Menu
Merapi Naik ke Status Waspada, Gempa Tremor dan Vulkanik Sempat Muncul Saat Letusan Freaktif.

Merapi Naik ke Status Waspada, Gemp…

Jogja-KoPi|Setelah Gunung...

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Prev Next

Kebiasaan ini ternyata sangat berbahaya untuk mata

Kebiasaan  ini ternyata sangat berbahaya untuk mata
Surabaya-KoPi| Banyak kebiasaan manusia yang tanpa disadari telah merusak tubuhnya sendiri. Kebiasaan-kebiasaan kecil tersebut secara perlahan mampu membuat kerusakan pada beberapa organ bagian tubuh. Salah satunya adalah mata. Berikut ini hal-hal kecil yang ternyata membahayakan mata menurut dr. Erry Dewanto, SpM.
 

1.    Tidak menggunakan kacamata hitam pada siang hari.
Paparan sinar matahari yang terkena mata secara langsung secara terus menerus ternyata dapat menyebabkan kerusakan pada mata. Sinar ultraviolet yang terpapar secara langsung ke mata dapat memicu katarak dan kerusakan retina. Sinar matahari juga dapat memicu degenarasi makula yang merupakan kebutaan pada daerah makula dan retina, bahkan menimbulkan kebutaan.

2.     Merokok.
Aktifitas merokok merupakan hal yang tidak bisa ditinggalkan bagi para pecandunya. selain berbahaya bagi organ tubuh lainnya, asap rokok ternyata sangat berbahaya bagi mata.
Paparan asap rokok yang masuk ke dalam mata ternyata dapat memicu penyakit katarak. Bahkan, studi menyebutkan Bahaya katarak bagi perokok adalah 2 kali lipat.  Berikutnya, mata yang terpapar asap rokok 3 kali lipat lebih mudah terkena penyakit degenarasi makula.
Asap rokok juga mampu memicu peradangan lapisan tengah mata dan mata kering. Yang terakhir, bahaya dari merokok ternyata dapat menimbulkan kerusakan pada bayi yang masih dalam kandungan. Wanita yang merokok pada saat hamil ternyata dapat menimbulkan gejala mata juling dan keterbelakangan saraf optik pada bayi yang dikandungnya. Selain itu, ibu hamil yang merokok berpotensi untuk melahirkan secara prematur.

3.    Berenang tanpa menggunakan kacamata. Ternyata, kaporit dan air kolam yang kotor masuk ke dalam mata dapat menimbulkan iritasi pada lapisan kornea. Selalu gunakan kacamata renang dan hindari menggunakan lensa kontak saat berenang.

4.    Tidur dengan menggunakan make up.
Make up yang kita gunakan saat tidur bisa dengan mudah masuk ke dalam mata. Pada saat bangun, zat kimia yang terdapat di dalam make up membuat mata menjadi perih. Sehingga bakteri yang terdapat di dalamnya juga mampu menyebabkan iritasi.

5.    Menggunakan eyeliner di bagian bawah mata.
Kandungan zat kimia yang terdapat di dalam eyeliner dengan mudah akan masuk ke dalam mata. Apalagi jika diletakkan dengan jarak sangat dekat. Sehingga alat mempercantik diri ini bisa menyebabkan iritasi pada mata.

6.    Tidur dengan lensa kontak
Lensa kontak yang digunakan secara terus menerus ternyata sangat berbahaya.
Lensa kontak menyerap oksigen pada kornea mata kita. Semakin lama kita memakai lensa kontak, semakin besar pula risiko luka terbuka pada kornea mata. Sehingga jangan lupa untuk membuka lensa kontak sebelum tidur, agar ketika bangun mata menjadi lebih segar.

Hindari kebiasaan buruk yang akan menimbulkan kerusakan pada matamu. “Your eyes your life” ujar dokter yang bisa ditemui di Kayon Health Center Jl. Kayon No. 3 Surabaya telp. 031-5344898.

back to top