Menu
Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Prev Next

Jaringan internet untuk Smart City Magelang

Jaringan internet untuk Smart City Magelang

Kota Mungkid-KoPi| Pemerintah Kabupaten Magelang mencanangkan progam membangun jaringan internet melalui Dinas Komunikasi dan Informasi di seluruh,SKPD dibawahnya, Kecamatan , Kelurahan dan Desa sekabupaten Magelang. Salah satu progam unggulan Pemkab Magelang itu dimulai pada tahun anggaran 2007, sudah berhasil membangun jaringan internet sejumlah 43 titik.

Menurut Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Magelang, Drs. DJanu Trepsilo, MM, pembangunan jaringan dilakukan secara bertahap. Diharapkan dengan terpasangnya jaringan internet di SKPD di bawahnya, kecamatan dan desa-desa di wilayah Kabupaten Magelang, dapat memfasilitasi dan mempermudah pelaporan ke Pemkab Magelang dan sebagai media untuk menggali potensi daerah masing-masing.

Menurutnya, progam secara umum berjalan baik , efektif, efisien , dan signifikan. Hanya kendala di lapangan terbentur masalah cuaca dan letak geografis. Jaringan internet hampir sama dengan sinyal televisi, di mana ada daerah daerah yang mempunyai blindspot, sehingga sinyal internet menjadi kurang bagus. Kadang kala gangguan sinyal juga datang dari tumbuhan.

“Pertama kali jaringan internet terpasang baik, tapi ketika rumpun bambu tumbuh semakin tinggi, bisa menyebabkan gangguan sinyal, “ katanya.

Hal ini terjadi di Desa Kalinegoro, misalnya. Jaringan internetnya sudah mengalami gangguan hampir 2 bulan ini. Menurut Kaur desa Ari Yoga, pihaknya sudah menghubungi Diskominfo agar dilakukan pengecekan dan perbaikan.

Sementara itu Kepala Desa Pasuruhan Atik Hartingsih mengatakan, jaringan internetnya berjalan baik. Hanya pengamatan yang dilakukan di lapangan petugas desa masih agak gagap dalam pengoperasian dan memaksimalkan jaringan internetnya. Mungkin perlu ada sosialisasi yang lebih dalam oleh pihak terkait agar bisa tercapai tujuan progam ini secara efektif, katanya lebih lanjut.

Kepala Dinas Kominfo Drs.Djanu Trepsilo, MM juga mengatakan progam ini diharapkan sebagai progam Pemkab Magelang yang dilakukan secara multiyears. Sebagian SKPD dan seluruh Kecamatan sudah terpasang. Hanya keterbatasan anggaran saja yang menyebabkan belum seluruh desa tercover pengadaan jaringan internet ini. Kabupaten Magelang mempunyai 5 Kelurahan dan 367 desa.

Sementara ini baru 5 Desa yang terpasang jarimgan internet. Desa itu Ringin, Desa Kalijoso,Desa Kalinegoro, Desa Pasuruhan dan Desa Srumbung yang sudah terpasang jaringan internet. Untuk tahun anggaran tahun 2015 tidak ada progam pengadaan jaringan internet baru.

Kegiatan tahun ini dikonsentrasikan untuk pemeliharaan dan perbaikan baik insfrakstruktur maupun jaringannya. Pada musim hujan yang lalu, banyak tower tower yang rusak terkena sambaran petir. Djanu mengatakan Diskominfo mentargetkan Magelang sebagai Smart City dimana seluruh SKPD, Kecamatan, dan masyarakat akan tercover oleh internet. Harapannya untuk tahun 2016 akan ada anggaran untuk pengadaan infrakstruktur jaringan internet lagi,

back to top