Menu
Bupati dan Walikota Harus Mengacu dengan Visi Misi Presiden

Bupati dan Walikota Harus Mengacu d…

Surabaya-KoPi| Bupati dan...

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis Soprema 2018 untuk Sociopreneur Muda dari 16 Provinsi Indonesia

FISIPOL UGM Gelar Inkubasi Bisnis S…

Jogja-KoPi| Rangkaian gel...

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi Bisa Dilatih

Kreatifitas Itu Bukan Bawaan, Tapi …

Jogja-KoPi| Pakar Manajem...

Raih Doktor Usai Meneliti Transformasi Budaya Organisasi Perguruan Tinggi

Raih Doktor Usai Meneliti Transform…

Jogja-KoPi| Transformasi ...

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Prev Next

Festival Lagu Daerah Banten Tahun 2014

Festival Lagu Daerah Banten Tahun 2014

Siaran Perss


Banten-KoPi- Festival Lagu daerah Banten diharapkan mampu membangkitkan kembali minat masyarakat, khususnya generasi muda untuk lebih mencintai dan sekaligus mengembangkan seni budaya daerah.

Selain itu juga diharapkan kegiatan ini dapat memotivasi agar mampu berkreasi menciptakan seni budaya banten, sehingga dapat dinikmati oleh segenap masyarakat serta wisatawan.

“Sesuai dengan visi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten “Mewujudkan kebudayaan dan pariwisata Provinsi Banten yang berdaya dan berkelanjutan” ungkap Drs. HM Agus Setiawan AW, Msi Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten disela Kegiatan Festival Lagu Daerah Tingkat Provinsi Banten Tahun 2014 belum lama ini di Balai Budaya Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Banten.

Turut hadir Dra. Hj. Ratu Yati Priati Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kabid SDM Disbudpar) Provinsi Banten, Unsur Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten/Kota Se Provinsi Banten, Peserta Perwakilan Sanggar Seni Kabupaten/Kota Se Provinsi Banten, Seniman dan Budayawan Se Provinsi Banten, Didin Supriadi, S.Sen, M.Pd, Kartika Mutiara Sari, M.Pd, Wawan Kuswanto, S.Pd sebagai Dewan Juri.

Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para seniman atas kreativitas pada pelestarian dan pengembangan seni budaya Banten melalui eksplorasi seni tari, musik , dan lagu pada festival lagu daerah Tingkat Provinsi Banten Tahun 2014 ini.

“Perlu kami informasikan bahwa peserta terbaik dari festival ini akan mewakili Provinsi Banten pada Kegiatan Parade Lagu Daerah Nusantara yang akan dilaksanakan, Insya Allah pada tanggal 6-7 Desember 2014 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII),” jelasnya.

Di kesempatan yang sama Dra. Hj. Ratu Yati Priati Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kabid SDM Disbudpar) Provinsi Banten menegaskan bahwa Provinsi Banten kini sedang giat-giatnya membangun, diantaranya adalah pembangunan dibidang kebudayaan dan pariwisata.

"Bagaimana kita menuju rencana pembangunan tersebut adalah selanjutnya kita ingin menggali potensi-potensi apa saja yang ada di Banten. “Salah satunya adalah melalui seni budaya,” tandasnya.

Menurutnya melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten ini, kami telah mengadakan berbagai macam kegiatan festival seni budaya berbasis ekonomi kreatif. Didalam ekonomi kreatif itu adalah bagaimana kita mengembangkan seni budaya lokal untuk semakin bagus dan berkembang.

Sekarang kita telah menggali kekayaan bahasa daerah Banten melalui kegiatan Festival Lagu Daerah Provinsi Banten.
“Saya yakin kekayaan lokal lagu daerah Banten banyak sekali tinggal dieksplorasi, sehingga menjadi salah satu daya tarik kepada para wisatawan,” katanya.

Kami telah menyelenggarakan berbagai kegiatan festival seni budaya setiap tahunnya seperti festival teater, festival lagu daerah, seni lukis, seni tari tradisional. Diutamakan kepada generasi muda untuk menjadi peserta.

Saya bangga kepada generasi muda Banten bisa mencintai seni budaya tradisi daerahnya.
“Siapa lagi yang akan menggali dan mengembangkan seni budaya Banten, kalau bukan masyarakat banten itu sendiri,” imbuhnya. (az)

 
- sanggar dhianriangutama

back to top