Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Java Promo kembangkan pariwisata di 16 kabupaten Jateng-DIY

Java Promo kembangkan pariwisata di 16 kabupaten Jateng-DIY

Klaten – KoPi, Java Promo yang merupakan wadah kerja sama pengembangan pariwisata 16 kabupaten di kawasan Jateng-DIY, dinilai mendatangkan manfaat yang besar bagi para anggotanya, di antaranya untuk mempromosikan secara luas potensi wisata di masing-masing kabupaten/ kota anggota Java Promo.

“Diharapkan para anggota yang selama ini telah bergabung tetap mendukung keberlangsungan wadah kerja sama itu,” kata Wakil Bupati Klaten H Hartini, SE, MM, yang didampingi Sekda Sleman dr Sunartono, M.Kes selaku Ketua Java Promo, hari ini di Balai Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jateng.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM selaku sekretaris Java Promo mengatakan, Java Promo merupakan wadah yang tepat dan efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata secara luas. “Melalui kerja sama antardaerah, maka upaya pengembangan dan pemasaran pariwisata akan dapat dilakukan secara terpadu,” kata Ayu Laksmidewi.

Menurut Ayu Laksmidewi, masing-masing anggota Java Promo memiliki karakter dan keunggulan tersendiri, di antaranya adalah potensi daerah yang mampu mendukung sektor pariwisata. Dengan perbedaan karakter potensi wisata di masing-masing anggota Java Promo inilah yang justru akan lebih memperkuat wadah kerja sama tersebut.

Ketua Java Promo dr. Sunartono, M.Kes mengatakan, wadah kerja sama pengembangan pariwisata Java Promo dinilai efektif untuk mengoptimalkan pariwisata daerah. Wadah Java Promo merupakan wadah untuk saling berkompetisi positif dan bekerjasama, saling belajar satu sama lain dalam meningkatkan kualitas destinasi di masing-masing anggota.

“Java Promo juga terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan berbagai stakeholder pariwisata,” kata Sunartono.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara Azis Achmad, S.Sos mengungkapkan, sebagai anggota termuda di Java Promo, Banjarnegara sudah merasa memperoleh manfaat dalam pengembangan sektor pariwisata. Di antaranya Java Promo dapat menghadirkan komunitas travel agent dari Thailand pada tahun 2012 dan travel agent dari Malaysia pada tahun 2013 silam ke destinasi wisata anggota Java Promo.

Harapannya, ke depan mereka akan dapat menjual destinasi dan paket wisata yang ditawarkan masing-masing anggota sehingga akan semakin banyak wisatawan yang datang di masa mendatang.

Reporter: Affan Safani Adham

back to top