Menu
Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR Hemas Tekankan Penggunaan Teknologi dengan Bijak

Jadi Pembicara Seminar di UAJY, GKR…

Jogj-KoPi| Universitas At...

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabatan Bagi 2.065 CPNS 2018

Pemprov Jatim Siapkan Formasi Jabat…

Surabaya-KoPi| Pemerintah...

UGM dan Twente University Teliti Kandungan Panas Bumi di Bajawa NTT

UGM dan Twente University Teliti Ka…

Flores-KoPi| Peneliti UGM...

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V Pajero Indonesia ONE di Surabaya

Kopi Darat Nasional (KopdarNas) V P…

Surabaya-KoPi| Dalam rang...

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswedan Tekankan Nilai Integritas

Jadi Pembicara di UAJY, Novel Baswe…

Jogja-KoPi| Fakultas Huku...

Pakde Karwo: Antara Operator dan Regulator Transportasi Tidak Bisa Dipisahkan

Pakde Karwo: Antara Operator dan Re…

Surabaya-KoPi| Gubernur J...

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres dan Cawapres

Nertalitas TNI dalam Pemilu Capres …

Lembah Tidar-KoPi| Senin ...

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu melaksanakan Out Bound

Reuni Adem Akabri '86, Ibu ibu mela…

Lembah Tidar-KoPi| Minggu...

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program Kampus Sehat dan Bebas Asap Rokok

Teknik Mesin SV UGM Dukung Program …

Jogja-KoPi| Departemen Te...

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalitas Kayu

Teknologi RFID Bantu Lacak Legalita…

Bantul-KoPi| Tim Pengabdi...

Prev Next

Awas! Lama gadget-an, wajah menua dini

Awas! Lama gadget-an, wajah menua dini
KoPiLama bermain atau bekerja di depan komputer dan gadget bisa menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah. Pengerutan lebih cepat terjadi pada kulit wajah sehingga menyebabkan laki-laki dan perempuan tidak terlihat segar lagi. Ciri penuaan kulit wajah adalah kerut wajah, noda kehitaman atau kecoklatan (flek), dan bintil-bintil kecil (spruten). Anda tidak lagi tampan atau tidak lagi cantik karenanya.

News Medical misalnya, menjelaskan bahwa penuaan dini pada wajah makin dipengaruhi oleh kondisi gaya hidup termasuk berlama-lama di depan komputer atau gadget. Laporan penelitian dari Public Health Centre  di Universitas Maryland menyebutkan rata-rata lama individu di depan komputer atau gagdget untuk berbagai aktivitas adalah 18 jam per hari. Artinya wajah kena radiasi ultra violet selama lebih dari 60 persen waktu dalam sehari.

Menurut dokter Nisfu Laily, pakar kesehatan estetika, penuaan dini memang disebabkan oleh faktor intrinsik (dari dalam) dan ekstrinsik (dari luar). Faktor intrinsik adalah berkurangnya kadar kolagen dan elastin sebagai penyangga kulit. Tanpa dua dzat itu kulit wajah mudah berkeriput. Selain itu imbuh dokter cantik ini, berkurangnya asam hialuronat menyebabkan kulit wajah kering dan kurang kelembabannya.

Faktor ekstrinsik adalah radikal bebas akibat paparan radiasi sinar ultra violet (UV). Faktor ekstrinsik inilah yang juga menyebabkan rusaknya sel kulit. Dokter yang sehari-hari berjilbab ini menyarankan agar pria dan wanita tidak terlalu sering terpapar radiasi UV seperti dari matahari maupun di depan komputer berlama-lama.

"Hindari radiasi sinar UV ya. Usapkan krim pelindung radiasi. Jika peduli pada kesehatan kulit wajah, beri nutrisi yang dibutuhkan kulit. Selain itu jangan lupa cek kondisinya pada dokter".

Dokter Laily sering dimintai konsultasi kesehatan kulit wajah dari berbagai kalangan dan usia. Menurutnya salah satu kunci menjaga wajah dari penuaan dini adalah mengetahui cara-cara merawat, mencegah dan menangani wajah. Dokter yang menjadi konsultan estetika kesehatan kulit di Light Skin Clinic (LSC) juga menyarankan agar siapapun mau belajar tentang cara merawat kulit wajah. Beberapa informasi kesehatan kulit wajah bisa juga diakses di lightskinclinic.com. |Proyeksi Indonesia

back to top