Menu
Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran Soprema 2018

Inkubasi Tahap 1 Resmi Buka Gelaran…

Jogja-KoPi| Kegiatan Inku...

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY Adakan Lomba Jemparingan

Lestarikan Budaya Tradisional, UAJY…

Jogja-KoPi| Universitas A...

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​Web-Professional Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Dorong ​…

Yogyakarta, 25 September ...

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo Ingatkan Dua Fungsi Sekda

Lantik Heru Tjahjono, Pakde Karwo I…

Surabaya-KoPi| Sesuai UU ...

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi Paham Radikal

Kepa BNPT Ajak Mahasiswa UGM Jauhi …

 JogjaKoPi| Kepala B...

Bupati dan Walikota Harus Mengacu dengan Visi Misi Presiden

Bupati dan Walikota Harus Mengacu d…

Surabaya-KoPi| Bupati dan...

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis Soprema 2018 untuk Sociopreneur Muda dari 16 Provinsi Indonesia

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis S…

Jogja-KoPi| Rangkaian gel...

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi Bisa Dilatih

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi …

Jogja-KoPi| Pakar Manajem...

Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Prev Next

Membaca peran kaum muda dalam kancah MEA 2015

Membaca peran kaum muda dalam kancah MEA 2015

Jogja –KoPi| Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dicanangkan akhir tahun ini bisa dibaca sebagai ancaman, tantangan maupun peluang bagi para pemuda Indonesia.

Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN Kementrian Luar Negeri RI, Ina H. Krisnamurthi, akan hadir dalam International Diplomacy Coloquium (IDC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Selasa, 1 Desember 2015 untuk memberi pencerahan dengan tujuan mempersiapkan kemampuan para generasi muda bangsa untuk bersaing di tengah gejolak MEA.

Dalam IDC 2015 ini, yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh FISIP UAJY, Krisnamurthi akan mengemukakan topik: It’s AEC: Young People, Are You Ready? Staf Kemenlu RI ini akan memaparkan peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan bagi kaum muda dalam menghadapi persaingan dunia, termasuk bagaimana peta kemampuan masyarakat negara-negara anggota ASEAN lain.

Selanjutnya diskusi dilanjutkan bersama dosen FISIP UAJY, R.A. Vita N.P.A., Ph.D. dengan topik Youth Participation in AEC. Vita akan menambahkan bagaimana peluang yang ada diubah menjadi sinergi kekuatan bersama dengan potensi sudah dimiliki oleh para pemuda Indonesia. Diskusi ini akan dimoderatori oleh Dosen FISIP UAJY Nobertus Ribut S., M.A. Di akhir diskusi, para narasumber akan memberikan edukasi terhadap generasi muda seputar MEA dan memberikan tips dan trik untuk berjuang di kancah global dan informasi lebih spesifik mengenai negara-negara di ASEAN.

Fact Sheet

International Diplomacy Coloquium (IDC) 2015 diselenggarakan oleh FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan tema Asean Community 2015: Challenges for The Youth. Acara ini merupakan acara yang diselenggaran setiap satu tahun sekali. Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai wadah membangun kerjasama dan ajang bertukar pengetahuan, pengalaman, serta kepakaran yang dapat bermuara pada kerjasama lebih strategis di level internasional.

IDC 2015 diselenggarakan bukan hanya untuk akademisi melainkan juga untuk organisasi swasta maupun pemerintah, komunitas – komunits di Yogyakata dan seluruh masyarakat yang memiliki ketertarikan pada isu kemiskinan, kesetaraan jender, pemberdayaan perempuan, anak, HIV/AIDS, pembangunan kemasyarakatan, dan kemitraan luar negeri.

back to top