Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Danau Labuan Cermin, air tawar dan asin yang bersatu

Danau Labuan Cermin Danau Labuan Cermin
“Dan, Dialah yang menciptakan dua laut mengalir (berdampingan) yang satu tawar lagi segar dan yang lain asin lagi pahit. Dan dia jadikan antara kedua-duanya dinding dan batas yang menghalangi” (QS.Al-Furqan:53)

Maha benar Allah dengan segala firman-Nya. Ayat tersebut memiliki bukti yang dapat kita saksikan langsung dengan kedua mata yaitu Danau Labuan Cermin atau yang biasa disebut Danau dua rasa. Seperti namanya, Danau ini memiliki dua kandungan air yang berbeda, yaitu tawar pada bagian atas dan asin pada bagian bawah. Ajaibnya dua kandungan air yang berbeda ini tidak pernah bercampur menjadi satu.
       
Karena memiliki dua kandungan air, maka di Danau Labuan Cermin ini terdapat dua jenis ikan yang berbeda. Ikan air tawar berenang  pada permukaan atas dan ikan air laut atau air asin berenang pada permukaan bawah. Disebut sebagai Danau Labuan Cermin karena kejernihan air yang mampu menembus pandang hingga ke bagian dasar danau, bahkan karena airnya yang begitu jernih, kita dapat berkaca di danau ini. Subhanallah!
       
Danau Labuan Cermin ini terletak di Desa Labuan Kelambu di Kecamatan Biduk-biduk, Kalimantan Timur. Bukan hal yang mudah untuk mengunjungi danau ini, khususnya bagi masyarakat Jakarta yang ingin mengunjungi Danau Labuan Cermin untuk mengusir penat dari hiruk pikuk perkotaan, selain waktu tempuh yang cukup lama, kocek yang dikeluarkan pun tidaklah sedikit mengingat harga tiket pesawat menuju Berau yang lumayan mahal.
       
Untuk mencapai Danau Labuan Cermin dari Ibukota Jakarta, pertama-tama Anda harus memilih maskapai penerbangan yang melayani rute Jakarta-Berau. Kedua, setelah sampai di Berau (Tanjung Redeb) Anda bisa menggunakan mobil travel untuk menempuh perjalanan darat sekitar 6-7 jam menuju Kecamatan Biduk-biduk. Sesampainya di Biduk-biduk, Anda cukup menuju Desa Labuan Kelambu. Setelah Anda sampai di jembatan kayu, Anda dapat langsung naik ke kapal tradisional untuk langsung menuju Danau Labuan Cermin.
       
Di sekitar Labuan Cermin juga tersedia beberapa tempat penginapan sampai hotel kelas melati di Desa Biduk-biduk dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 80.000/malam hingga Rp250.000/malam. Sayangnya, listrik di lokasi ini hanya menyala pada malam hari jadi manfaatkan semaksimal mungkin untuk mengisi daya alat komunikasi Anda. Untuk Anda yang ingin snorkeling di Danau dua rasa ini sebaiknya membawa perlengkapan snorkeling sendiri karena meskipun ada tempat penyewaan alat snorkeling namun kondisinya kurang layak.|bacpackerborneo.com | beautiful.umm.ac.id

back to top