meriah. Para peserta reuni larut dalam kerinduan yang membuncah setelah 25 tahun tidak bersua.

Tidak kalah heboh penampilan alumnus 91 yang menurunkan performa luar biasa. Ada pembacaan puisi dan lagu lagu jadul 90-an, dan dua buah performa nan menarik berupa tarian kontemporer era 90-an dengan memakai seragam SMA. Tidak ayal, teman teman yang lain memberikan applus yang luar biasa pada penampilan mereka.

“Acara ini berjalan sukses berkat kerja keras panitia di Magelang dan kontribusi penuh dari semua teman teman alumnus 91. Ruh dari acara reuni ini adalah kehadiran teman teman tanpa ada batasan .. Istilahnya Harga Tiket Masuk (HTM) seperti acara lainnya. Tentu jer basuki mowo beo, tapi semua itu akhirnya terpenuhi dengan kontribusi teman teman yang sekali lagi tanpa batasan minimal, tapi bagi yang mampu tanpa batasan maximal., Sehingga diharapkan semua teman teman bisa hadir dalam acara reuni perak SMAN 1 Magelang angkatan tahun 1991 ini. Sosialisasi melalui medsos, japrian, dan lain lain kita usahakan jauh jauh hari,” kata Widiarto.

“Alhamdulilah sekitar 120-an teman alumnus akhirnya hadir dalam acara ini.”

Dalam puncak acara dibagikan ratusan doorprize dan hadiah utama berupa 4 buah HP Tab,sepeda gunung,tv, dan kulkas.Acara diakhiri dengan menyanyikan lagu kemesraan dari Iwan Fals sambil berpelukan dan bersalam salaman diantara semua teman yang hadir.

"Dengan keberhasilan ini, kami harapkan tagline angkatan 91 yaitu "Dulur Cedhak Saklawase" benar benar mengendap dalam hati yang paling dalam setiap alumnus .

Kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai saudara dalam arti sesungguhnya. Selamat bertemu lagi 25 tahun mendatang dalam reuni emas SMA N 1 Magelang, teman teman,” pungkasnya.

back to top