Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Jogja-KoPi| Tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) D.I.Yogyakarta ,  memfokuskan siaga pengamanan di tempat-tempat rekreasi di Pantai Selatan Yogyakarta.

 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan D.I.Yogyakarta , Supriono S.H , Minggu (17/6) mengatakan pada hari ketiga lebaran 2018 sejumlah tempat rekreasi di wilayah Kabupaten Bantul, Kulonprogo , dan Gunungkidul mulai dipadati pengunjung.

"Sudah seperti tradisi bagi masyarakat, saat libur panjang setelah hari raya Idul Fitri tempat-tempat rekreasi selalu padat dan sebagian besar tempat rekreasi di wilayah kerja kami adalah pantai khususnya Daerah Gunungkidul yg menjadi Destinasi Wisata dan memiliki Pantai yg indah seperti Bali," kata dia.

Untuk itu, lanjut Supriono, pantai menjadi fokus siaga dan pengamanan. Hal ini dilakukan untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang menikmati masa liburan.

Ia menyebutkan, puluhan Rescuer Kantor Basarnas D.I.Yogyakarta disebar di sejumlah pantai yang selama ini menjadi tujuan rekreasi masyarakat.

"Di Bantul, kami tempatkan personil  di Pantai Parangtritis dan Parangkusumo ,Di Kulonprogo kami Siagakan 1 Unit RIB(RIGID INFLATABLE BOAT) ukuran 9 Meter beserta Beberapa Personil Rescuer Di Pos Unit Siaga Basarnas di Jogoboyo yang selalu Mobile di Pantai Glagah, Pantai Congot dan Pantai yang berada di Wilayah Kulonprogo.Di Gunungkidul kami juga sudah punya Unit Siaga dengan Personil dan Peralatan yang selalu Mobile ke Pantai yg menjadi tujuan favorit Di Gunungkidul," dan Berkordinasi dengan Potensi SAR," sebutnya.

Supriono mengutarakan, sejauh ini belum ada kejadian menonjol. Cuaca di wilayah D.I.Yogyakarta dan sekitarnya pun terpantau cukup bersahabat.

Meskipun demikian, ia berharap masyarakat tetap berhati-hati dalam mengisi waktu liburan.

"Waspada itu perlu dalam kondisi apa pun. Kami juga imbau masyarakat segera memberi informasi kepada personil kami di lapangan jika ada kejadian," ujarnya.Tim SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan D.I.Yogyakarta Selain patroli Pantai untuk memberi rasa nyaman bagi masyarakat yang sedang mengisi masa liburan di tempat rekreasi. Ia menambahkan, total personil SAR yang disiagakan dan turun lapangan pada masa libur lebaran tahun ini sebanyak 50 Personil. Selain tempat rekreasi, personil juga masih berjaga-jaga di Posko Pengamanan Lebaran bersama anggota TNI, Polri, Perhubungan serta instansi terkait lainnya.

"Dengan luasnya wilayah kerja kami yang meliputi 4 kabupaten dan 1 KotaMadya, sejatinya personil kita masih kurang. Yang ada ini kami optimalkan dan mereka wajib siaga setiap saat ketika dibutuhkan," ucap Supriono .

back to top