Menu
Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Prev Next

Merawat mata agar sehat segar bersama dr. Erry Dewanto, SpM.

Merawat mata agar sehat segar bersama dr. Erry Dewanto, SpM.

KoPi| Para pemuda, remaja dan orang tua seringkali mengalami mata yang lelah, pedas dan tidak nyaman. Selain itu kedua mata akan kelihatan memerah tidak sedap dilihat oleh orang lain. Dokter mata, dr. Erry Dewanto, SpM., memberikan tips tentang cara merawat mata agar selalu segar dan tidak terlihat kusam.

Menurut dokter mata Surabaya yang selalu menjadi rujukan masyarakat ini mata merupakan bagian organ tubuh yang kerjanya sangat berat. Sama halnya dengan organ tubuh lain, mata membutuhkan perawatan agar menjadi lebih sehat, segar dan tampak indah.

Berikut tips dari dokter spesialis mata yang sering melakukan bakti sosial dalam bentuk pemeriksaan mata ini.

1. Hindari lama di bawah sinar matahari yang panas. Matahari pada pukul 10.00-17.00 mengandung ultraviolet yang mampu mendegradasi kesehatan mata. Sinar terik tersebut juga menyebabkan kerja otot mata lebih keras dari biasanya. Jika tidak dalam kondisi terpaksa sebaiknya jangan berada di bawah terik sinar matahari. Penggunaan kacamata anti ultraviolet bisa membantu kerja otot mata lebih ringan.

2. Jangan berlama di depan layar gadget seperti smarphone dan layar monitor komputer. Layar monitor tersebut mengeluarkan radiasi yang bisa menyebabkan retina mata selalu bekerja konstan. Otot-otot mata juga bekerja ekstra. Berlama memandang layar monitor bisa menyebabkan mata mengalami kelelahan. Tidak jarang berpengaruh pada kerja syaraf sehingga memberi efek pusing.

3. Tidak boleh menggosok mata terlalu keras ketika gatal. Ketika mata mengalami gatal karena satu sebab, jangan menggosok-nggosok secara keras dan lama. Mata bisa mengalami iritasi. Lapisan pada mata bersifat selaput tipis. Jika terjadi iritasi atau luka, mata bisa menjadi pedih dan memerah.

4. Hindari polusi udara. Seringkali dan hampir setiap hari polusi mengancam kedua mata. Polusi udara dalam bentuk debu dan asap bisa memberikan gangguan pada selaput mata. Sebaiknya gunakan kacamata yang bisa memberi cukup perlindungan.

5. Istirahatkan mata 4-5 jam aktivitas. Mata juga membutuhkan istirahat. Tidak harus lama-lama. Mata bisa dipejamkan selama 5-10 menit dengan pikiran rileks. Cara ini akan memberi kesempatan otot mata menjadi lebih rileks dan kuat.

6. Konsumsi vitamin A. Kedua mata membutuhkan vitamin A yang cukup untuk memelihara sel-sel syaraf dan otot mata. Buahan seperti wortel, alpokat dan tomat bisa dikonsumsi setiap hari agar menjaga kesehatan dan kesegaran mata.

7. Konsumsi sayuran hijau pekat. Sayuran seperti bayam, brokoli dan sayuran hijau lain mengandung luthein dan zeaxanthin yang bisa menghambat pertumbuhan katarak pada mata. 

8. Disiplin mengomsumsi antioksidan. Buahan seperti jeruk, ceri dan berry merupakan antioksidan yang bisa melawan pengaruh buruk dari polusi dan sinar matahari. Selain itu bisa mencegah pengerasan lensa mata yang berdampak pada katarak.

9. Konsumsi asam lemak omega-3. Zat ini terkandung pada ikan salmon dan tuna (tongkol). Asam lemak omega-3 akan melindung lensa mata dan memberi semacam pelumas agar mata tidak mengalami kekeringan.

10. Membersihkan wajah dengan air bersih. Fungsi dari pembersihan wajah dengan air bersih adalah menyingkirkan berbagai polusi dan radikal bebas yang menempel di sekitar mata. 

Tips merawat mata tersebut menurut dr. Erry Dewanto, SpM. harus dilakukan secara disiplin. "Your eyes your life" kata dokter yang bisa ditemui di Kayon Health Center Jl. Kayon No. 3 Surabaya telp. 031-5344898ini. |Ucup|  

back to top