Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Ini tips bijak memilih seafood

Ini tips bijak memilih seafood
KoPi | Laut dan samudera sepertinya adalah sumber ikan dan hasil laut yang tak terbatas. Namun, banyak yang belum sadar bahwa suplai hasil laut tersebut tidak bersifat selamanya. Penangkapan yang berlebihan dan perlakuan seenaknya manusia terhadap lautan mengurangi populasi beberapa spesies laut dan merusak habitat mereka.
Lalu apa berarti kita tidak bisa makan seafood kegemaran kita lagi? Tidak demikian. Reid Bogert, sustainability coordinator dari Shedd Aquarium, Chicago, memberikan tips bagaimana memilih makanan laut yang lebih ramah lingkungan namun tak kalah lezat. Simak tips berikut.

Salmon Atlantik

Salmon yang berasal dari Samudera Atlantik tidak diawasi dengan baik dan lebih banyak mengalami penangkapan berlebihan. Salmon hasil penangkaran di Atlantik juga cenderung diberi pakan kimia yang buruk bagi kesehatan. Pilihan yang lebih baik adalah salmon asal Alaska dan California. Mereka tersedia sepanjang tahun, dan biasanya tidak memerlukan pakan yang banyak.

Ikan pedang

Ikan todak atau ikan pedang sangat populer di seluruh dunia. Namun mereka menghadapi masalah overfishing dengan teknik pancing longline fishing yang membahayakan makhluk laut lain. Benang pancing yang panjangnya berkilo-kilometer dapat menjerat satwa laut lain seperti penyu, hiu, bahkan burung camar.

Jika Anda ingin makan ikan pedang, carilah ikan pedang hasil tangkapan pihak ketiga yang memiliki sertifikat dari badan non-profit, seperti Marine Stewardship Certification atau Best Aquaculture Practices. Selain itu Anda dapat memilih alternatif lain, seperti ikan mahi-mahi. Ikan ini memiliki ukuran yang lebih kecil, dengan daging mirip ikan pedang, namun mampu berkembang biak lebih cepat.

Scallop liar

Di masa lalu, untuk mendapatkan scallop, perusahan perikanan membawa kerukan besar dan menggali dasar lautan. Hal itu dapat merusak habitat serta membuat kerang-kerangan tak bisa bereproduksi dengan cepat. Saat ini mereka menggunakan tenaga penyelam, namun hal itu sama saja.

Sebagai alternatif, pilihlah kerang hasil budidaya, yang jauh lebih ramah lingkungan. Anda dapat menemukan berbagai jenis kerang seperti ini di pasar, mulai dari kerang, tiram, hingga scallop.

Tuna

Tuna jenis bluefin dan bigeye butuh waktu lama untuk dewasa, dan proses reproduksi mereka sangat tergantung alam. Mereka juga berenang dalam kelompok, sehingga sangat rentan terhadap jaring besar yang dapat menangkap ribuan ikan.

Sebagai alternatif, pilih tuna skipjack yang lebih mudah bereproduksi dan tumbuh lebih cepat. Skipjack memiliki ukuran yang lebih kecil, karena itu kekhawatiran Anda pada kandungan merkuri bisa berkurang.

Ikan cod Atlantik

Ikan cod telah mengalami penurunan populasi yang sangat drastis pada tahun 90-an, dan sampai sekarang angkanya belum dapat kembali ke normal.

Sebagai alternatif ikan cod, Anda bisa memilih ikan hake yang memiliki rasa serupa. Atau Anda juga bisa memilih ikan daging putih lain seperti ikan lele.

Spanish Mackerel

Ikan makarel jenis ini menghadapi masalah overfishing. Coret dari daftar menu seafood Anda.

Pilih makarel jenis lain yang lebih sustainable. Mereka lebih mudah bereproduksi dan lebih kaya Omega 3.| thrillist.com

back to top