Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Partai Solidaritas Indonesia lolos verifikasi membawa kaum muda ke panggung politik

Partai Solidaritas Indonesia lolos verifikasi membawa kaum muda ke panggung politik

Jogja-KoPi| Setelah keluarnya pengumuman resmi Kementerian Hukum dan HAM RI mengenai mengenai hasil verifikasi Partai politik pada Jum’at (7/10) lalu, Partai Solidaritas Indonesia dinyatakan sebagai satu-satunya Partai yang lolos akan menjadi kado istimewa bagi kaum muda yang selama ini secara politis selalu terpinggirkan.

Kehadiran PSI menjadi kabar gembira semangat kaum muda untuk menapak dan ikut bertanggungjawab atas kebijakan politik secara langsung. Hal tersebut disampaikan wakil ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Solidaritas Indonesia (DPW PSI) Daerah Istimewa Yogyakarta, Susilo dalam siaran persnya pada wartawan, Ahad (9/10).

Menurut Susilo, selama ini partai politik di Indonesia sebenarnya sudah banyak memakai jargon anak muda dalam kampanyenya, tetapi dalam langkah politiknya termasuk pada saat penentuan caleg ataupun calon kepala daerah, tetap saja menomorduakan kalangan muda dan tidak dilibatkan dalam keputusan strategis.

“Banyak Partai Politik yang memakai jargon anak muda, tetapi pada akhirnya tidak memberikan tempat pada anak muda untuk posisi strategis. Hal tersebut bisa kita lihat dari prosentase wakil kaum muda yang ada di lembaga legislatif baik di pusat maupun daerah, bahkan untuk struktur organisasi partai-pun anak muda masih terpinggirkan,” tegasnya.

Selama ini PSI yang dengan tegas telah membatasi umur para pengurus di semua level kepemimpinan hanya sampai empat puluh tahun, sehingga dalam perjalanannya nanti diharapkan muncul kader kader politik muda yang fresh dan tidak terkontaminasi partai politik sebelumnya.

“Kami juga membatasi bahwa yang menjadi pengurus, bukanlah pengurus dari partai sebelumnya, kita tidak anti dengan partai lama tetapi ingin memberikan warna baru dalam dunia politik di indonesia.

Lolosnya PSI membuktikan bahwa gagasan anak muda juga telah diterima oleh masyarakat. Struktur yang kuat dari level pusat hingga cabang, telah membuktikan Partai yang diketuai oleh Grace Natalie ini dapat diterima oleh masyarakat.

“Tidak mudah membuat struktur partai dari pusat hingga tingkat kecamatan ditengah sentimen negatif masyarakat terhadap partai lama. Menjadi Satu-satunya Partai yang lolos sebagai Partai baru dari empat kontestan lain menjadi bukti bahwa tidak sekedar membalik telapak tangan untuk bisa mendirikan partai di Indonesia,” jelasnya.

Untuk wilayah DIY, PSI telah ada di 80% kecamatan serta seluruh kabupaten dan merupakan modal besar dalam mengarungi jagad perpolitikan.

“Kami akan mencoba untuk mengejar ketertinggalan kami dari partai -partai yang sudah lama eksis di DIY ini, kami akan tetap menjunjung keistimewaan yang telah lama diperjuangkan sebelumnya dan tidak akan mengusik itu karena hal terseebut juga bagian dari aspirasi teman -teman di Jogja,” jelasnya.

Dengan lolosnya PSI Susilo berharap dukungan penuh masyarakat Jogja terutama kawula muda yang sudah lama apatis dengan kegiatan politik, dapat bergabung dalam Partai yang relatif berbeda dengan partai yang sebelumnya. “Kita siap menampung gagasan segar anak muda Jogja dan menerima dengan tangan terbuka apabila ada yang berkeinginan untuk bergabung dengan kami,” pungkasnya.

back to top