Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

GESSTOK 2017 : Performance Art, Exhibition, Bazaar, Workshop, Diskusi

GESSTOK 2017 : Performance Art, Exhibition, Bazaar, Workshop, Diskusi

Waktu :1-15 Oktober 2017
Tempat : Studio Kalahan dan Galeri SMSR Yogyakarta

Latar belakang:

GESSTOK adalah perayaan kebebasan berekspresi seniman dalam balutan semangat eksperimental dengan mengambil media sketsa sebagai titik tolaknya. Perayaan ini direncanakan dapat berlangsung setiap tahun dengan berbagai variasi bentuk dan nuansa kegiatan yang disesuaikan situasi dan kondisinya.
GESSTOK 2016 atau GESSTOK pertama dilaksanakan di Studio Kalahan Yogyakarta dari tanggal 1 sampai 15 Oktober 2016 yang merupakan kegiatan Pameran Sketsa Joseph Wiyono dan Syahrizal Pahlevi.

Nama GESSTOK sendiri pertama kali dimunculkan oleh Prof. DR. M. Dwi Marianto MFA yang kemudian akronimnya mendapat penyempurnaan oleh beberapa seniman. Selain memamerkan sketsa tinta di atas kertas karya kedua seniman, di acara pembukaan pada tanggal 1 Oktober 2016 diadakan performance art yang dinamai Battle Sketsa dengan sub judul ‘Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat’ yang merupakan kegiatan demonstrasi membuat sketsa langsung oleh seniman dalam nuansa kompetisi ala kejuaraan olah raga tinju profesional lengkap dengan segala properti, tata cara dan aturannya.

Kegiatan atau kejuaraan ini diikuti oleh 14 seniman Yogyakarta dan 2 seniman luar negeri yang kebetulan tengah tinggal di Yogyakarta sebagai sketser yang bertanding plus beberapa seniman, pengajar, pencinta seni dan warga masyarakat yang berperan sebagai MC ring, wasit, juri, ring’s girl, promotor, dirigen, pemain musik dan sebagainya. Kejuaraan tersebut melahirkan juara I, juara II dan 2 orang juara harapan yang mendapatkan berbagai hadiah.

Mengingat sambutan yang cukup antusias terhadap acara tersebut dan untuk mempertahankan semangat eksperimentatif dalam berkarya beberapa seniman yang terlibat sepakat membentuk sebuah wadah organisasi yang diberi nama Asosiasi Olah Raga Sketsa Indonesia atau disingkat (AORSI).

AORSI diresmikan pada tanggal 9 Oktober 2016 dengan mengesahkan beberapa struktur pengurus seperti penasehat, pembina, ketua umum dan sekretaris. Layaknya organisasi resmi, sebagai perkawinan organisasi olah raga dan organisasi seni AORSI melengkapi diri dengan VISI/MISI, 10 Pedoman Sketser, Janji Anggota, Divisi-Divisi, menerbitkan Kartu Anggota dan menggagendakan berbagai kegiatan. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan AORSI adalah MUBES I AORSI, berbagai aksi sketsa on the spot, performance art , demonstrasi sketsa dan mengadakan pameran di berbagai tempat di Yogyakarta.

GESSTOK 2017 kali ini telah menjadi agenda AORSI dan berbagai persiapan tengah dilakukan. Bentuk acara yang akan ditampilkan adalah: Battle Sketsa, pameran, workshop, diskusi dan bazaar yang akan mengambil lokasi di dua tempat. Dengan melibatkan berbagai pihak mulai dari seniman, pengajar, pencinta seni, pelajar dan masyarakat umum diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lancar.
Info lengkap mengenai AORSI dan kegiatannya dapat dilihat di  www.battlesketsa.weebly.com 

Acara:

Battle Sketch: Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat 2017
Sub acara: Perebutan Gelar Juara Sketsa Cepat 2017, Partai Pilihan, Partai Perbaikan Peringkat dan Partai Tambahan.

Bazaar karya dan merchandise mulai pukul 14:00.
Tempat : Studio Kalahan, Jl. Patukan, Ambarketawang, gamping-Sleman, Yogyakarta
Tanggal : 1 Oktober 2017
Waktu : 19:00 – 22:00
Penanggung jawab : Syahrizal Pahlevi

Deskripsi : “Battle Sketch - Kejuaraan Profesional Sketsa Cepat” adalah seni rupa pertunjukan yang mengawinkan media seni rupa dengan dunia olah raga. Dalam Battle Sketch media seni sketsa lewat segala aspeknya dihadirkan dalam atmosfir kejuaraan olah raga tinju profesional lengkap dengan segala tata cara dan aturan pertandingannya.

Ada seorang juara bertahan “Sketsa Cepat” yang akan bertarung mempertahankan gelarnya di setiap pertandingan yang digelar. Tahun ini memasuki tahun kedua perebutan gelar dan sang juara bertahan sketser Widarsono Bambang harus bertanding menghadapi para penantangnya memperebutkan gelar juara Sketsa Cepat 2017 dan sejumlah hadiah lainnya.

Akan ada partai perbaikan peringkat, partai pilihan dan partai tambahan. Para penantang al: Mumtaz Khan Chopan, Stevan Sixcio Kresonia dan para sketser dari berbagai komunitas seni di Yogyakartal.
Tim kerja dan artistik: AORSI dan Studio Kalahan, promotor: Yan Van Borneo, MC ring: Rusma Bharata, Wasit: AORSI, 3 Juri dari seniman dan pengajar seni rupa, ring’s girls, komentator, lady singer, dll

Pameran “Sketsa Berkeringat”, workshop, diskusi dan bazaar seni

Tempat : Galeri SMSR Yogyakarta
Tanggal : 9-15 Oktober 2017
Pembukaan : 9 Oktober 2017, jam 19:00
Penanggung jawab : Joseph Wiyono dan Anton Sutopo


Deskripsi :

Pameran sketsa akan diikuti oleh para seketser anggota AORSI serta para simpatisan yang diundang secara terbuka. Ketentuan mengikuti pameran akan diumumkan kemudian. Selain membuat undangan terbuka kepada calon peserta, AORSI akan memamerkan secara khusus karya-karya sketsa lama koleksi ISI Yogyakarta, SMSR Yogyakarta, Sanggar Bambu dan beberapa koleksi perorangan sebagai referensi publik akan sepenggal sejarah sketsa Indonesia. Juga akan dibuat diskusi yang akan menghadirkan beberapa pembicara, workshop sketsa untuk umum oleh siswa SMSR Yogyakarta dan bazaar seni.

Informasi pameran: Anton Sutopo/088225117147, Joseph Wiyono/081578877651

back to top