Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Pensiun di luar negeri? Siapa takut ..

Pensiun di luar negeri? Siapa takut ..
KoPi | Majalah Forbes merilis 20 negara terbaik untuk menghabiskan masa pensiun. Forbes menilai negara-negara tersebut berdasarkan beberapa faktor seperti biaya hidup, pajak, layanan kesehatan, iklim, keamanan, atraksi budaya, dan keramahan. Mungkin jika Anda berniat pensiun, negara-negara ini bisa menjadi tujuan untuk menghabiskan masa tua. Tidak perlu jauh-jauh, karena beberapa negara tetangga Indonesia masuk ke dalam daftar tersebut. Berikut beberapa negara terbaik untuk pensiun.
 

Australia

Australia dinilai memiliki biaya hidup yang masuk akal, terutama untuk layanan kesehatannya. Politik Australia juga dinilai stabil dan memiliki tingkat kriminalitas yang rendah. Bahasa Inggris menjadi bahasa utama, yang menjadi nilai tambah Australia sebagai tujuan pensiun yang nyaman. Namun, beberapa sekolah di Australia juga mengajarkan Bahasa Indonesia. Siapa tahu Anda bisa bertemu orang yang fasih berbahasa Indonesia di sana.

Malaysia

Forbes menilai Malaysia memiliki biaya hidup yang murah, cocok bagi mereka yang ingin pensiun dengan biaya kecil. Iklimnya sama dengan Indonesia, sehingga tidak sulit untuk beradaptasi. Selain itu, budaya campuran antara Melayu, India, dan Cina dianggap sangat eksotis bagi Forbes. Malaysia berusaha menarik banyak pensiunan untuk tinggal dengan visa jangka panjang (long-term visa) dan tidak menarik pajak dari pendapatan yang berasal dari luar negeri.

Filipina

Sama seperti Malaysia, biaya hidup yang murah menjadi pertimbangan Forbes untuk memilih negara di utara Indonesia ini. Jangan khawatir mengenai masalah komunikasi, karena Bahasa Inggris cukup umum dijumpai di Filipina. Daya tarik lainnya, negara ini tidak menarik pajak pendapatan yang berasal dari luar negeri. Filipina juga memiliki iklim serta budaya yang mirip dengan Indonesia, jadi akan mudah sekali beradaptasi. 

Thailand

Sama seperti Malaysia dan Filipina, Thailand memiliki biaya hidup yang rendah. Pelayanan kesehatan di Thailand juga cukup terjangkau. Forbes menilai keunggulan Thailand adalah iklimnya yang hangat. Namun, seringnya ketegangan politik dan pajak pendapatan luar negeri menjadi nilai minus untuk negeri Gajah Putih ini.

Panama

Panama telah lama bertengger dalam jajaran negara terbaik untuk para pensiunan. Pemerintah Panama tidak membebankan pajak untuk pensiunan dari negara asing, bahkan memberi diskon untuk para manula. Pelayanan kesehatannya juga dinilai terbaik dan sangat murah.

Portugal

Portugal menjadi pilihan terbaik untuk pensiun di benua Eropa. Biaya hidup yang rendah, iklim yang hangat, dan penduduknya yang santai, menjadi idaman bagi para pensiunan. Kota pilihan bagi pensiun adalah Algarve yang berada di tepi Samudera Atlantik. Satu lagi, negara ini juga menggandrungi sepak bola, sama seperti Indonesia. Siapa tahu Anda bisa berjumpa langsung dengan bintang sepak bola ternama seperti Christiano Ronaldo.

Negara-negara lain yang masuk ke dalam daftar majalah Forbes antara lain, Belize, Kanada, Chile, Kolombia, Costa Rica, Krotia, Ekuador, Perancis, Irlandia, Italia, Meksiko, Nikaragua, Spanyol, dan Uruguay.| Forbes.com

back to top