Menu
Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Prev Next

Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik

Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik

Rabu 1 Maret 2017 Pk. 19.00 – selesai di Foodcourt Cafe Kampayo XT Square  

Dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Kesejarahan pada Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta akan digelar acara “Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik” pada hari Rabu 1 Maret 2017 pukul 19.00 – selesai di Foodcourt Cafe Kampayo XT Square Jl. Veteran 150-151 Umbulharjo Yogyakarta.

Konser Kebangsaan Jogja Kota Republik akan menampilkan konsep “four in one” yang artinya memadukan empat kegiatan dalam satu waktu bersamaan. Bagaimana rundownnya?

Pada pukul 19.00 – 19.30 WIB akan diawali penampilan group karawitan anak “Icipili Mitirimin” dari Omah Cangkem pimpinan Pardiman Joyonegoro yang dimainkan 30 orang anak-anak usia Sekolah Dasar. Mereka akan membawakan sejumlah nomor lagu antara lain berjudul Indonesia Sakti, Gemilang Kejayaanku, Banyu Bening, Aku Anak Jogja, Bermain dan Bung Karno.

Selanjutnya pukul 19.30 – 20.00 WIB dilanjutkan dengan pemutaran film dokumenter “Yogya Kembali” karya sejarahwan muda Aan Ratmanto.

Berikutnya pukul 20.00 – 21.00 WIB diteruskan talk show kebangsaan menampilan sejarahwan Universitas Sanata Dharma DR. H. Purwanta, M.A dan tokoh masyarakat Kyai H.M. Jazir ASP dari Masjid Jogokaryan serta Drs. Umar Priyono, M. Pd Kepala Dinas Kebudayaan DIY.

Puncak acara pukul 21.00 – selesai akan dimeriahkan pertama oleh penampilan group musik Tratag Budaya pimpinan Ambar “Polah” Cahyono yang bakal menampilkan sejumlah lagu seperti Satu Bendera, Perubahan dan Kongkalikong.

Penampilan kedua adalah Bintang Swara Hati. Group yang berisikan sejumlah mahasiswa perrantuan yang studi di Yogyakarta ini akan membawakan salah satu lagunya yang didedikasikan untuk Pahlawan Nasional Sri Sultan Hamengku Buwono IX.

Terakhir adalah penampilan Sri Krishna yang dikenal di Yogyakarta sebagai pelantun lagu-lagu balada. Sri Krishna akan menyanyikan lagu-lagu bertema kebangsaan dan refleksi atas kehidupan.

Urgensi dari pelaksanaan kegiatan ini sedikitnya ada tiga. Pertama sebagai upaya untuk merawat ingatan kepada generasi masa kini bahwa betapa besar sumbangsih Yogyakarta khususnya dibawah kepemimpinan dwi tunggal Sri Sultan Hamengku Buwono IX dan Sri Paduka Paku Alam VII dalam menyelamatkan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kedua dalam rangka penanaman nilai-nilai kebangsaan, patriotisme dan nasionalisme kepada generasi muda. Nilai ini menjadi penting di tengah perkembangan dan konstelasi negara bangsa kita hari ini dimana nilai-nilai persatuan dan kesatuan mengalami distorsi karena banyaknya konflik kepentingan yang mengedepankan ego kelompok dan golongan.

Nilai ketiga adalah memberi ruang/kesempatan kepada musisi/seniman lokal untuk merespon tema Jogja Kota Republik dalam ekspresi keseniannya.

Yogyakarta 23 Februari 2017
Koordinator Acara
Widihasto Wasana Putra / 08122743726

back to top