Menu
Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Empati dan Duka Cita AS kepada Korban dan Dampak Terorisme di Jatim

Pakde Karwo : Terima Kasih Atas Emp…

Jatim-KoPi| Gubernur Jati...

Pemerintah Bangun Industri Digital untuk Kurangi Kesenjangan Ekonomi

Pemerintah Bangun Industri Digital …

Sleman-KoPi| Pemerintah s...

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan Strategi Jatim Songsong Bonus Demografi  2019

Pakde Karwo: Dual Track Pendidikan …

Jatim-KoPi| Berbagai lang...

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Adanya Gejala Erupsi Seperti di Tahun 2010 dan 2006.

BPPTKG: Merapi Belum Menunjukkan Ad…

Jogja-KoPi| Balai Pen...

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana dan Diploma

UGM Mewisuda 1354 Lulusan Sarjana d…

Sleman-KoPi| Universitas ...

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpangan Distribusi Gula Rafinasi

Peneliti Gula UGM Soroti Penyimpang…

Sleman-KoPi| Pasar gula d...

Gerakan Filantropi Islam Sebagai Deradikalisasi

Gerakan Filantropi Islam Sebagai De…

Sleman-KoPi| Dewasa ini, ...

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adalah Persatuan dan Kesatuan

Pakde Karwo: Kunci Perjuangan adala…

Jatim-KoPi| Salah satu ku...

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehakiman Masih Berpusat Pada Institusi Bukan Hakim Secara Personal

Jaminan Kemerdekaan Kekuasaan Kehak…

Sleman-KoPi|Kemerdekaan k...

Prev Next

Cara Mudah Taklukkan Si 'Hipersensitif'

Cara Mudah Taklukkan Si 'Hipersensitif'

KoPi, Teman yang sangat kritis yang selalu bermasalah dengan orang lain dan segala sesuatu dalam hidupnya. Kerabat yang terus menerus memiliki masalah dan hampir tak pernah menemukan hal yang mereka sukai. Atau, rekan kerja yang sangat emosional yang sering menyinggung perasaan dan mementingkan diri walaupun hanya membahas masalah yang bahkan tidak penting. Kita pasti sering bertemu dan mengalami silang pendapat dengan rekan yang memiliki tiga karakter tersebut diatas, orang dengan kepribadian hipersensitif yang cenderung mudah membela diri mereka.


Sebenarnya, cara yang sangat mudah adalah membiarkan begitu saja dan mengabaikan mereka. Namun, mau tidak mau kita harus menanganinya. Berikut adalah empat cara mudah untuk menaklukkan mereka.


Berikan Harapan
Mendengar, peduli dan mendukung orang lain saat mereka mendapat masalah dalam hidup memang penting untuk dilakukan. Hal yang tidak kalah penting juga adalah kita harus memiliki anggapan bahwa orang tersebut juga mampu membantu diri mereka sendiri dan mau berjuang untuk  terbebas dari hal-hal yang tidak mengenakkan.


Cara ini dapat dimulai dengan memberikan keyakinan bahwa masing-masing orang harus bertanggungjawab atas apa yang mereka rasakan beserta efek yang ditimbulkan untuk orang sekitar mereka. Tunjukkan rasa simpati dan hormat, serta berilah pengertian bahwa mereka sendirilah yang harusnya bertanggungjawab atas apa yang mereka pikirkan, rasakan dan lakukan, termasuk saat-saat terdesak yang menimpa mereka.


Dengarkan
Orang dengan kepribadian sensitif cenderung ingin didengarkan dan dimengerti. Berempati dan mendengarkan adalah cara terbaik untuk membuat mereka percaya dan pada akhirnya kita dapat berada di suatu posisi dimana kita dapat mengarahkan mereka. Memberikan pengertian penuh kepada mereka dapat membuat kita mudah untuk bersilang pendapat dengan mereka.


Ciptakan Percakapan yang Akrab
Cara ini dapat dilakukan dengan melakukan percakapan yang akrab dan 'blak-blakan' dengan mereka untuk membicarakan efek dari sikap hipersensitif mereka pada kita. Beritahukan cara-cara terbaik untuk membantu mereka dan dorong mereka agar mau menyatakan masalah apapun yang sedang menimpa sebelum masalah tersebut menjadi mengeruh.


Bersikap Baik Namun Tegas
Tegaslah saat mereka sudah menggunakan cara-cara dramatis seperti menangis, membantah dan berdebat saat mempertahankan pendapat atau pemikiran mereka. Minta mereka untuk tidak melakukan hal tersebut sehingga kita dapat berdiskusi dengan realistis.


Ana Puspita
News.com.au

back to top