Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Membaca peran kaum muda dalam kancah MEA 2015

Membaca peran kaum muda dalam kancah MEA 2015

Jogja –KoPi| Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang akan dicanangkan akhir tahun ini bisa dibaca sebagai ancaman, tantangan maupun peluang bagi para pemuda Indonesia.

Direktur Kerjasama Ekonomi ASEAN Kementrian Luar Negeri RI, Ina H. Krisnamurthi, akan hadir dalam International Diplomacy Coloquium (IDC) yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Selasa, 1 Desember 2015 untuk memberi pencerahan dengan tujuan mempersiapkan kemampuan para generasi muda bangsa untuk bersaing di tengah gejolak MEA.

Dalam IDC 2015 ini, yang rutin diselenggarakan setiap tahun oleh FISIP UAJY, Krisnamurthi akan mengemukakan topik: It’s AEC: Young People, Are You Ready? Staf Kemenlu RI ini akan memaparkan peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan bagi kaum muda dalam menghadapi persaingan dunia, termasuk bagaimana peta kemampuan masyarakat negara-negara anggota ASEAN lain.

Selanjutnya diskusi dilanjutkan bersama dosen FISIP UAJY, R.A. Vita N.P.A., Ph.D. dengan topik Youth Participation in AEC. Vita akan menambahkan bagaimana peluang yang ada diubah menjadi sinergi kekuatan bersama dengan potensi sudah dimiliki oleh para pemuda Indonesia. Diskusi ini akan dimoderatori oleh Dosen FISIP UAJY Nobertus Ribut S., M.A. Di akhir diskusi, para narasumber akan memberikan edukasi terhadap generasi muda seputar MEA dan memberikan tips dan trik untuk berjuang di kancah global dan informasi lebih spesifik mengenai negara-negara di ASEAN.

Fact Sheet

International Diplomacy Coloquium (IDC) 2015 diselenggarakan oleh FISIP Universitas Atma Jaya Yogyakarta dengan tema Asean Community 2015: Challenges for The Youth. Acara ini merupakan acara yang diselenggaran setiap satu tahun sekali. Maksud dari kegiatan ini adalah sebagai wadah membangun kerjasama dan ajang bertukar pengetahuan, pengalaman, serta kepakaran yang dapat bermuara pada kerjasama lebih strategis di level internasional.

IDC 2015 diselenggarakan bukan hanya untuk akademisi melainkan juga untuk organisasi swasta maupun pemerintah, komunitas – komunits di Yogyakata dan seluruh masyarakat yang memiliki ketertarikan pada isu kemiskinan, kesetaraan jender, pemberdayaan perempuan, anak, HIV/AIDS, pembangunan kemasyarakatan, dan kemitraan luar negeri.

back to top