Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Jaziratul Muluk 2016: Kreasi terbaru Sogan Batik

Jaziratul Muluk 2016: Kreasi terbaru Sogan Batik

Jogja-KoPi| Salah satu kelebihan dari Sogan Batik adalah kreasi batik yang mempunyai tema pada setiap periode ide kreatifnya. Alhasil kreasi batik yang dihasilkannya menyuguhkan sebuah cerita di dalamnya.

Batik Sogan menarasikan pesan sejarah nusantara dan dunia Islam pada setiap koleksi di balik setiap motif batik. Hal ini menjadikan trade mark dan nilai ekslusif batik Sogan di mata pemakai busana muslim.

Pada edisi terdahulu Sogan Batik telah menampilkan tema seperti Mataram Regency, menceritakan kearifan lokal di Mataram kuno, Mulangi, yang bercerita tentang dusun santri yang didirikan oleh kakak Sultan Hamengkubuwono I. Musyaibah, dimana menceritakan tentang perempuan muslim sahabat nabi Muhammad yang ikut berperang sehingga menderita beberapa tusukan senjata tajam di tubuhnya.

Pada ajang fashionweek 2016 ini Sogan batik akan menampilkan karya unik yang memadukan unsur tenun motif Maluku, batik tulis warna coklat shogan dengan motif Maluku dan lurik khas Jawa. Koleksi koleksi itu bertemakan dalam satu kemasan bertajuk JAZIROTUL MULUK.

Bercerita tentang Ibnu Batita , seorang pengelana muslim dari Maroko. Ia tiba di suatu pulau yang kaya akan rempah rempah. Begitu terpesonanya hingga ia menyebut pulau itu sebagai Jaziratul muluk (jazirah para Malik/Raja).

Creative Director Sogan Batik, Iffah M. Dewi mengatakan ingin menggambarkan lewat kreasi batik terbaru. Betapa Indonesia mempunyai kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Namun sejarah selalu terisi oleh adanya adu domba dengan sesama anak bangsa sehingga berakhir dengan kemunduran.

“Harapan saya agar kita belajar dari masa lalu agar menjadi bangsa yang maju dan kuat. Sogan batik akan menampilkan pesona jaziratul Muluk dalam 10 desain. Setiap desain secara berurutan mempunyai kisahnya sendiri, layaknya paragraf demi paragraf dalam sejarah,” jelasnya.

Taufik Abdurrahman SE, selaku pemilik dari Sogan Batik mengatakan sebuah kehormatan dan sekaligus tantangan bagi insan pecinta batik untuk berusaha memberi manfaat kepada sekitar melalui batik.

“Kami ingin agar melalui baju muslim hasil karya kami dapat menjadikan batik mendunia dan barometer dunia,” demikian Taufik jelaskan.

back to top