Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

Prodi Pertahanan Nasional UGM bangunkan Kesbang Linmas dari tidur

Prodi Pertahanan Nasional UGM bangunkan Kesbang Linmas dari tidur

Jogja-KoPi| Modal demokrasi nusantara semakin minim guna menyikapi perubahan sosial dalam Kesejateraan Pembangunan dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) yang terjadi di tingkat daerah maupun perkotaan.

Menanggapi persoalan itu Program Studi Pertahanan Nasional merealisasikan gagasannya melalui pelatihan bertema Revitalisasi tugas pokok dan fungsi badan Kesbang Linmas Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta guna meningkatkan kesatuan dan persatuan bangsa di Gedung Pascasarjana UGM (23/11).

Ketua panitia Imam Subkhi mahasiswa S2 Prodi Ketahanan Nasional, memaparkan bahwa Kesbang Linmas memiliki tugas pokok untuk mengumpulkan data tentang kesejahteraan pembangunan di lintas daerah untuk diusulkan pada pemerintah agar secepatnya untuk ditindaklanjuti.

Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk “memberikan wawasan baru pada pegawai Kesbang Linmas se- Daerah Istimewa Yogyakarta karena masih banyak persoalan yang perlu diselesaikan baik ditingkat pedesaan maupun perkotaan,” ujar Imam.

Kegiatan ini juga dibuka sebagai wahana aktualisasi dari mahasiswa Pascasarjana Ketahanan Nasional melalui sharing Knowledge dengan persaonel badan Kesbang Linmas se-Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Fokus dari diskusi ini yaitu masih banyak persoalan yang perlu disikapi termasuk peraturan yang diterapkan oleh pemerintah khususnya ditingkat profensi.

Sila Pemateri dalam diskusi menegaskan bahwa pemimpin di Indonesia belum sepenuhnya seperti yang kita harapkan, karena semua pemimpin dari partai politik pasti memiliki kepentingan terselubung baik dalam hal pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Oleh karena itu Kesbang Linmas memiliki tanggung jawab penting menjadi penyelamat pemerintah baik ditingkat desa maupun di perkotaan.

"Karena dapat kita ketahui bahwa ormas dan partai politik sangat lemah menghadapi permasalahan-permasalahan tentang kesejahteraan dan pembangunan di masyarakat,"tambah Sila.

Kesejateraan Pembangunan dan Perlindungan Masyarakat (Kesbang Linmas) memiliki tugas pokok dalam mengatasi pergulatan yang dapat mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara, sesuai pada undang-undang no 24 tahun 2004 yang menjelaskan Kesbang Linmas memiliki peran penting dalam menyusun kebijakan teknis dan kebijakan daerah di bidang kesatuan bangsa, politik dan perlindungan masyarakat. |Cucuk Armanto|

back to top