Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

FIFA Larang Rosberg Rayakan Jerman Piala Dunia di F1

Helm yang rencananya digunakan Nico Rosberg untuk merayakan kemenangan timnas Jerman Helm yang rencananya digunakan Nico Rosberg untuk merayakan kemenangan timnas Jerman Foto: Akun pribadi Nico Rosberg

Jerman-KoPi. Sebagai bentuk kebanggan atas kemenangan negaranya di Piala Dunia, Nico Rosberg mendesain helmnya dengan gambar bendera negara Jerman dan gambar Piala Dunia, namun FIFA menolak penyematan gambar tersebut.

Pebalap F1 asal Jerman memancing amarah FIFA pada kamis malam setelah menunjukkan desain foto helmnya.

Nico Rosberg, yang juga mengikuti perkembangan piala dunia, terpaksa mengubah desain helm yang khusus digunakan untuk merayakan kemenangan negaranya setelah badan sepak bola tertinggi di dunia, FIFA melarang dia menggunakan gambar trofi itu, mengklaim melanggar hak cipta.

Semuanya tampak dalam genggaman Rosberg, pria yang tahun ini menikah dengan Vivian Sibold, menandatangani 40 juta euro dengan Mercedes Benz dan menonton timnas Jerman memenangi piala dunia di Brasil minggu lalu. Namun ia tetap tak bisa lepas dari jerat FIFA untuk menggagalkan usahanya merayakannya di Formula One kamis lalu.

Pagi hari saat rombongan F1 tiba di Hockenheim - Lanjutan seri grand prix di Jerman - Helm Nico Rosberg masih terdapat trofi yang terpampang di bagian atas, dengan empat bintang di bawah, yang menunjukkan masing-masing kemenangan Piala Dunia Jerman. Pada saat konferensi pers pebalap itu  sore hari telah berubah dengan satu bintang yang lebih besar di tempat piala.

Keganjilan atas intervensi FIFA menjadi semakin nyata saat hari di mana perlombaan F1 berlangsung. Ini mengingatkan kasus Jarno Trulli, pebalap Italia, telah menggunakan gambar trofi pada helmnya untuk tahun 2006 Grand Prix  setelah Italia mengalahkan Prancis, tanpa dikenai sanksi.

Sedangkan Rosberg, yang saat ini memimpin di klasemen F1, menanggapi santai perihal intervensi FIFA,

"Apakah kamu harus mengurusi semuanya?" candanya. "Sungguh luar biasa bahwa gambar trofi itu menempel di helm." Ia melanjutkan. "hal itu sangatlah mengejutkan, tapi tentu saja aku mengerti. Namun sayang sekali padahal itu terlihat keren dengan trofi di atasnya. Lagi pula, sekarang menggantinya dengan tambahan bintang yang besar dan tak ada yang bisa mengambilnya. Bintang itu milik kami (warga Jerman)."

Rosberg secara reguler memposting pesan-pesan dukungan terhadap timnas Jerman di Twitter. Setelah menonton final Minggu lalu  bersama keluarganya di Monaco -Ibunya berdarah Jerman dan Ayahnya berdarah Finlandia- ia memutuskan merayakannya di kampung halamannya yang kebetulan balapan di gelar di Jerman.

Manajemen Rosberg tidak menghubungi FIFA sebelumnya terkait desain helm itu. Pebalap 29 tahun mempublikasikan gambar itu di twitter, selasa yang langsung memantik perhatian FIFA. FIFA mengirim email sehari sesudahnya dan gambar piala itu langsung dihapus saat kamis pagi.

Juru bicara FIFA mengatakan: "Kami mengapresiasi upaya Nico Rosberg mengucapkan selamat kepada timnas Jerman dan and oleh karena itu kami telah berdiskusi untuk menemukan solusi agar ia masih mampu memberikan dukungannya, tanpa menggunakan hak cipta FIFA dalam sisi komersial."

Mercedes tidak keberatan dengan permasalahan itu, dengan bendera timnas Jerman bersanding dengan empat bintang, meskipun itu mengganti lambang perusahaan, hal ini menunjukkan kebanggan produsen motor itu terhadap negaranya.

 

Nora

 

 

back to top