Menu
Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Prev Next

Inilah ciri-ciri kosmetika mengandung merkuri berbahaya

Inilah ciri-ciri kosmetika mengandung merkuri berbahaya

Rani (28) dari Makassar harus merasakan dampak dari kosmetik mengandung zat merkuri. Kulit wajahnya penuh bintil-bintil merah kehitaman. Hal tersebut berkaitan dengan penggunaan kosmetik pemutih wajah yang mengandung merkuri. Rani mengatakan bahwa dirinya tidak tahu, kosmetik yang dipakainya mengandung merkuri. Ia hanya diberitahu bahwa kosmetik yang dipakainya manjur memutihkan wajah. 

Kulit wajah ingin lebih putih menyebabkan banyak pihak yang menggunakan kosmetik pemutih. Aka tetapi banyak yang tidak tahu ciri dari kosmetik yang mungkin mengandung merkuri. Zat berbahaya yang bisa menyebabkan kanker.

Dermatologis, dokter spesialis kulit, dr. Ni Putu Susari Widianingsih, Sp.K.Kdari Surabaya Skin Centremenjelaskan ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri. Menurut dokter berjilbab ini, masyarakat harus paham. Berikut adalah ciri-cirinya:

Kosmetik tanpa label izin BPOM 
Kosmetik mengandung merkuri tidak akan mendapatkan izin BPOM sehingga tidak mendapatkan nomor registrasi produk layak jual. Banyak kosmetik yang seolah menampilkan nomor register namun palsu. BPOM telah memberikan daftar kosmetik berbahaya yang mengandung merkuri. Informasi bisa diakases melalui situs resmi BPOM. 

Krim kosmetik berbau sangat menyengat
Pada saat membuka tutup krim kosmetik pemutih, aroma menyengat akan terasa. Aroma menyengat khas zat logam. Itu pertanda zat merkuri sangat pekat. Sebaiknya kosmetik itu segera dilempar di tempat sampah. 

Krim tampak mengkilap

Seringkali kosmetik dengan kandungan merkuri memiliki warna kilap pada permukaan saat dibuka pertama kali. Warna kilap dan menyolok mata tersebut juga menggunakan pewarna berbahaya. Lihat penjelasannya di sini.

Krim kasar 
Kosmetik pemutih bermekuri akan terasa lebih kasar ketika digunakan di permukaan kulit wajah. Selain itu krim itu lengket.

Reaksi iritasi
Ketika krim kosmetik telah digunakan beberapa kali, biasanya mendapatkan reaksi dalam bentuk iritasi pada kulit wajah. Akibatnya wajah terasa panas, perih dan gatal-gatal. Hati-hati dengan penjelasan penjual bahwa reaksi tersebut alamiah terjadi.

Kulit wajah sensitif terkena matahari
Kulit wajah yang diberi krim kosmetik merkuri akan menjadi sangat sensitif pada sinar matahari. Sebab lapisan kulit telah rusak dan lemah. Cirinya kulit menjadi merah sekali ketika terkena sinar matahari.

Kulit wajah putih yang pucat
Para pengguna memang mendapatkan kulit wajahnya putih setelah beberapa kali pemakaian. Akan tetapi putih yang pucat. Ciri kulit pucat adalah tidak bersinar cerah bercahaya.

Proses instan
Kosmetika bermekuri tinggi memberikan proses pemutihan wajah yang instan, cepat terjadi hanya dalam hitungan hari atau minggu. Efek instan tersebut adalah bagian dari zat merkuri dan zat-zat kimia berbahaya lainnya. Klik di sini info zat-zat berbahaya.

Dampak dependensi kosmetik
Secara empirik medis penggunaan kosmetik bermekuri memberi dampak dependensi, yaitu ketergantungan terhadap kosmetik. Jika berhenti menggunakannya akan terjadi perubahan ekstrim pada kulit wajah seperti merah kehitaman.

Baca juga:

Free e-book Negara Gagal Mengelola Konflik 

Inilah cara kerja mafia migas

Inilah ekspresi wajah Jokowi di lokasi bencana Banjarnegara

TERPOPULER

back to top