Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Para perempuan yang tidak tinggal diam

Para perempuan yang tidak tinggal diam

Surabaya-KoPi | Mereka adalah para perempuan yang penuh semangat bergerak. Menjadi bagian penting dari proses meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan bidang keolahragaan. Kesejahteraan merupakan kondisi sehat lahir batin yang bisa dicapai melalui kapasitas ekonomi dan jiwa raga yang sehat.

Mereka adalah para wanita yang tergabung dalam Pengurus Provinsi Perwosi Jawa Timur yang dipimpin oleh Dra. Hj. Fatma Saifullah Yusuf.

Pada Hari Rabu (13/4), Perwosi Jawa Timur menyelanggarakan rakerprov (rapat kerja provinsi) penyusunan program-program pemberdayaan keolahragaan untuk para wanita. Fatma Saifullah Yusuf (FSY) kepada KoPi menekankan pentingnya olahraga sebagai salah satu fondasi kesejahteraan sosial masyarakat.

"Sejahtera berarti kuat secara ekonomi dan sehat secara jiwa raga. Olahraga merupakan kegiatan yang menyehatkan jiwa raga. Oleh karenanya Perwosi harus mampu menyusun strategi dalam program-program yang mendorong semangat dan budaya olahraga dalam masyarakat."

Rakerprov dihadiri oleh para pengurus dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Timur. Selama rakerprov, berbagai usulan program dan gagasan pendekatan kegiatan pemberdayaan keolahragaan untuk para wanita muncul secara dinamis. Hal ini menandakan bahwa para pengurus tingkat kabupaten/kota berkomitmen terhadap upaya pemberdayaan kesejahteraan sosial melalui olahraga.

Selama kepemimpinan FSY, Perwosi Jawa Timur mengalami peningkatan aktivitas pemberdayaan. Hal ini tidak saja dirasakan oleh masyarakat Jawa Timur, namun jajaran pengurus Perwosi dari provinsi-provinsi lain. KoPi menemukan fakta bahwa warga Jawa Timur ikut merasakan kegiatan-kegiatan Perwosi. 

"Saya suka kegiatan senamnya itu. Menarik sekali. Musiknya asli Jawa Timuran. Jadi punya karakter gitu, ndak ikut-ikutan budaya asing."

FSY selama ini memang terus menggalakkan Senam Rekreasi Perwosi Jawa Timur 2. Tanpa kenal lelah, bersama jajaran pengurus provinsi, FSY mengadakan senam tersebut ke kabupaten dan kota Jawa Timur. Selain itu, FSY selama periode 2010-2014 dan 2014-2018 bekerjasama dengan pemerintah provinsi, dinas pemuda dan olahraga KONI dan mitra-mitra lainnya.

"Beberapa kegiatan Perwosi antara lain pernah menyelenggarakan pelatihan guru olahraga putri tingkat Sekolah Dasar tahun 2010, pertandingan bola voli, lomba Kids Athletic untuk siswi Sekolah Dasar, sampai pertandingan voli untuk kelompok usia di atas 40 tahun."

Pada penyusunan program kerja Perwosi Jawa Timur, FSY memberi penekanan agar seluruh gagasan dan rancangan harus memperhatikan mekanisme legal atau peraturan. Hal tersebut sebagai bentuk pertanggungjawaban publik. Karena peraturan disusun atas dasar kepentingan publik. Peraturan itu adalah PP No. 16 Tahun 2017 dan Perda Jawa Timur No. 12 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Keolahragaan di Jawa Timur.

Ya, masyarakat Jawa Timur tentu sangat menyambut baik kegiatan para perempuan hebat ini. Perempuan yang tidak pernah diam untuk meningkatkan kesejahteraan sosial melalui penguatan kesehatan masyarakat. | Ginanjar |

back to top