Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredaran Tembakau Gorila di Yogyakarta.

Polda DIY Gagalkan Operasi Peredara…

Sleman-kopi| Direktorat R...

Prev Next

4 jenis teh yang wajib anda ketahui

righ-sidet:malezone righ-sidet:malezone

Siapa sih yang tidak mengenal teh. Selain sebagai minuman dikala bersantai, teh juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, diantaranya dapat mencegah penyakit kanker karena kandungan antioksidan dari tanaman yang bernama latin Camellia Sinensis ini.

 

KoPi - Namun tidak banyak masyarakat yang mengetahui jenis – jenis teh, banyak masyarakat yang menganggap teh hanya teh hitam saja atau yang sering disebut jasmine tea (teh melati) saja. Padahal teh sendiri dibagi menjadi empat jenis sesuai pengolahannya. Berikut ulasannya.

Teh Hitam (Black Tea)

Teh hitam atau biasa disebut teh merah ini paling banyak diproduksi di Indonesia, Indonesia sendiri merupakan pengekspor teh hitam ke – 5 terbesar didunia. Teh hitam dibuat dari daun teh yang digulung, difermentasi dan dikeringkan, waktu pengeringan daun teh yang akan diolah menjadi teh hitam lebih lama dibanding jenis teh yang lain. Jenis teh ini mengandung kafein tertinggi dibanding jenis – jenis teh yang lain. Teh hitam kaya akan manfaat diantaranya adalah meningkatkan kesehatan mulut karena kandungan polifenol yang terkandung dalam teh dapat membunuh bakteri jahat didalam mulut, selain itu teh hitam juga dapat melindungi tubuh dari ancaman radikal bebas dan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Teh Hijau (Green Tea)

Teh hijau dibuat tanpa proses frementasi, teh yang akan dibuat menjadi teh hijau biasanya lansung diproses setelah dipetik. Teh hijau dibuat dengan tingkat pemanasan paling minimum untuk mencegah oksidasi, cara tradisional membuat teh hijau dijepang dengan menggunakan uap. Teh hijau mengandung polifenol yang baik bagi tubuh, terutama kulit. Terdapat katekin yang sering disebut sebagai zat anti kanker. Selain itu teh hijau juga menjadi teh paling populer yang mampu menurunkan berat badan karena teh hijau terbukti dapat mengurangi penyerapan lemak dalam tubuh.

Teh Putih (White Tea)

Teh putih dibuat tanpa melalui proses oksidasi dan dalam penanamannya teh putih terhindar dari sinar matahari untuk menghalangi pembentukan klorofil pada daun teh. Kandungan kafein pada teh putih paling kecil dibanding jenis teh yang lain. Minum segelas teh putih setara dengan mengkonsumsi 12 gelas jus jeruk segar. Manfaat teh putih selain mencegah pertumbuhan sel kanker juga dapat menurunkan kolesterol, melindungi jantung dan juga menurunkan kadar gula darah.

Teh Oolong (Oolong Tea)

Teh oolong mirip dengan teh hitam namum pengolahannya lebih singkat dari pengolahan teh hitam. Proses oksidasi pada teh oolong dihentikan ditengah – tengah antara teh hijau dan teh hitam.  Manfaat mengkonsumsi teh oolong hampir sama dengan manfaat meminum jenis teh hitam, teh putih dan teh hijau. Sebuah studi di Jepang menyebutkan bahwa mengkonsumsi teh oolong dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Suci Wulandari

back to top