Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Investigasi Panama Pappers memenangkan penghargaan Pulitzer

Investigasi Panama Pappers memenangkan penghargaan Pulitzer

KoPi| Universitas Columbia 10 April 2017 mengumumkan investigasi yang dilakukan Panama Pappers mendapatkan penghargaan Pulitzer Prize atas laporan eksplanatori (Explanatory Reporting).

Dewan penghargaan Pulitzer, memuji investigasi yang dilakukan Panama Pappers selama setahun bersama lebih dari 300 wartawan di enam benua untuk mengungkap infrastruktur tersembunyi dan skala global tax heavens (perlindungan dari pengenaan pajak).

Penghargaan ini adalah yang terbaru dalam serangkaian penghargaan dunia, mencakup upaya pelaporan oleh Consortium of Investigative Journalists, McClatchy, the Miami Herald, Süddeutsche Zeitung dan media partner lainnya.

“Kehormatan ini merupakan bukti perusahaan dan kerja sama tim dari staf kami dan mitra kami di sini, di Amerika Serikat dan di seluruh dunia,” kata Gerard Ryle, direktur ICIJ.

“Kami merasa terhormat Dewan Pulitzer mengakui terobosan inisiatif kolaborasi Panama Pappers yang dampaknya di seluruh dunia", tambahnya.

Penyelidikan Panama Pappers mengungkap Perusahaan offshore yang terkait dengan lebih dari 150 politisi di lebih dari 50 negara, termasuk di dalamnya 14 mantan pemimpin di dunia.

Panama juga menemukan offshore yang berjalinan dengan bank Besar, skandal penyuapan Perusahaan, gembong narkoba, perang udara Suriah dengan warganya sendiri dan jaringan orang dekat Presiden Rusia Vladimir Putin yang melibatkan uang sekitar $ 2 miliar di seluruh dunia.

Semangat Kolaborasi

Ryle mencatat bahwa penyelidikan tidak akan mungkin terjadi tanpa semangat kolaboratif Bastian Obermayer dan Frederik Obermaier, dua wartawan Jerman yang menerima bocoran asli dari sumber rahasia.

Alih-alih untuk mendapatkan dana 11,5 juta dari dokumen rahasia bagi diri mereka sendiri dan koran mereka, Süddeutsche Zeitung, mereka justru berbagi dengan ICIJ.

Hal ini memungkinkan ICIJ untuk melakukan kerja sama dengan media lain dari luar dan bergabung dengan SZ, McClatchy, Miami Herald, Fusion dan lebih dari 100 organisasi berita lainnya untuk menyelidiki dokumen tersebut.

Obermayer dan Obermaier didukung oleh Pemimpin Redaksi Wolfgang Krach, bekerja dengan ICIJ untuk membantu mengatur kerjasama internasional dan tetap dalam aturan ICIJ, kata Dewan Pulitzer.

Selain memenangkan penghargaan Pulitzer atas laporan eksplanatori, investigasi Panama Papers juga terpilih sebagai finalis dalam kategori Intenational Reporting.

Hadiah Pulitzer dianggap sebagai sebuah pengharagan tertinggi dan paling bergengsi dalam jurnalisme. Ini adalah tahun ke-101 dimana Columbia School of Journalism telah menganugrahi penghargaan Pulitzer. Kantor berita lainnya yang mendapatkan penghargaan Pulitzer termasuk The New York Times, The Washington Post dan Charleston (West Virginia) Gazette-Mail.

Investigasi Panama Papers didukung oleh ICIJ, SZ, dan media lainnya yang menggali sudut-sudut kerahasiaan keuangan tax havens, termasuk di kepulauan Inggris, Luksemburg dan Swiss, lima tahun lalu.|ICIJ

back to top