Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Ledakan gas luluhkan apartemen di New York

Ledakan gas luluhkan apartemen di New York

New York – KoPi | Ledakan besar terjadi di sebuah Apartemen di 121 Second Avenue, East Village, Manhattan, New York, kamis 26 Maret 2015. Ledakan terjadi sekitar pukul 15.17, diperkirakan, ledakan berasal dari saluran gas pada Restoran Sushi Park di lantai dasar gedung tersebut.

Petugas kepolisian di lokasi langsung melakukan evakuasi dengan alat berat untuk mengangkat dan membersihkan puing-puing bangunan dan anjing yang telah dilatih khusus untuk melacak tubuh manusia yang kemungkinan terperangkap reruntuhan bangunan.
   
Ledakan tersebut telah mengakibatkan 3 bangunan yaitu gedung apartemen dan gedung disebelahnya runtuh, serta satu gedung mengalami kerusakan akibat kebakaran yang merambat.
Dailymail melaporkan korban mencapai 22 orang terluka dengan 4 diantaranya dalam kondisi kritis dan dua lagi dinyatakan hilang. Dua korban hilang tersebut adalah Nicholas Figueroa (23) yang datang ke Restoran Sushi Park untuk kencan makan siang dan seorang asisten pelayan bernama Moises Lucon (23).
Keluarga Nicholas Figueroa tetap optimis bahwa Nicholas dapat bertahan dan akan ditemukan dalam keadaan hidup. Adik Nicholas, Neal Figueroa mengatakan kakaknya adalah pria yang kuat, dan jika ada seseorang yang mampu selamat dari ledakan dasyat dan gedung runtuh, dia adalah kakanya.
   
Mobil-mobil yang terparkir di sekitar Second Avenue mengalami kerusakan karena tertimpa puing-puing bangunan yang berhamburan akibat ledakan yang terjadi pada kamis sore tersebut.
   
Pada Hari Jumat, dikabarkan bahwa adanya pemasangan saluran gas baru tanpa ijin di restoran Sushi Park tersebut dan memasok gas ke Apartemen 121 Second Avenue. Pemasangan tersebut tidak mendapat persetujuan dari Presiden Craig Ivey, Con Edison karena tidak memenuhi persyaratan fisik.
   
Sekitar satu jam sebelum terjadinya ledakan kontraktor bangunan dan Con Edison bertemu untuk memeriksa pengerjaan pembaruan layanan gas di gedung tersebut. Menurut penyedia layanan, pekerjaan tersebut tidak lolos inspeksi, sehingga gas tidak disalurkan ke saluran gas dan kemudian mereka meninggalkan lokasi pada 14.45 waktu setempat.
   
Lima belas menit kemudian, sekitar pukul tiga, pemilik restoran mencium adanya bau gas. Namun, pemilik restoran bukannya segera menghubungi 911 atau Con Edison, justru ia menghubungi kontraktor dan pemilik bangunan. Lima belas menit setelah laporannya tersebut, kontraktor Dilber Kukic (39) bersama putra pemilik bangunan bermaksud melihat apa yang terjadi sehingga menyebabkan adanya bau gas. Mereka menuju basement dan ketika membuka pintu basement, terjadi sebuah ledakan besar dan puing-puing bangunan runtuh menimpa mereka.
   
“Segera setelah kami membuka pintu basement, terjadi sebuah ledakan, dan kebakaran,” jelas Kukic ketika sedang menjalani perawatan di New York Presbyterian-Weill Cornell Medical Center untuk perawatan luka bakar dan asap. “Di sana benar-benar penuh asap, dan puing-puing berjatuhan di atasku,” tambahnya. Kukic berupaya untuk menyelamatkan diri dan membawa anak pemilik gedung bersamanya, namun keduanya mengalami luka dan terbakar pada wajahnya.
   
Petugas pemadam kebakaran menolak berspekulasi atas penyebab ledakan pada konferensi pers hari jumat, namun Mayor Bill de Blasio berargumen bahwa sebuah saluran gas kemungkinan yang bersifat ilegal telah diakses oleh orang-orang di dalam gedung. Namun ia menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk menentukan penyebab pastinya. | Dailymail | Diaz Septriana

back to top