Menu
Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dalam Sehari, BPPTKG: Ini Memang Karakter Merapi.

Merapi Kembali Meletus Dua Kali Dal…

Jogja-KoPi| Gunung Merapi...

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran Persediaan Beras, Gula, dan Minyak Goreng di Yogyakarta Aman.

Bulog DIY: Bulan Puasa dan Lebaran …

Jogja-KoPi| Perum Bulog d...

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi Pengungsi Korban Bencana

UGM Kembangkan Aplikasi Informasi P…

Sleman-KoPi | Pusat Studi...

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pendeteksi dini bencana longsor bernama SIPENDIL.

Tim Peneliti UGM ciptakan alat pend…

Sleman-KoPi | Tim penelit...

Bagaimana menjaga pola makan yang baik dan benar selama bulan Puasa.

Bagaimana menjaga pola makan yang b…

Inggris-KoPi| Inilah saat...

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap gunakan Narkoba.

8 Mahasiswa di Yogyakarta ditangkap…

Sleman-KoPi| Direktorat R...

Korut tunda pertemuan KTT bersama Korea Selatan.

Korut tunda pertemuan KTT bersama K…

Pyongyang-KoPi | Korea ut...

Protes Keras Tanoni :Australia Bebaskan Nelayan Yang Ditangkap.

Protes Keras Tanoni :Australia Beba…

Kupang-KoPi | Pemerintah ...

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan Pokok di Jatim Dipastikan Aman

Jelang Puasa, Stok Barang Kebutuhan…

Surabaya-KoPi|Menjelang b...

Prev Next

Jangan salah, Es batu mengandung kuman kotor!!

sumber: news.com.au sumber: news.com.au

Pennsylvania-KoPi-Es batu merupakan penyelamat ketika dehidrasi dan kepanasan. Namun bagaimana jika di dalam es batu terdapat bakteri, jamur, bahkan kotoran?

 

Dr. Pritish Tosh seorang dokter penyakit menular dan peneliti di Mayo Clinic dan Martin Bucknavage seorang senior di Departemen Ilmu Pangan Universitas Negeri Pennsylvania berbicara tentang hasil penelitiannya kepada Huffington Post mengenai beberapa klarifikasi kuman kotor yang mungkin terdapat pada es batu:

 

1.Jamur

Bucknavage memaparkan bahwa jamur merupakan penyebab terbesar dari kontaminasi es batu. Jamur sering ditemukan pada mesin es dan freezer pada kulkas. Suhu dingin pada freezer membuat jamur sulit untuk tumbuh, namun masalah muncul ketika freezer dimatikan secara teratur atau untuk waktu yang lama. 

 

Bucknavage menyarankan pemilik kulkas untuk rutin membersihkan mesin es dan freezer secara teratur.

 

2.Apapun yang ada di tangan

Orang-orang biasa mengambil es batu langsung dari cetakannya dengan menggunakan tangan. Kebiasaan buruk yang sering terjadi adalah kita sering lupa untuk mencuci tangan sebelum mengambil es batu dari cetakannya. 

 

Debra Huffman, seorang ahli mikrobiologi dari Universitas Florida Selatan, berbicara dengan NBC News setelah seorang anak laki-laki berusia 15 tahun meninggal karena mengkonsumsi es batu yang sudah terkontaminasi kuman. Hal itu sebenarnya tidak akan terjadi jika si anak sadar untuk mencuci tangan terlebih dahulu. 

 

“Kebanyakan orang pasti tidak menyangka, lupa mencuci tangan dapat menyebabkan kematian. Karena mereka tidak tahu resiko bahaya lupa mencuci tangan, jadi mereka mengindahkannya. Memang es batu tidak akan berbau dan terlihat aneh, namun siapa sangka di dalamnya terdapat mikroskopis yang membahayakan kesehatan kita.”

 

3.Bakteri

Sebuah restoran yang menyajikan es batu yang mengandung bakteri dapat menyebabkan masalah. Dr. Tosh mengatakan, “Masalah utama adalah es batu akan terkontaminasi bakteri ketika es batu bersentuhan dengan makanan yang akan disajikan, seperti daging. Jika restoran mengolah makanan dengan tidak baik, hal itu dapat menyebabkan masalah besar karena es merupakan makanan siap saji. Seperti alat dapur yang bersentuhan dengan makanan siap saji, mesin pembuat es batu juga harus diperlakukan seperti alat-alat dapur yang lain.” Kata Bucknavage. 

 

Kadang-kadang virus mematikan dapat ditularkan melalui es, meskipun hal ini jarang terjadi. Hal itu dapat dicegah dengan cara membersihkan freezer atau mesin pembuat es batu secara teratur. Ketika ingin makan di restoran, hindari restoran yang memiliki cara penanganan pengolahan makanan yang buruk. 

 

Deby Rahmayanti

(Editor: Irfan Ridlowi)

 

Sumber: news.com.au

back to top