Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Cantikmu Beda Shalihat

Cantikmu Beda Shalihat

“Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.” Sudah jelas firman Allah SWT terpampang dalam Q.S. At-Tin ayat 4. Namun rupanya ayat di atas tidak cukup membuat insan tersadar akan kuasa Allah yang telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya. Hanya karena sifat dasar manusia yang tidak pernah merasa puas atas segala nikmat yang telah Allah berikan. Teruntuk kaum hawa yang selalu ingin tampil cantik dan menarik di depan umum terutama di depan lawan jenis.

Berbagai macam cara dilakukan agar terlihat cantik dan menarik mulai dari bermake-up tebal,  suntik silikon hingga operasi plastik bahkan tidak sedikit kaum hawa yang rela mengumbar kemolekan tubuh yang dimiliki demi tetap tampil menarik. Dewasa ini hal tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi pada semua kalangan, padahal sudah jelas Allah SWT tidak menyukainya.
   
Artifisial yang berlebihan, menor, boros dan terlalu mengutamakan fisik semata. Itulah hal-hal yang tidak diinginkan oleh Allah melekat pada diri seorang muslimah yang diridhai-Nya dari kalanngan umat muslim. Allah SWT hanya ingin agar kaum hawa cantik, menarik, mulia dan mempesona dengan dandanan iman dan ketakwaanya kepada Allah SWT. Cantik karena bagus akhlaqnya. Menarik karena selalu menjaga diri dalam kesederhanaannya. Mulia karena bukan seperti pameran berjalan yang selalu dipelototi dan diamati. Serta mempesona karena setiap langkahnya selalu diiringi pahala.
   
Betapa Allah sayang kepada seorang wanita muslimah hingga dalam berpakaianpun Allah atur dalam firmannya, agar terhindar dari gangguan orang-orang yang berniat jahat. Q.S. Al-Ahzab ayat 59: “Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang Mukmin, “Hendaklah mereka menutupkan jilbab mereka ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” Maksud dari penggalan ayat tersebut, wanita yang memakai pakaian yang auratnya tertutup akan lebih dikenali bukan menjadi terkenal sehingga tidak akan mendapat gangguan.
   
Selain dalam hal berpakaian, Islampun sangat memuliakan sosok wanita muslimah. Salah satunya dengan adanya aturan bagaimana muslimah keluar rumah demi menjaga diri dan kehormatannya. Sebagaimana sabda Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam: “Wanita itu aurat, apabila ia keluar (dari rumahnya) maka setan senantiasa mengintainya” (HR Tirmidzi). Adapun dalam hadis lain mengatakan bahwa: “Dandanan lelaki ialah yang tampak baunya dan tersembunyi warnanya. Sedangkan dandanan perempuan tampak warnanya namun tersembunyi baunya.”
   
Subhanallah. Betapa indahnya Islam yang begitu peduli terhadap semua mengenai wanita, mulai dari cara berpenampilan hingga keluar rumahpun Allah telah mengaturnya. Yang demikian itu agar semua wanita mukmin lebih terjaga, karena cantiknya seorang yang shalihat itu berbeda bukan hanya dalam artifisk saja namun iman dan ketaatannya dalam menjalankan perintah Allah SWT.

back to top