Menu
RUU Permusikan dan Kebrutalan Spirit Kapitalisme

RUU Permusikan dan Kebrutalan Spiri…

Anang Hermansyah, anggota...

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Perda Trantibmumlinmas

Gubernur dan DPRD Jatim Setujui Per…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Indonesia Kian Hari Kian Memprihatinkan

Dosen Ekonomi UMY Sebut Ekonomi Ind…

Bantul-KoPi| Di dalam eko...

Masih Banyak Kekeliruan Informasi Dalam Sikapi Bencana

Masih Banyak Kekeliruan Informasi D…

Bantul-KoPi| Bencana alam...

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang Olahraga ke UGM

Kemenpora Serahkan Hibah Gelanggang…

Jogja-KoPi| Kementerian P...

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan Baru

FKH UGM Luluskan 172 Dokter Hewan B…

Jogja-KoPi| Fakultas Kedo...

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Bekas Untuk Tingkatkan Mutu Jalan Rel Kereta Api di Indonesia

Inovasi Gabungan Aspal dan Karet Be…

Bantul-KoPi| Mengacu dari...

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancangan Mahasiswa UGM Raih Penghargaan di Seoul

Sepatu untuk Pasien Lumpuh Rancanga…

Jogja-KoPi| Sepatu buatan...

Konsekuensi Pembangunan Infrastruktur

Konsekuensi Pembangunan Infrastrukt…

Oleh: Novri Susan (Sosiol...

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Prev Next

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Jogja-KoPi| Tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) D.I.Yogyakarta ,  memfokuskan siaga pengamanan di tempat-tempat rekreasi di Pantai Selatan Yogyakarta.

 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan D.I.Yogyakarta , Supriono S.H , Minggu (17/6) mengatakan pada hari ketiga lebaran 2018 sejumlah tempat rekreasi di wilayah Kabupaten Bantul, Kulonprogo , dan Gunungkidul mulai dipadati pengunjung.

"Sudah seperti tradisi bagi masyarakat, saat libur panjang setelah hari raya Idul Fitri tempat-tempat rekreasi selalu padat dan sebagian besar tempat rekreasi di wilayah kerja kami adalah pantai khususnya Daerah Gunungkidul yg menjadi Destinasi Wisata dan memiliki Pantai yg indah seperti Bali," kata dia.

Untuk itu, lanjut Supriono, pantai menjadi fokus siaga dan pengamanan. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang menikmati masa liburan.

Ia menyebutkan, puluhan Rescuer Kantor Basarnas D.I.Yogyakarta disebar di sejumlah pantai yang selama ini menjadi tujuan rekreasi masyarakat.

"Di Bantul, kami tempatkan personil  di Pantai Parangtritis dan Parangkusumo ,Di Kulonprogo kami Siagakan 1 Unit RIB(RIGID INFLATABLE BOAT) ukuran 9 Meter beserta Beberapa Personil Rescuer Di Pos Unit Siaga Basarnas di Jogoboyo yang selalu Mobile di Pantai Glagah, Pantai Congot dan Pantai yang berada di Wilayah Kulonprogo.Di Gunungkidul kami juga sudah punya Unit Siaga dengan Personil dan Peralatan yang selalu Mobile ke Pantai yg menjadi tujuan favorit Di Gunungkidul," dan Berkordinasi dengan Potensi SAR," sebutnya.

Supriono mengutarakan, sejauh ini belum ada kejadian menonjol. Cuaca di wilayah D.I.Yogyakarta dan sekitarnya pun terpantau cukup bersahabat.

Meskipun demikian, ia berharap masyarakat tetap berhati-hati dalam mengisi waktu liburan.

"Waspada itu perlu dalam kondisi apa pun. Kami juga imbau masyarakat segera memberi informasi kepada personil kami di lapangan jika ada kejadian," ujarnya.Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan D.I.Yogyakarta Selain patroli Pantai untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang mengisi masa liburan di tempat rekreasi. Ia menambahkan, total personil SAR yang disiagakan dan turun lapangan pada masa libur lebaran tahun ini sebanyak 50 Personil. Selain tempat rekreasi, personil juga masih berjaga-jaga di Posko Pengamanan Lebaran bersama anggota TNI, Polri, Perhubungan serta instansi terkait lainnya.

"Dengan luasnya wilayah kerja kami yang meliputi 4 kabupaten dan 1 KotaMadya, sejatinya personil kita masih kurang. Yang ada ini kami optimalkan dan mereka wajib siaga setiap saat ketika dibutuhkan," ucap Supriono .

back to top