Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Inklusi Dari Desa: Galang Apresiasi, Gagas Inovasi dan Bangun Misi

HuffingtonPost HuffingtonPost

Yogyakarta-KoPi| Difabel People’s Organization dan organisasi masyarakat sipil yang tergabung dalam Konsorsium Jogja Inklusi menyelenggarakan peringatan hari difabel Internasional pada 19 sampai dengan 21 Desember 2014 di Desa Sendangtirto, Berbah, Sleman. Organisasi yang ikut terlibat dalam Temu Inklusi ini  di antaranya Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB),  Karina Kas Karitas Indonesia, Center for Improving Living for People with Disabilities (CIQAL),  Sentra Advokasi Perempuan Difabel dan Anak (SAPDA),  COMBINE, UCP- Roda untuk Kemanusiaan (RUK), Handicap Internasional, PKBI DIY, Pusat Studi Hak Asasi Manusia Universitas Islam Indonesia (Pusham UII), Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI Yogyakarta),YAKKUM, dan Joglo Abang. Konsorsium Jogja Inklusi bekerja sama dengan Pemerintah Desa Sendangtirto Berbah,  PNPM Peduli, Kementerian Koordinator Bidang Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan.

“Temu Inklusi” ini menjadi  wadah bertemunya pegiat-pegiat inklusi. Forum ini akan menjadi ajang bagi perayaan, pembelajaran, serta mimpi tentang bagaimana perwujudan hak Difabel akan menjadi lebih baik, dan inklusi menjadi lebih nyata. Selain itu, Temu Inklusi 2014 diharapkan dapat menjadi medium bagi pergerakan Difabel untuk melakukan refleksi dan menentukan arah dan agenda gerakan, terutama dengan mempertimbangkan peluang dan tantangan saat ini. Desa, dalam Temu Inklusi 2014 dipilih sebagai tempat dan tema kegiatan dengan sebuah harapan dan mimpi bahwa dengan membangun inklusi dari Desa, maka keberhasilan-keberhasilan kecil akan muncul untuk selanjutnya berpengaruh pada perubahan menuju inklusi di level yang lebih tinggi (kecamatan, kabupaten, provinsi dan nasional).

Acara ini akan melibatkan difabel dan pegiat difabel di Yogyakarta maupun nasional juga mengajak organisasi masyarakat sipil yang perhatian terhadap kaum tertindas. Selain itu, sebagai bentuk semangat desa inklusi maka masyarakat desa Sendangtirto Berbah juga turut terlibat dalam kegiatan ini.  Keterlibatan masyarakat secara inklusif tidak jauh dari tujuan diadakannya “Temu Inklusi 2014” ini yaitu adanya sebuah wadah berbagi pengalaman, sumberdaya dan jejaring antara organisasi-organisasi difabel, maupun organisasi-organisasi masyarakat sipil, non-pemerintah, serta lembaga pemerintah yang mempunyai kerja terkait isu Difabel. Kegiatan Temu Inklusi ini nantinya akan merekomendasikan konsep dan mempromosikan ide dan implementasi “desa inklusi” sebagai inklusi difabel dari desa.

back to top