Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Inilah faktanya: Rokok elektrik lebih berbahaya daripada rokok biasa

www.huffingtonpost.com www.huffingtonpost.com

Banyak di antaranya beralih dari rokok biasa ke rokok elektrik dengan iming-iming rokok sehat. Ada juga opini yang menyebutkan rokok elektrik menyelamatkan nyawa. Mari kita buktikan dengan penelitian.

Dilansir oleh BBC Indonesia “(Tim peneliti di Inggris mengatakan ribuan nyawa dapat diselamatkan setiap tahun jika perokok beralih ke rokok elektrik.”

Para peneliti mengakui risiko kesehatan jangka panajang yang disebabkan oleh rokok elektrik belum diketahui, tetapi mereka mengatakan rokok elektrik tidak terlalu berbahaya jika dibandingkan dengan rokok biasa.

Untuk setiap satu juta perokok yang beralih ke rokok elektrik, lebih dari 6.000 jiwa di Inggris dapat diselamatkan, menurut tim University College London.

"Kandungan asap rokok elektrik tidak seperti asap rokok yang berisi karsinogen dan racun. Bahkan, kandungan asap rokok elektrik berada jauh di bawah 20 batang rokok," kata Profesor Robert West dari University College London.

Temuan itu praktis membantah laporan Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan rokok elektrik dapat meningkatkan kadar racun dan nikotin di udara. Karenanya, WHO menyerukan pelarangan rokok elektrik di tempat umum dan tempat kerja.
WHO juga memperingatkan seseorang yang bukan perokok akan mulai mengisap rokok elektrik.

Namun, tim University College London menemukan jumlah seseorang bukan perokok yang mulai menggunakan rokok elektrik berjumlah kurang dari 1% dari populasi.

Dr. Farsalinos,dalam tulisanya yang berjudul “Electronic cigarette aerosol contains 6 times LESS formaldehyde than tobacco cigarette smoke” www.ecigarette-research.com

Prof Kunugita menyebutkan bahwa laporan newsmedia mengacu pada evaluasi terbaru dari perangkat generasi baru, di mana saya menemukan 1600μg formaldehida per 15 tiupan. Memang benar esta tingkat Itulah 10 kali lebih tinggi dari apa yang ada dalam rokok tembakau. Namun, ini adalah hasil yang tidak dipublikasikan, satu kasus yang ekstrim dari sekian banyak produk yang saya telah diuji, dan kita tidak tahu apa yang salah dalam kasus itu (misalnya tingkat daya tinggi, rendahnya tingkat cairan di dalam, perangkat rusak dll). Namun, hiruk-pikuk media sepenuhnya pantas.

Kebingungan ini menunjukkan mengapa penting untuk evaluasi yang sistematis baru aldehida rilis, dengan mempertimbangkan kondisi realistis dan mengisap pola bersama-sama dengan evaluasi suhu penguapan.
Manfaat Rokok Elektrik

Dikatakan bahwa dengan menggunakan rokok elektronik, seseorang dapat menikmati rokok murah dan sehat yang tidak memiliki bau seperti rokok biasa, tidak akan mengganggu perokok pasif dan tidak mengandung bahan kimia yang menyebabkan kanker. Namun apakah fakta ini benar?

Rokok Elektrik yang disebut rotrik tidak menghasilkan asap namun uap dengan hasil pembakaran yang tidak sempurna. Karbon monoksida adalah gas beracun yang tidak bewarna dan tidak berbau yang biasa digunakan oleh pabrik industri rokok elektronik ini merupakan perangkat yang dioperasikan oleh baterai dan telah dikembangkan sebagai alternatif untuk rokok tradisional yang sering Anda temukan. Terdiri dari pemanas, baterai dan tabung yang berisi larutan propi lenglikol, nikotin dan beberapa bahan kimia lainnya.

Rokok elektronik dapat memberikan efek asupan nikotin tanpa memberi unsur-unsur beracun seperti tembakau, karbon monoksida dan tar yang dikatakan berbahaya bagi paru-paru manusia. Dengan penggunaan rokok elektronik, para perokok tidak akan menderita bau mulut dan tidak menyebabkan gigi menguning.

Rokok Elektrik tidak mengandung zat-zat yang bersifatadiktif, zat adiktif adalah zat kimia yang membuat ketergantungan bagi pemakainya. Salah satu zat adiktif yang lebih berbahaya dari heroin adalah nikotin. Seperti fungsinya nikotin memiliki peran mengalihkan kemampuan fungsi saraf otak dan tubuh seseorang. Dengan mengkonsumsi nikotin, anda akan bersemangat, memiliki perasaan rileks dan bertenaga namun pada rokok tembakau peran nikotin hanya berfungsi untuk hisapan awal saja.

Efek Samping Rokok Elektrik bagi

§    Penggunaan rokok elektronik dapat menyebabkan kerusakan paru-paru. Alasannya adalah bahwa ketika seorang pe rokok menggunakan rokok elektronik, maka yang ia hembuskan adalah uap, bukan asap. Hal ini tidak baik bagi paru-paru Karena akan menyebabkan masalah dalam fungsi paru-paru.

§    Terkadang seseorang tidak menyadari berapa banyak jumlah nikotin  yang  terkandung dalam rokok elektronik. Konsumen produk kini tidak memiliki cara untuk mengetahui apakah rokok elektronik aman untuk digunakan atau tidak. Namun, Anda harus tahu bahwa rokok elektronik juga mengandung beberapa bahan kimia berbahaya yang biasanya ditemukan dalam rokok tradisional.

§    Dikatakan bahwa rokok elektronik tidak akan menyebabkan kanker. Tapi efek buruk dari rokok elektronik ini adalah bahwa produk ini dapat memberikan pengaruh kesehatan sepertipenyakit jantung, serangan jantung dan penyakit lainnya. Sebuah rokok elektronik mengandung senyawa penyebab kanker seperti nitrosamin.

§    Efek buruk lainnya dari rokok elektronik adalah bahwa rokok ini mengandung komponen anti-beku yang disebut sebagai dietilenglikol. Komponen ini merupakan racun bagi manusia dan dapat menyebabkan ancaman bagi kesehatan. Ini adalah salah satue fekburukter besar darir okok elektronik.

§    Sebuah rokok elektronik juga terdiri dari Tetramethylpyrazine. Orang yang terlibat dalam kontak yang terlalu lama dengan Tetramethylpyrazine dapat menyebabkan kerusakan otak. Oleh karenaitu, yang terbaik adalah untuk menghindari penggunaan rokok elektronik.

Jadi,sekarang Anda bisa mengetahui bahwa meskipun rokok elektronik dikatakan tidak terlalu berbahaya dibandingkan dengan rokok tradisional, namun rokok elektronik masih merupakan ancaman bagi kesehatan tubuh para perokok berhentilah merokok jauhkanlah rokok dari kehidupan Anda, beralihlah kepada pola hidup sehat, memang berhenti merokok tidak semudah membalikan telapak tangan, tetapi banyak cara-cara yang biasa membantu kita dengan berhenti merokok, dengan ditambah niat hati yang tulus, Anda akan bisa berhenti merokok.

back to top