Menu
Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen Air Hujan

Pakar UGM Ajak Masyarakat Memanen A…

Jogja-KoPi| Pakar Hidrolo...

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkatan Kompetitifitas Produk Agrikultur

BKP: Indonesia Fokus Pada Peningkat…

Bantul-KoPI|Pada tahun 20...

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

UNIVERSITAS MENYAMBUT R.I KEEMPAT

Oleh Moh. Mudzakkir(Dosen...

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi Swasta Sumbangkan Kaum Intelektual di Jatim

Pakde Karwo : 2/3 Perguruan Tinggi …

Surabaya-KoPi| Sebanyak 2...

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar Banyak Terserang Ispa

Pengungsi Korban Gempa di Gumantar …

Lombok-KoPi| Sebanyak 30 ...

Prev Next

Java Promo kembangkan pariwisata di 16 kabupaten Jateng-DIY

Java Promo kembangkan pariwisata di 16 kabupaten Jateng-DIY

Klaten – KoPi, Java Promo yang merupakan wadah kerja sama pengembangan pariwisata 16 kabupaten di kawasan Jateng-DIY, dinilai mendatangkan manfaat yang besar bagi para anggotanya, di antaranya untuk mempromosikan secara luas potensi wisata di masing-masing kabupaten/ kota anggota Java Promo.

“Diharapkan para anggota yang selama ini telah bergabung tetap mendukung keberlangsungan wadah kerja sama itu,” kata Wakil Bupati Klaten H Hartini, SE, MM, yang didampingi Sekda Sleman dr Sunartono, M.Kes selaku Ketua Java Promo, hari ini di Balai Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jateng.

Di sisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM selaku sekretaris Java Promo mengatakan, Java Promo merupakan wadah yang tepat dan efektif untuk mempromosikan potensi pariwisata secara luas. “Melalui kerja sama antardaerah, maka upaya pengembangan dan pemasaran pariwisata akan dapat dilakukan secara terpadu,” kata Ayu Laksmidewi.

Menurut Ayu Laksmidewi, masing-masing anggota Java Promo memiliki karakter dan keunggulan tersendiri, di antaranya adalah potensi daerah yang mampu mendukung sektor pariwisata. Dengan perbedaan karakter potensi wisata di masing-masing anggota Java Promo inilah yang justru akan lebih memperkuat wadah kerja sama tersebut.

Ketua Java Promo dr. Sunartono, M.Kes mengatakan, wadah kerja sama pengembangan pariwisata Java Promo dinilai efektif untuk mengoptimalkan pariwisata daerah. Wadah Java Promo merupakan wadah untuk saling berkompetisi positif dan bekerjasama, saling belajar satu sama lain dalam meningkatkan kualitas destinasi di masing-masing anggota.

“Java Promo juga terbuka untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak dan berbagai stakeholder pariwisata,” kata Sunartono.

Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara Azis Achmad, S.Sos mengungkapkan, sebagai anggota termuda di Java Promo, Banjarnegara sudah merasa memperoleh manfaat dalam pengembangan sektor pariwisata. Di antaranya Java Promo dapat menghadirkan komunitas travel agent dari Thailand pada tahun 2012 dan travel agent dari Malaysia pada tahun 2013 silam ke destinasi wisata anggota Java Promo.

Harapannya, ke depan mereka akan dapat menjual destinasi dan paket wisata yang ditawarkan masing-masing anggota sehingga akan semakin banyak wisatawan yang datang di masa mendatang.

Reporter: Affan Safani Adham

back to top