Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Washington-KoPi| Presiden Amerika Serikat, Donald Trump telah mengumumkan bahwa dirinya akan pergi ke Singapura pada 12 Juni untuk menggelar pertemuan pembicaraan dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. 

Trump membuat pengumuman tersebut pada hari Jumat (1/6) waktu Amerika, usai pertemuan selama dua jam dengan pejabat senior Korea Utara Kim Yong-chol di Gedung Putih.

"Kami akan bertemu dengan Ketua [Kim Jong-un] pada 12 Juni," kata Trump di halaman Gedung Putih, ditulis Sabtu (2/6).

Meski ia mengakui bahwa berurusan dengan Korea Utara seolah menjadi frasa "akan menjadi proses", Trump mengatakan yakin upaya tersebut pada akhirnya akan menjadi kata "berhasil".

"Namun, kami tidak akan menandatangani apa pun pada 12 Juni," timpalnya. 

Saat ditanya apakah Korea Utara telah membuat komitmen untuk mendenuklirisasi, Trump berkata, bahwa pihaknya hanya bisa melihat kemana arah selanjutnya. 

"Saya tidak pernah mengatakan bahwa itu akan terjadi dalam satu kali pertemuan. Saya pikir ini akan menjadi sebuah proses. Tetapi hubungan ini sedang terbangun dan itu adalah hal yang sangat positif,"

Setelah pertemuan, Trump dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo keluar dari Gedung Putih bersama Kim Yong-chol dan bawahannya, mereka  berlama-lama selama beberapa menit di halaman Gedung Putih dan berbincang-bincang dengan pejabat Korea Utara sebelum akhirnya melambaikan tangan mereka.    

Sebelumnya, Kim Yong-chol sudah mengirim surat dari pemimpin Korea Utara kepada Trump selama pertemuan mereka di Oval Office, salah satu ruangan pertemuan di Gedung Putih.

Trump mengatakan dari berakhirnya pertemuan, ia belum membaca surat tersebut.

Saat itu, setibanya di Gedung Putih, Kim Yong-chol disambut oleh Kepala Staf John Kelly sebelum menuju bersama dengan beberapa pejabat lainnya, menuju pintu masuk Oval Office. 

Dia tiba di ibukota AS dari New York, di mana ia menggelar pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo pada hari Rabu dan Kamis lalu.

Kim Yong Chol sendiri dianggap sebagai tangan kanan pemimpin Korea Utara, Ia adalah pejabat paling senior dari Pyongyang yang mengunjungi Amerika setelah 18 tahun.

Ia juga merupakan wakil ketua komite pusat Partai Buruh Korea. Terakhir kali seorang pejabat Korea Utara mengunjungi Gedung Putih pada tahun 2000, saat itu Wakil Marsekal Jo Yong-rok bertemu dengan Presiden Bill Clinton dan Menteri Luar Negeri AS Madeleine Albright.

Sementara itu, kepala delegasi AS yang bernegosiasi dengan Korea Utara mengatakan persiapan untuk gelaran pertemuan pembicaraan sudah bergerak ke arah yang benar.

Sung Kim, yang juga menjabat sebagai duta besar AS untuk Filipina, membuat pernyataan itu selama kunjungannya dengan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha, Jumat di Seoul.

Delegasi Sung Kim telah melakukan pembicaraan dengan para pejabat Korea Utara, yang dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Choe Son-hui di zona demiliterisasi Panmunjom pada hari Minggu dan Rabu lalu.

SUMBER: Al-Jazeera

 

 

back to top