Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Menikmati awan terjatuh

Menikmati awan terjatuh

KoPi | Siapapun yang mengaku pecinta wisata alam sudah pasti tidak asing lagi jika mendengar Air Terjun Sedudo, yaitu wisata alam yang menyimpan sejuta pesona keindahan di dalamnya. Letaknya berada di ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut di sisi timur kawasan Gunung Wilis dengan ketinggian air terjun sekitar 105 meter untuk itu air terjun yang satu ini masuk ke dalam 10 air terjun tertinggi di Indonesia.

Air Terjun Sedudo terletak  di Kabupaten Nganjuk, tepatnya adalah di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan Kabupaten Nganjuk. Jarak dari pusat kota Nganjuk sekitar 30km, jika ditempuh dengan sepeda motor hanya 30 menit.

Air terjun Sedudo memiliki berjuta keindahan di antaranya adalah karena letaknya di daerah pegunungan yang sejuk dan masih asri udaranya. Dengan jalan aspal menanjak yang berbelok-belok tentunya para pengunjung akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor ataupun mobil,karena akan sulit aksesnya jika menggunakan kendaraan umum seperti bus.

Namun, pengunjung bisa pula menggunakan transportasi umum jurusan Sawahan sampai Pasar Sawahan. Setelah itu bisa menggunakan fasilitas ojek yang siap mengantar di tempat wisata nan elok tersebut.

Sepanjang perjalanan menuju ke tempat wisata ini pengunjung akan dimanjakan oleh keindahan tanaman mawar di kanan kiri jalan milik warga sekitar yang ditanam warga di pekarangan rumah mereka. Bukan itu saja, sepanjang jalan juga banyak tanaman buah-buahan seperti buah durian dan rambutan yang menghiasi keelokan jalan berliku yang sejuk, serta pohon cengkeh yang mendatangkan untung besar pada musim panennya.

Beberapa meter sebelum sampai di tempat wisatanya sudah terlihat keindahan air terjun ini. Keindahan nyata lukisan Tuhan membuat siapa saja yang melihatnya akan merasa sangat bersyukur bisa menikmati keindahan laksana surga di dongeng-dongeng. Ada tarif masuk di area wisata. Pengunjung cukup membayar Rp.5000 per orang.

Pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan air terjun yang menjulang tinggi ketika kita melihat dari bawah seperti sedang melihat gumpalan awan putih yang jatuh kebawah ke bawah, selain menikmati keindahan dari atas pengunjung juga diperbolehkan turun kebawah mandi di bawah air terjun dan menikmati kesejukan airnya.

Air yang dingin seperti langsung menusuk ketulang-tulang, akan tetapi rasa dingin airnya dijamin akan hilang ketika mandi di kolamnya sembari melihat ke atas, ribuan air dari atas yang siap jatuh ke kolam tempat pengunjung mandi dan menikmati hiasan alam alami, yaitu sekeliling air terjun yang dihiasi oleh tanaman-tanaman hijau yang sangat sedap untuk memanjakan mata dan fikiran setelah bekerja keras. 

Mitos penyembuhan

Air Terjun Sedudo juga menyimpan mitos yang sampai saat ini masih dipercayai oleh pengunjung, yaitu siapa saja yang mandi di Air Terjun Sedudo akan sehat dan awet muda bahkan di area air terjun juga ada tulisan demikian ,”MANDI DI SEDUDO MEMBUAT BADAN SEHAT & AWET MUDA”.

Konon pada zaman Kerajaan Majapahit, para punggawanya sering mencuci pusakanya di Air Terjun Sedudo dan para tokoh Islam yang menyebarkan agama Islam di Kabupaten Nganjuk sering melakukan pertapaan di tempat ini. Sehingga tak jarang banyak pengunjung yang sampai meneguk air sejuk pegunungan yang masih alami ini demi berkah.

Sementara banyak yang lain rela berendam tengah malam ditempat ini dengan tujuan masing-masing.Pada tanggal 1 Muharram di Air Terjun Sedudo juga digunakan sebagai tempat upacara suci yang dinamakan upacara yaitu Parna Prahista. Upacara memandikan arca yang di dalam upacara tersebut disuguhkan tarian 6 perawan atau gadis yang masih suci yang kemudian memandikan arca.

Selain itu, Jamasan Pusaka dan Gembyangan Waranggana merupakan rentetan acara ritual tersebut.Tidak heran jika pada malam 1 Muharam ribuan pengunjung datang memadati area wisata Air Terjun Sedudo dengan mengharapkan berkah dari upacara tersebut.

Wisata Air Terjun Sedudo adalah tempat yang pas dikunjungi pada saat akhir pekan setelah seminggu pusing dengan urusan pekerjaan dan lainnya, karena akan dijamin akan hilang semua beban yang ada difikiran. Apa yang terlintas adalah rasa kagum dengan nyaman dan indahnya suasana. Coba saja.| Khoirul Bariyyati

back to top