Menu
Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Prev Next

Pustakawan Perpusnas RI Rilis Buku “Glosarium Istilah Perpustakaan”

Pustakawan Perpusnas RI Rilis Buku “Glosarium Istilah Perpustakaan”

Jakarta – KoPi - Pustakawan Perpustakaan Nasional RI, Suharyanto, merilis buku terbarunya berjudul “Glosarium Istilah Perpustakaan”. Buku yang diterbitkan FAM Publishing, Divisi Penerbitan Forum Aktif Menulis (FAM) Indonesia, itu terbit September 2014.

Suharyanto yang pernah meraih predikat pustakawan berprestasi peringkat pertama di Tingkat Nasional tahun 2012 itu menyebutkan, buku karyanya itu ia rilis mengingat buku-buku terkait ilmu perpustakaan terutama mengenai glosarium dan sejenisnya di Indonesia bisa dikatakan masih belum banyak.
 
“Buku glosarium ilmu perpustakaan ini berisi istilah-istilah tentang perpustakaan dan  bidang lain yang terkait seperti arsip, dokumentasi, dan informasi. Buku-buku sejenis masih langka,” ujar Suharyanto, Ahad (28/9).
 
Dia mengungapkan, buku tersebut dimaksudkan sebagai buku pegangan atau rujukan bagi pustakawan, mahasiswa, pengajar, dan praktisi di bidang ilmu perpustakaan dan informasi, serta dapat digunakan oleh kalangan umum sebagai buku referensi untuk mengenal tentang ilmu perpustakaan dan informasi.
 
“Buku ini sebagai upaya menambah khasanah keilmuan, khususnya Ilmu Perpustakaan dan Informasi,  menambah nuansa keberadaan koleksi perpustakaan terutama untuk koleksi jenis rujukan, dan meningkatkan gerakan literasi Indonesia,” kata Suharyanto yang juga pustakawan berprestasi peringkat pertama di Provinsi DKI Jakarta pada 2012.
 
Suharyanto lahir di Jakarta 1 November 1969. Dia adalah Pustakawan Madya pada Pusat Pengembangan Koleksi dan Pengolahan Bahan Pustaka, Perpustakaan Nasional RI.
 
Pendidikan formal di bidang perpustakaan yang pernah ditempuhnya, di antaranya: D2 Ilmu Perpustakaan IPB, S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Padjadjaran, dan S2 Ilmu Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.
 
Karirnya ia awali di Perpustakaan Daerah Timor Timur (tahun 1993) dan pindah ke Perpustakaan Nasional RI (tahun 2000). Aktivitas lainnya yaitu sebagai tenaga pengajar pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Perpustakaan Nasional RI.
 
Ia sering tampil sebagai pemateri/narasumber pada berbagai kegiatan konferensi/seminar/workshop/bimtek, dan lainnya. Ia aktif menulis artikel yang dimuat di Majalah Visi Pustaka, Media Pustakawan, Academia.edu serta menyusun berbagai pedoman/standar/pedoman di bidang perpustakaan.
 
Putra dari Bapak Soemarto dan Ibu Sukinah ini memiliki seorang istri (Muliati Mallawa), dan tiga anak, yaitu: Afif Heryanto, Afifah Nurhayati, Aqilah Nur Arifah. (rel)
 

back to top