Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Mengenal perilaku binatang kesayangan

animalia-life.com animalia-life.com
Banyak orang menganggap binatang peliharaan adalah pelipur lara. Seperti, anjing, kucing, dan kelinci. Ketiga binatang peliharaan tersebut kebanyakan yang dipilih oleh para pecinta binatang untuk dijadikan peliharaan. Namun, apakah mereka menyadari atas perilaku-perilaku aneh yang dilakukan binatang peliharaannya?

Banyak kebiasaan aneh yang sebenarnya normal bagi binatang peliharaan seperti anjing, meskipun beberapa hal mungkin mengarah ke masalah medis yang tersembunyi. Kebiasaan yang sering dilakukan anjing adalah mengejar ekornya sendiri, kebiasaan ini hanya menjadi masalah ketika anjing menjadi kompulsif tentang hal tersebut. Lakukanlah tes apakah anda bisa mengalihkan perhatiannya atau tidak. Jika mereka lebih mengejar ekornya sendiri daripada berjalan-jalan, maka itu merupakan kelainan kompulsif. Gangguan kecemasan yang ditandai melalui perilaku fisik irasional dan ritualistik.


Kebiasaan lainnya yaitu memakan rumput, anjing adalah hewan ornivora. Artinya mereka juga bisa makan tumbuh-tumbuhan selain daging. Namun, jika anjing anda makan rumput secara berlebihan, maka hal ini bisa jadi menandakan adanya gangguan pada pencernaan anjing.

Kebanyakan orang, tidak nyaman dengan anjing karena setiap saat meneteskan air liur, hal tersebut sungguh tidak wajar. Air liur yang keluar secara berlebihan menandakan berbagai masalah kesehatan termasuk penyakit atau reaksi terhadap sesuatu yang ada di lingkungannya. Anjing yang sering meneteskan air liur sebaiknya dibawa ke dokter hewan.

Tidak hanya manusia yang takut dan kaget akan suara bising, anjing pun merasakan hal yang sama. Anjing-anjing yang meringuk ketakutan bersembunyi disudut setiap kali ada bunyi petir, namun hal tersebut terjadi jika anjing mengidap fobia suara bising/keras. Pemicu umum lainnya adalah suara sirine mobil atau suara tembakan.
   
Benarkah anjing bisa bermimpi? Pertanyaan yang jarang terpikirkan oleh sebagian orang. Ya, benar. Mimpi tidak hanya terjadi pada manusia, hewan pun demikian. Seorang profesor psikologi di University of British Columbia yang juga seorang penulis buku “The Intelligence of Dogs”, bernama Stanley Coren, mengatakan bahwa anjing memiliki tahapan tidur sama seperti manusia, hanya saja tahapan yang ada pada anjing berbeda alias lebih cepat.
   
Setelah sekitar 20 menit, seekor anjing masuk ke dalam tahap REM (Rapid Eye Movement) Sleep. REM Sleep adalah tahap dimana mimpi paling jelas terjadi layaknya manusia, selama anjing berada dalam tahap tidur REM, mereka menunjukkan bukti aktivitas mental yang tinggi.
   
Mungkin pada saat anjing tidur, mereka menggerakkan kaki seolah sedang berjalan, atau mungkin merengek atau merintih seakan bersemangat berarti bahwa ia bermimpi berkelahi atau bermain, dan mungkin napas cepat atau menahan nafas mereka sesaat. Ketika tahap tidur REM dicapai, anjing berada pada suasana paling santai dan paling sulit untuk dibangunkan.
   
Anjing kadang kala ngompol ketika tidur. Ini mungkin terjadi apabila anjing itu sedang bermimpi. Pemeriksaan gelombang otak anjing sewaktu tidur menunjukkan bahwa mereka bermimpi seperti kita. Pola gelombang otaknya hampir sama seperti sewaktu terjaga. Kendati anjing telah menyesuaikan diri dengan kebiasaan manusia dan sekarang banyak tidur pada malam hari.
   
Tujuan dari mimpi tetap menjadi misteri. Hal ini mungkin karena stimulasi sensorik membantu koneksi bentuk saraf baru. Anjing dewasa menghabiskan sekitar 10% sampai 12% dari waktu tidur mereka dalam tahap REM. Anak anjing menghabiskan proporsi yang jauh lebih besar dari waktu tidur mereka dalam tahap REM.
   
Oleh sebab itu, bagi kalian pecinta hewan terutama anjing, kucing atau sapi seharusnya lebih mengenali akan perilaku-perilaku yang dilakukan hewan tersebut. Ada baiknya, sebelum membeli hewan peliharaan yang akan dijadikan teman harus menyeleksi bahkan melakukan test terhadap hewan peliharaan yang anda miliki.

back to top