Menu
Merapi Naik ke Status Waspada, Gempa Tremor dan Vulkanik Sempat Muncul Saat Letusan Freaktif.

Merapi Naik ke Status Waspada, Gemp…

Jogja-KoPi|Setelah Gunung...

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Prev Next

Kota Yogyakarta mulai mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai

Kota Yogyakarta mulai mendapatkan Bantuan Pangan Non Tunai

Jogja-KoPi|Pjs Walikota Sulistyo bersama Perum Bulog, Bank BNI dan BRI ,serta Dinas Sosial meluncurkan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) perdana untuk wilayah Kota Yogyakarta.

BPNT ini akan disalurkan lewat Rumah Pangan Kita (RPK) dan Agen 46 yang tersebar di wilayah Kota Yogyakarta. Mulyanto Kabid Komersial dan pengembangan Bisnis dari Bulog, menargetkan 17.572 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima BPNT.

"Hari ini tanggal 23 Februari 2017, akan ada 3 kecamatan yang disalurkan BPNT, yaitu Tegalrejo, Ngampilan dan Pakualaman. Ada 3.194 KPM yang akan menerima," jelasnya saat peluncuran perdana BPNT di RPK Cahaya Abadi, Tegalrejo, Kamis (23/2).

Mulyanto mengatakan penyaluran BNPT ke RPK dan Agen 46  akan selesai di bulan Maret. Nantinya masyarakat yang terjaring dengan KPM dapat menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang sudah dibagikan oleh Bank BNI. Kartu tersebut bisa digunakan untuk mengambil BPNT.
 
BANK BNI menjelaskan KPM akan menerima kartu yang sudah diisi senilai Rp 110.000,- setiap bulan. Nantinya uang ini dapat dibelanjakan berupa pangan pokok seperti beras berjumlah 10 Kilogram dan gula 2 kilogram. Bantuan dapat diambil di RPK dan Agen 46 dengan menggesek kartu tersebut.

Program pemerintah BPNT ini disambut baik oleh PJ Walikota Sulistyo. dan ia mengaku banyak menemukan bantuan pemerintah yang tidak tepat sasaran. Dengan BPNT, Sulistyo berharapi bantuan pemerintah akan tepat sasaran. Selain itu ,Dia juga menjelaskan BPNT dapat menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk terbiasa menabung.

"KPM sendiri juga bisa menggunakan kartu untuk menabung, harapannya Ke depan program ini lebih maju dan mengatasi persoalan,"

Sementara itu, Pimpinan Bidang Pemasaran BNI, Daes Luriatmoko, menjelaskan bahwa pemerintah bertujuan meningkatkan minat masyarakat agar pergi ke Bank. Pasalnya pemerintah ingin bercermin dengan pemerintahan Malaysia dan Singapura yang warganya hampir 80-90% sudah 'melek' bank.

"Indonesia sendiri baru 30% melek bank, target untuk tahun 2017, 75% masyarakat Indonesia sudah melek bank, tujuannya agar semua permasalahan seperti penyaluran bantuan bisa cepat,akurat,serta saat verifikasi bisa clear," jelas Daes.| Syidiq Syaiful Ardli

back to top