Menu
Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran Soprema 2018

Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran…

Jogja-KoPi| Kegiatan Inku...

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY Adakan Lomba Jemparingan

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY…

Jogja-KoPi| Universitas A...

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​Web-Professional Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​…

Yogyakarta, 25 September ...

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo Ingatkan Dua Fungsi Sekda

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo I…

Surabaya-KoPi| Sesuai UU ...

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi Paham Radikal

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi …

 JogjaKoPi| Kepala B...

Bupati dan Walikota Harus Mengacu dengan Visi Misi Presiden

Bupati dan Walikota Harus Mengacu d…

Surabaya-KoPi| Bupati dan...

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis Soprema 2018 untuk Sociopreneur Muda dari 16 Provinsi Indonesia

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis S…

Jogja-KoPi| Rangkaian gel...

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi Bisa Dilatih

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi …

Jogja-KoPi| Pakar Manajem...

Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Prev Next

Nyi Roro Kidul suka bertandang ke Pantai Papuma, Jember

Nyi Roro Kidul suka bertandang ke Pantai Papuma, Jember

Jember – KoPi| Keindahan Pantai Papuma tidak perlu diragukan lagi. Warna pasir yang putih, air laut yang jernih dan deburan ombak besar menambah keelokan Pantai Papuma yang terletak di Jember, Jawa Timur.

Pantai Papuma berjarak sekitar 30 Km dari Kota Jember atau sekitar 1 jam perjalanan waktu google map. Papuma juga dikenal dengan kisah Nyi Roro Kidul yang siap mengambil korban setiap waktu. Kebanyakan korban yang diambil Nyi Roro Kidul adalah pria yang memakai baju hijau muda.

Konon, para pria ini dijadikan pasukan oleh Nyi Roro Kidul untuk melawan bangsa jin lain yang menjadi rivalnya. Warna hijau pupus dikenal sebagai warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

Kisah penculikan Nyi Roro Kidul ini, meskipun membuat khawatir dan merinding bulu kuduk, tetapi faktanya tidak mengurangi minat masyarakat menikmati Pantai Papuma yang memang indah. Di Pantai ini, kita akan mendapati perahu – perahu kecil yang juga disewakan oleh warga sekitar apabila ada pengunjung yang ingin merasakan lekukan ombak Pantai Papuma.

Ada pula makanan khas Pantai Papuma yang ditawarkan untuk pengunjung seperti ikan bakar yang ukurannya lumayan besar untuk disantap bersama empat orang. Selain itu tentu ada es kelapa muda yang disajikan langsung dengan buah kelapanya. Bila anda ingin menginap, di sini banyak pula penginapan dengan harga terjangkau.

Pada hari libur, Pantai Papuma biasanya sangat ramai, tetapi bila Anda ingin suasana sepi, Anda bisa berkunjung saat hari kerja. Dijamin Anda akan merasa memiliki Pantai Papuma sendiri, karena tentu tidak akan banyak pengunjung yang datang selain mata-mata Nyi Roro Kidul. Jadi, nikmati saja sendiri, tapi pastikan saja Anda tidak mengenakan pakaian hijau jika ingin mengikuti cerita mitos selama ini bahwa pengunjung tidak dianjurkan menggunakan baju berwarna hijau pupus yang merupakan warna kesukaan Nyi Roro Kidul.

Biaya untuk liburan di Pantai Papuma tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 11.000;. Dan apabila Anda ingin menikmati makanan khas-nya, cukup mengeluarkan uang  sekitar Rp 50.000,00 atau tergantung pemesanan menu yang Anda minta.

Keindahan Pantai Papuma tidak perlu diragukan, sebab pantai ini relatif masih bersih dan alami. Terdapat banyak pohon bakau yang menahan abrasi dari deburan ombak serta beberapa jenis pohon yang menambah keunikan Pantai Papuma.

Ombaknya tinggi, hingga mencapai satu meter, memberikan suasana romantisme tersendiri dengan suara ombak yang mendebur. Tidak banyak  toh, pantai yang memiliki ombak setinggi satu meter seperti ini.

Pantai Papuma dapat dikunjungi setiap saat, namun pada malam hari biasanya perlu berhati – hati sebab ombak pantai sangat besar sekali, bahkan dapat mencapai batas biasa. Nah, menurut cerita mitos yang juga ada selama ini, Nyi Roro Kidul suka sekali berselancar di sana. Jadi, kalau sudah seperti itu, lebih baik Anda menyingkir demi keamanan diri.

Di luar itu, leganya, keamanan di Pantai Papuma tergolong sangat terjaga. Setiap saat penjaga pantai selalu berkeliling dan tidak lelah memberi arahan kepada para pengunjung untuk terus berhati –hati dan dimana titik – titik deburan ombak besar yang dapat menyeret pengunjung ke laut.

Bila Anda ingin merasakan air Pantai Papuma, Anda wajib berenang pada zona yang sudah dikatakan aman oleh penjaga pantai kecuali Anda memang ingin "bertemu" Nyi Roro Kidul, Anda bisa langsung ke tengah.

Nah, cobalah luangkan waktu menikmati Pantai Papuma di Jember. |Istiyana

back to top