Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Cara Mudah Taklukkan Si 'Hipersensitif'

Cara Mudah Taklukkan Si 'Hipersensitif'

KoPi, Teman yang sangat kritis yang selalu bermasalah dengan orang lain dan segala sesuatu dalam hidupnya. Kerabat yang terus menerus memiliki masalah dan hampir tak pernah menemukan hal yang mereka sukai. Atau, rekan kerja yang sangat emosional yang sering menyinggung perasaan dan mementingkan diri walaupun hanya membahas masalah yang bahkan tidak penting. Kita pasti sering bertemu dan mengalami silang pendapat dengan rekan yang memiliki tiga karakter tersebut diatas, orang dengan kepribadian hipersensitif yang cenderung mudah membela diri mereka.


Sebenarnya, cara yang sangat mudah adalah membiarkan begitu saja dan mengabaikan mereka. Namun, mau tidak mau kita harus menanganinya. Berikut adalah empat cara mudah untuk menaklukkan mereka.


Berikan Harapan
Mendengar, peduli dan mendukung orang lain saat mereka mendapat masalah dalam hidup memang penting untuk dilakukan. Hal yang tidak kalah penting juga adalah kita harus memiliki anggapan bahwa orang tersebut juga mampu membantu diri mereka sendiri dan mau berjuang untuk  terbebas dari hal-hal yang tidak mengenakkan.


Cara ini dapat dimulai dengan memberikan keyakinan bahwa masing-masing orang harus bertanggungjawab atas apa yang mereka rasakan beserta efek yang ditimbulkan untuk orang sekitar mereka. Tunjukkan rasa simpati dan hormat, serta berilah pengertian bahwa mereka sendirilah yang harusnya bertanggungjawab atas apa yang mereka pikirkan, rasakan dan lakukan, termasuk saat-saat terdesak yang menimpa mereka.


Dengarkan
Orang dengan kepribadian sensitif cenderung ingin didengarkan dan dimengerti. Berempati dan mendengarkan adalah cara terbaik untuk membuat mereka percaya dan pada akhirnya kita dapat berada di suatu posisi dimana kita dapat mengarahkan mereka. Memberikan pengertian penuh kepada mereka dapat membuat kita mudah untuk bersilang pendapat dengan mereka.


Ciptakan Percakapan yang Akrab
Cara ini dapat dilakukan dengan melakukan percakapan yang akrab dan 'blak-blakan' dengan mereka untuk membicarakan efek dari sikap hipersensitif mereka pada kita. Beritahukan cara-cara terbaik untuk membantu mereka dan dorong mereka agar mau menyatakan masalah apapun yang sedang menimpa sebelum masalah tersebut menjadi mengeruh.


Bersikap Baik Namun Tegas
Tegaslah saat mereka sudah menggunakan cara-cara dramatis seperti menangis, membantah dan berdebat saat mempertahankan pendapat atau pemikiran mereka. Minta mereka untuk tidak melakukan hal tersebut sehingga kita dapat berdiskusi dengan realistis.


Ana Puspita
News.com.au

back to top