Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Panasnya perang Smartwatch di tahun 2015

Panasnya perang Smartwatch di tahun 2015
KoPi | Perkembangan dunia gadget semakin cepat. Setelah Google mengeluarkan Google Glass pada tahun lalu, kini berbagai perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan berbagai macam gadget yang wearable. Dan tahun 2015 ini akan dipanaskan dengan pertarungan berbagai jam tangan canggih (smartwatch) dengan berbagai fungsi.
 

Yang memanaskan persaingan smartwatch ini siapa lagi jika bukan Apple. Sejak mengumumkan Apple Watch pada September 2014 lalu, penggemar Apple langsung memujinya. Meski baru akan dirilis pada April 2015 mendatang, berbagai review positif sudah diarahkan pada Apple Watch. Bahkan majalah Time memasukkan Apple Watch sebagai salah satu dari 25 Best Inventions of 2014.

Apple Watch dinilai memiliki desain yang canggih dan berbagai macam kegunaan. Apple Watch dilengkapi dengan berbagai fitur seperti Apple Pay, mampu menerima telepon dan pesan lewat iMessage, serta bisa diisi berbagai macam aplikasi dari Apple Store.

Tidak ingin kalah, berbagai perusahaan pun merilis berbagai smartwatch yang diklaim lebih unggul dari Apple Watch. Salah satu yang dianggap sebagai saingan berat Apple Watch adalah Pebble yang merilis Pebble Time. Dengan meluncurkan kampanye lewat kickstarter, Pebble Time mampu mengalihkan perhatian pengila gadget dari Apple Watch.

Meski baru akan diluncurkan pada Mei mendatang, Pebble Time mampu mengumpulkan dana $ 5 juta dari 24.000 penyumbang pada kampanye kickstart tersebut. Sebanyak 10.000 penyumbang akan mendapatkan Pebble Time edisi khusus sebagai hadiahnya.

Namun, sebenarnya smartwatch sendiri sudah ada sejak lama. Perkembangan teknologi telah meningkatkan fungsi smartwatch hingga makin mirip komputer. Bahkan sejak awal 2014 berbagai versi smartwatch dengan berbasis OS Android sudah lebih dulu dirilis. Google meluncurkan platform Andoid Wear pada Juni 2014. Samsung, LG, dan Motorola pun menyusul merilis smartwatch buatan mereka.

Produk smartwatch andalan LG adalah LG Watch Urbane, memiliki desain seperti jam tangan mewah, namun memiliki kecanggihan teknologi smartwatch. Dengan prosesor 1,2 Ghz, LG Watch Urbane dilengkapi dengan monitor jantung untuk berolahraga.

Sony sendiri merilis Sony Smartwatrch 3 sebagai jagoannya dalam persaingan smartwatch. Dengan desain futuristis, dilengkapi dengan GPS, aplikasi Walkman, dan IR remote untuk mengontrol televisi.
Samsung sendiri tak mau kalah. Dengan Samsung Gear S, Samsung memasuki kancah persaingan smartwatch. Dilengkapi dengan jaringan 3G dan built-in Wi-Fi, Samsung Gear S bisa terhubung dengan smartphone Samsung Anda.

Microsoft tampaknya juga tak ingin ketinggalan dalam pasar smartwatch. Sejak Oktober lalu Microsoft meluncurkan Microsoft Band. Sempat tertelan publikasi Apple Watch, Microsoft baru-baru ini meng-update Microsoft Band dengan text dicatation. Artinya, Microsoft Band mampu menuliskan pesan teks melalui perintah suara. Microsoft sendiri berjanji akan terus mengembangkan fitur smartwatchnya.| PC World, Tech Radar, Business Insider, Android Wear, Mirror

back to top