Menu
Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Senyawa Atasi Limbah Tambang

Mahasiswa UGM Inovasikan Produk Sen…

Sleman-KoPi| Tim mahasisw...

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letusan Efusif Yang Aman.

Gunung Merapi Berpeluang Alami Letu…

Jogja-KoPi| Kepala Balai ...

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di Proses Magmatisnya.

BPPTKG: Merapi Masih Sangat Awal di…

Jogja-KoPi| Balai Penyeli...

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Prev Next

Festival Teater Jogja Kembali 2014

Festival Teater Jogja Kembali 2014
Siaran Perss Taman Budaya Yogyakarta 

Yogyakarta-KoPi- Taman Budaya Yogyakarta kembali akan menggelar Festival Teater Jogja 2014 (FTJ 2014) pada akhir Sepetember 2014 mendatang. Berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, FTJ 2014 kali ini mengambil tema : MULTIKULTURALISME DALAM RUANG SOSIAL KINI.

Menurut Sri Wahyuni, ketua panitya FTJ 2014, pemilihan tema ini merujuk pada isu-isu sosial, budaya, politik,ekonomi dan agama dalam konteks relasi sosial beserta seluruh anasir dan sub-sub persoalan yang hidup di dalamnya  "Teater dan persoalan sosial memang tak bisa dilepaskan, melalui FTJ 2014 sengaja mendorong temen-temen teater bisa menggolahnya menjadi gagasan kreatif yang bisa dihadirkan dalam sebuah pentas teater," ujar Sri Wahyuni.

Untuk pelaksanaan FJT 2014, panitya akan menyelenggarakan seleksi terbuka (call for proposal) bagi kelompok-kelompok teater di Yogyakarta. Panitia FTJ 2014 memberi penekanan pada pelaksanaan FTJ 2014 bisa diikuti kelompok teater yang baru terbentuk atau kelompok teater yang belum pernah menjadi peserta FTJ sebelumnya.

"Grup-grup teater yang berminat mengikuti Festival Teater Jogja 2014 mengajukan proposal ke Panitia Festival Teater Jogja 2014," terang Sri Wahyuni Materi proposal terdiri dari: judul pertunjukan, latar belakang penciptaan, konsep cerita (kepahlawanan), konsep pemanggungan, inovasi pertunjukan yang ditawarkan, profil singkat grup dan anggota grup, dan bisa ditambah materi pendukung penting lainnya.

Ketentuan lain yang harus dipenuhi peserta FTJ 2014 adalah metode penciptaan yang mengedepankan proses yang bersifat rekreatif, eksploratif dan kreatif, sebagai upaya pengembangan individu/kelompok dalam menciptakan peristiwa teater.

Durasi pertunjukan minimal 45 menit dan maksimal 60 menit, pertunjukan dimainkan oleh minimal 5 orang aktor," jelas rilis dari panitia FTJ 2014.

Untuk pengajuan proposal keikutsertaan FTJ 2012 dapat dilakukan sejak saat sekarang hingga Senin, 27 Juni 2014 pukul 14.00 WIB. Proposal dapat dibawa langsung ke Ruang Seksi Pergelaran (dekat tempat parkir sebelah barat laut), Taman Budaya Yogyakarta, Jl. Sriwedani No. 1 Yogyakarta, atau dikirim via e-mail This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. CP: 08532855 1990 (Yuni).

Panitia FTJ 2014 akan memilih lima (5) kelompok yang akan tampil dalam Festival Teater Jogja 2014. Hasil seleksi akan diumumkan pada tanggal 30 Juni 2014. Disediakan subsidi dana produksi sebesar 5 juta rupiah serta fasilitas pertunjukan gratis kepada masing-masing grup yang terpilih.

Salam Budaya
Ketua Panitya FTJ 2014
Sri Wahyuni
CP 0853 2855 1990

back to top