Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Lomba Menghias Lampion 2016 UAJY

Lomba Menghias Lampion 2016 UAJY

KoPiRibuan tahun yang lalu leluhur Tionghoa-Indonesia bermigrasi ke Indonesia dalam rangka berdagang. Umumnya mereka berasal dari Tiongkok. Mereka lalu tersebar di berbagai daerah di Indonesia, bermukim dan berkeluarga. Hingga saat ini turunan Tionghoa begitu banyak di Indonesia.

Setelah Indonesia merdeka, orang Tionghoa yang berkewarganegaraan Indonesia digolongkan sebagai salah satu suku di Indonesia, yakni pada Pasal 2 UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia.

lampion1

Meski begitu pernah di Indonesia terjadi kerusuhan-kerusuhan yang menimpa etnis Tionghoa salah satunya di tahun 1946-1948 dan 1998. Selain itu juga gap generasi muda tentang kebudayaan Tionghoa terasa sejak 1967 pada masa Presiden Soeharto. Seiring berjalannya waktu, tahun 2003 Presiden Megawati menetapkan Imlek sebagai hari libur nasional. Ini berarti etnis Tionghoa di Indonesia memiliki hak yang sama sebagai warga negara Indonesia.

Unviersitas Atma Jaya Yogyakarta - UAJY mencoba untuk menjembatani gap tersebut di kalangan mahasiswanya dengan cara salah satunya Lomba Menghias Lampion pada Jumat, 19 Februari 2016 lalu yang bertemakan ‘Monkey on Fire’, berhubung tahun ini adalah tahun monyet api. Acara ini dibuat agar mahasiswa dapat menyalurkan kreatifitasnya serta mengenal kebudayaan Tionghoa dalam proses keterlibatan pembuatannya. Keahlian softskill ditunjukkan sehingga sesuai dengan slogan UAJY “Bukan Ilmu Semata”.
Hal ini terbukti dengan antusiasme hingga banyak mahasiswa yang terpaksa tidak dapat mengikuti lomba menghias lampion ini lantaran kuota peserta sebanyak 50 tim yang sudah penuh. Peserta yang mendaftar tidak hanya mahasiswa keturunan Tionghoa saja, namun mahasiswa dari berbagai daerah, suku dan agama yang menunjukkan inklusifitas UAJY.

Tidak sedikit peserta memiliki persiapan yang matang hingga segala alat dan bahan untuk menghias lampion mereka bawa demi menghasilkan lampion yang cantik dan istimewa. Hasilnya terdapat 49 lampion yang beranekaragam bentuk dan warna, sangat menarik. Terbukti juga dengan tanggapan-tanggapan postif dari peserta yang segera mengupload karya mereka di Instagram dan di-repost oleh akun @uajy.

Ozy, salah satu peserta mengatakan dalam akunnya, “Tak ada yg sia-sia, persembahan kami untuk perayaan Imlek dan capgomeh @uajy dalam rangkaian kegiatan Parade Barongsai 2016.” Kegiatan lomba ini juga menunjukkan proses kerjasama para tim, seperti yang Elisabeth dan Gyvano bilang, “Teamwork” dan “Bukan hanya menghias, namun punya arti di balik lampion Monkey on Fire”.

Lomba yang diadakan di dua tempat ini, yaitu di Lobby Kampus 2 UAJY dan Lobby Perpustakaan UAJY, juga menyediakan 10 flashdisk merchandise UAJY berkapasitas 4GB bagi akun yang memotret dan mengunggah ke Instagram dengan tanda pagar lampionuajy2016 (#lampionuajy2016) pada pukul 16.00-18.00 WIB pada hari lomba (19/02/2016). Pemenang lomba akan diumumkan pada Parade Barongsai, Sabtu 5 Maret 2016 pukul 15.00 WIB di Area Parkir Kampus 2 UAJY.

back to top