Menu
Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Prev Next

Garin Nugroho Calon Walikota Yogya dari Joint

Garin Nugroho Calon Walikota Yogya dari Joint

Jogja-KoPi│Garin Nugraha terpilih menjadi calon walikota Yogyakarta yang diusung oleh Jogja Independent (Joint) pada pemilu tahun depan, Minggu (17/4).

Konvensi Joint yang merupakan tahap terakhir dalam penjaringan calon walikota dan calon wakil walikota memutuskan Garin Nugraha dan Rommy Haryanto sebagai calon walikota dan calon wakil walikota Yogyakarta yang diusung oleh Joint. Hasil konvensi ini berdasarkan pada 2 hal, yaitu dari float (warga dan organisasi masyarakat) dan panelis.

Menurut Zaenal Arifin, sekretaris panelis Joint, hasil konvensi didasarkan pada 3 angka yaitu, hasil keputusan panelis, survey dalam ruangan yang terdiri dari float organisasi masyarakat dan warga yang diwakili oleh ketua RW. Hasil keputusan 9 panelis bukan hanya secara kuantitatif namun juga kualitatif memutuskan Garin Nugraha menjadi bakal calon yang lebih unggul dibandingkan bakal calon lainnya. Kemudian, hasil survey dalam ruangan konvensi yang terdapat 105 formulir, dan satu tidak sah karena semua calon dipilih juga dimenangkan oleh Garin Nugroho.

“Hasil survey dari 105 formulir yang terkumpul dan 1 tidak sah diketahui bahwa ±50% organisasi masyarakat memilih Garin Nugroho, dan dari float warga yang diwakili ketua RW sebanyak 39% juga memilih Garin Nugraha”, papar Zaenal Arifin. Kemenangan Garin Nugroho pada ketiga angka tersebut menandakan bahwa Garin Nugroho sebagai calon walikota yang akan diusung oleh Joint.

Sedangkan, wakil calon walikota yang akan mendampingi Garin Nugroho adalah Rommy Haryanto. Pemilihan wakil calon walikota dalam konvensi ini diserahkan sepenuhnya kepada Garin Nugroho sebagai calon walikota terpilih dari Joint.

Menurut Garin Nugroho, saat diwawancarai oleh media bahwa ia memilih Rommy Haryanto sebagai pendamping dirinya (calon walikota Yogyakarta) karena beberapa pertimbangan. “Alasannya karena dari hasil pemilihan panel dan float di masyarakat, Rommy Haryanto yang berada nomer 2 di bawah saya. Kedua, karena saya membutuhkan wakil yang sangat gencar dan mengerti birokrasi dan mengerti tentang ekonomi kerakyatan,” ungkap Garin Nugroho.

Strategi kemenangan Garin Nugroho

Strategi kemenangan yang akan digunakan oleh pasangan calon walikota dan calon wakil walikota, Garin Nugroho dan Roommy Haryanto adalah dengan mempertimbangkan aspek keberagaman dan multi kultural masyarakat Yoyakarta.

“Warga kota Jogja beragam dan multi kultur oleh karena itu cara-cara kampanyenya adalah cara-cara yang membentuk Jogja independent yang tersebar bersamaan dengan keberagaman dan multi kultur kota Jogja. Jadi, akan kita sosialisasikan bahwa joint adalah milik warga jogja dan mendorong timbulnya organisasi Jogja yang memilih kita berdua”, jelas Garin Nugroho

Selain itu, pasangan calon walikota dan calon wakil walikota ini juga akan membentuk dewan kecamatan-kecamatan, sehingga proses kemenangan yang ada menjadi pendidikan warga negara. Platform yang telah dibuat oleh Joint akan menjadi tugas dan panduan bagi pasangan ini.

back to top