Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

Jangan makan makanan ini waktu lapar

Jangan makan makanan ini waktu lapar
KoPi| Saat perut Anda terasa lapar berat, rasanya Anda bisa melahap dan menghabiskan apa saja. Namun, baikkah makan sembarangan ketika perut sedang keroncongan?
 

Ternyata saat kita sedang lapar, tidak sebaiknya kita makan apapun yang ada di meja makan. Ada beberapa makanan yang lebih baik dihindari, karena justru dapat mengganggu kesehatan jika dimakan saat perut sedang kosong. Apa saja makanan itu?

Makanan pedas

Makan makanan pedas saat perut kosong dapat memicu terjadinya iritasi dalam perut, misalnya maag, ungkap Lisa Ganjhu, gastroenterologis dari NYU Langone Medical Center. Jika yang tersedia di meja makan Anda hanya nasi sambal, Ganjhu menyarankan untuk minum susu atau makan yoghurt terlebih dahulu. Produk susu dapat melindungi lambung dan mencegah rasa panas dari cabai. Resep tersebut telah dipraktekkan lama oleh masyarakat India.

Buah

Jika Anda makan buah dalam keadaan perut kosong, Anda akan merasa cepat lapar kembali. Meskipun gula dalam buah dicerna lebih lambat daripada gula dalam permen, serat dalam buah tidak dapat mengisi perut dalam waktu lama. Lebih baik campurkan makanan yang mengandung protein untuk menekan hormon ghrelin, yaitu hormon yang mengatur rasa lapar. Campurkan buah dengan kacang-kacangan atau yoghurt agar Anda tak cepat lapar.

Cemilan kecil

Cemilan kecil seperti biskuit atau keripik bukan makanan yang tepat untuk mengganjal perut. Makanan tersebut hanya mengandung karbohidrat sederhana, sehingga membuat perut mudah lapar. Lebih baik ganti cemilan kecil dengan kudapan yang lebih "berisi', seperti roti sandwich.

Jeruk, mint, saus pasta, kafein

Jeruk, mint, kafein, dan saus pasta merupakan makanan yang bisa memicu timbulnya asam pada lambung. Jika dimakan saat perut kosong, perut akan mudah iritasi dan memicu terjadinya maag. Lebih baik isi perut dengan sayur-sayuran, seperti salad atau gado-gado, karena tidak memicu asam dalam lambung.

Sushi

Sushi biasanya disajikan dengan kecap asin, menjadikannya makanan yang buruk saat perut kosong. Nasi dalam sushi tidak memiliki banyak serat, sehingga Anda akan lebih mudah lapar setelahnya. Kecap asin mengandung sodium yang tinggi, sehingga membuat Anda lebih mudah haus. Otak seringkali salah mengartikan haus dengan lapar, sehingga membuat Anda ingin makan lebih banyak. Jika Anda mampir ke restoran sushi saat perut kosong, pilih menu pembuka seperti naruto roll, yang terdiri dari mentimun, atau edamame, yang memilik banyak serat dan protein. |Oprah WInfrey Network, Huffington Post|

back to top