Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Gus Ipul : Buka Pergusmad V di Lumajang

Gus Ipul : Buka Pergusmad V di Lumajang

Lumajang-KoPi| Wakil Gubernur Jatim, Drs. Saifullah Yusuf yang akrap dipanggil Gus Ipul, telah membuka pelaksanaan kegiatan perkemahan Pramuka Penggalang antar Guugus Depan Khusus yang berpakalan di Madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah dan Aliyah (Pergusmad) se Kabupaten Lumajang, Jum’at (22/9) sore.

Gus Ipul mengatakan, kegiatan Pergusmad ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali, dan kegiatan ini merupakan sarana pendidikan non formal dalam bentuk kepramukaan bagi siswa-siswi MI,MTs dan MA baik negeri maupun swasta. Pergusmad V yang duselenggarakan selama empat hari yakni mulai tanggal 22 s/d 25 September 2017 ini, diisi berbagai materi kegiatan menarik seperti; edukatif, rekreatif, kreatif, produktif,atraktif dan kegiatan menantang lainnya serta kegiatan sosial. Semua ini diharapkan dapat terselenggara dengan baik.

Selanjutnya Gus Ipul mengatakan, Pergusmad yang diikuti hampir 4000 peresrta dari MI,Mts, dan MA negeri dan swasta se kab. Lumajang ini bertujuan untuk meningkatkan Ketaqwaan terhadap Tuhasn Yang Maha Esa, Rasa Persatuan dan Kesatuan bangsa, Rasa Persaudaraan sesama Pramuka Penggalang dan Penegak, juga untuk meningkatkan pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan tehnik kepramukaan, dan meningkatkan rasa kepekaan sosial dalam hidup bermasyarakat serta kesadaraan untuk melestarikan dan cinta lingkungan.

Karena pramuka tambahnya, adalah kegiatan sosial yang penuh tantangan dan merupakan tempat atau sarana untuk melatih dan menggodok anak-anak muda agar cepat tanggap dengan kejadian yang ada di lingkungannya serta menambah pengetahuan serta kecerdasan IQ dan EQ, utamanya dalam bidang sosial dan kreatifitas serta inovasi untuk menemukan solusi baru dalam menyelesaiakan suatu masalah.

“Karena dengan kegiatan pramuka diharapkan kedepan anak- anak muda yang merupakan generasi penerus bangsa ini bisa dan mampu bersaing dengan bangsa lain di era globalisasi,” tegasnya.

Sesuai dengan hakekat Pergusmad V yaitu agar kegiatan ini bisa meningkatkan ketaqwaan terhadap ketuhanan yang maha Esa, kedisiplinan, pengabdian serta kegiatan lainnya yang mengembirakan, sekaligus juga merupakan sarana pendidikan. Yang terdiri dari kelompok Mental spiritual, kelompok Patriotisme, kelompok seni budaya dan kelompok bhakti sosial.

Ditempat yang sama Ketua Panitia Mohamad Muslih,S.Pdi melaporkan Pergusmad V ini diselenggarakan di areal Pemandian Wana Wisata Tirtowono Desa Jarit, Kec. Candipuro Kab. Lumajang seluas lima hektar.

Pergusmad dan kepres RI No. 24 tahun 2009, tentang Anggaran dasar Gerakan Pramuka serta keputusan Kwartir Nasional Pramuka No. 203 tahun 2009 tentang Anggaran Rumah tangga Gerakan Pramuka V dilaksanakan berdasarkan UU pramuka No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, dan Program Kerja DPD PGMI Kab. Lumajang tahun 2017 serta hasil Musyawarah DPD GPMI Kab. Lumajang tanggal 7 Januari 2017 dan Program Kerja Kelompok Kerja Madrasah (KKM) MI,Mts dan Ma Tahun 2017. Sedang tema PERGUSMAD V, kalin ini adalah “Kita bekerja untuk kaum muda mewariskan yang terbaik bagi bangsa” dengan Motto; Taqwa, Disiplin serta Pengabdian. ( Humas Pemprov. Jatim/dilla).

Surabaya, 22 September 2017

Kepala Biro Humas dan Protokol

Drs. Benny Sampir Wanto

back to top