Menu
Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ketat Dengan Terjunnya 29 Ekor Anjing Pelacak dan Body Scanner.

Keamanan di Bandara Adi Sutjipto Ke…

Sleman-KoPi| Komandan sat...

Prev Next

Garin Nugroho Calon Walikota Yogya dari Joint

Garin Nugroho Calon Walikota Yogya dari Joint

Jogja-KoPi│Garin Nugraha terpilih menjadi calon walikota Yogyakarta yang diusung oleh Jogja Independent (Joint) pada pemilu tahun depan, Minggu (17/4).

Konvensi Joint yang merupakan tahap terakhir dalam penjaringan calon walikota dan calon wakil walikota memutuskan Garin Nugraha dan Rommy Haryanto sebagai calon walikota dan calon wakil walikota Yogyakarta yang diusung oleh Joint. Hasil konvensi ini berdasarkan pada 2 hal, yaitu dari float (warga dan organisasi masyarakat) dan panelis.

Menurut Zaenal Arifin, sekretaris panelis Joint, hasil konvensi didasarkan pada 3 angka yaitu, hasil keputusan panelis, survey dalam ruangan yang terdiri dari float organisasi masyarakat dan warga yang diwakili oleh ketua RW. Hasil keputusan 9 panelis bukan hanya secara kuantitatif namun juga kualitatif memutuskan Garin Nugraha menjadi bakal calon yang lebih unggul dibandingkan bakal calon lainnya. Kemudian, hasil survey dalam ruangan konvensi yang terdapat 105 formulir, dan satu tidak sah karena semua calon dipilih juga dimenangkan oleh Garin Nugroho.

“Hasil survey dari 105 formulir yang terkumpul dan 1 tidak sah diketahui bahwa ±50% organisasi masyarakat memilih Garin Nugroho, dan dari float warga yang diwakili ketua RW sebanyak 39% juga memilih Garin Nugraha”, papar Zaenal Arifin. Kemenangan Garin Nugroho pada ketiga angka tersebut menandakan bahwa Garin Nugroho sebagai calon walikota yang akan diusung oleh Joint.

Sedangkan, wakil calon walikota yang akan mendampingi Garin Nugroho adalah Rommy Haryanto. Pemilihan wakil calon walikota dalam konvensi ini diserahkan sepenuhnya kepada Garin Nugroho sebagai calon walikota terpilih dari Joint.

Menurut Garin Nugroho, saat diwawancarai oleh media bahwa ia memilih Rommy Haryanto sebagai pendamping dirinya (calon walikota Yogyakarta) karena beberapa pertimbangan. “Alasannya karena dari hasil pemilihan panel dan float di masyarakat, Rommy Haryanto yang berada nomer 2 di bawah saya. Kedua, karena saya membutuhkan wakil yang sangat gencar dan mengerti birokrasi dan mengerti tentang ekonomi kerakyatan,” ungkap Garin Nugroho.

Strategi kemenangan Garin Nugroho

Strategi kemenangan yang akan digunakan oleh pasangan calon walikota dan calon wakil walikota, Garin Nugroho dan Roommy Haryanto adalah dengan mempertimbangkan aspek keberagaman dan multi kultural masyarakat Yoyakarta.

“Warga kota Jogja beragam dan multi kultur oleh karena itu cara-cara kampanyenya adalah cara-cara yang membentuk Jogja independent yang tersebar bersamaan dengan keberagaman dan multi kultur kota Jogja. Jadi, akan kita sosialisasikan bahwa joint adalah milik warga jogja dan mendorong timbulnya organisasi Jogja yang memilih kita berdua”, jelas Garin Nugroho

Selain itu, pasangan calon walikota dan calon wakil walikota ini juga akan membentuk dewan kecamatan-kecamatan, sehingga proses kemenangan yang ada menjadi pendidikan warga negara. Platform yang telah dibuat oleh Joint akan menjadi tugas dan panduan bagi pasangan ini.

back to top