Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

11 cara meningkatkan hubungan seketika

11 cara meningkatkan hubungan seketika

KoPi- Dalam sebuah hubungan, menyalakan kembali percikan cinta dalam waktu singkat adalah cara sederhana untuk memperbaiki hubungan yang kurang harmonis. Semua orang bisa melakukannya, tetapi mereka sering sekali melupakan hal-hal kecil tersebut. Berikut 12 cara untuk meningkatkan hubungan dengan pasangan anda agar tetap harmonis:

Menjaga cinta tetap hidup 

Rachel Swalin With mengatakan segala sesuatu yang terjadi dalam kehidupan pasangan rata-rata sangat mudah untuk melupakan gerakan kecil yang sebenarnya itu bisa menjaga hubungan tetap hidup. Kebanyakan pasangan tidak menyadari bahwa gerakan kecil itu bisa membantu pasangan anda merasa lebih dihargai setiap harinya.

"Merangkai bersama melakukan hal-hal kecil adalah cara berkelanjutan untuk membuat perubahan dalam hubungan anda," kata Gail Saltz, MD, kontribusi editor psikologi Kesehatan. Trik ahli di sini dapat dilakukan dengan mudah dalam beberapa menit saja. Asalkan rutin, hubungan akan menjadi lebih kuat dan ikatan abadi tetap terjaga dari waktu ke waktu. 

Matikan ponsel anda 

Jika Anda terpaku dengan Facebook, Twitter, Istagram, atau sosial media lainnya selama waktu makan, maka saatnya untuk menghilangkan kebiasaan itu. Berdasarkan data penelitian dari 1.160 pasangan suami-istri, sebuah studi menemukan korelasi negatif antara penggunaan media sosial dengan hubungan kebahagiaan. 

"Ketika marah, beberapa orang mungkin beralih ke SMS untuk menghindari mengatakan sesuatu," kata Dr. Saltz. "Cara ini sebenarnya dapat menciptakan jarak." Meskipun tidak ada salahnya untuk mengirim pesan genit atau mesra pada pasangan anda, bertemu langsung dengan pasangan adalah cara terbaik agar hubungan tetap hidup.

Pergi tidur pada waktu yang sama 

Jika merasa seperti tidak pernah memiliki waktu luang bersama-sama, pergi tidur pada waktu yang sama adalah solusinya. "Waktu tidur mungkin satu-satunya kesempatan untuk bersama-sama sepanjang malam," kata Barton Goldsmith, PhD, penulis buku The Happy Couple.

Sebuah studi dari University of California, Berkeley melihat kebiasaan tidur lebih dari 100 pasangan dan hasil studi tersebut mengatakan kurangya waktu tidur bersama dapat menyebabkan perberdebatan  dengan pasangan anda pada hari berikutnya. 

Menyeduh secangkir kopi untuk pasangan anda 

Gerakan besar bukan satu-satunya cara untuk mengekspresikan cinta Anda. Sesuatu yang sederhana seperti menyeduh secangkir kopi untuk pasangan anda di pagi hari dapat membantu meningkatkan hubungan anda lebih intens, kata Terri Orbuch, PhD, seorang penulis dan peneliti pernikahan. Orbuch telah mempelajari 373 pasangan selama lebih dari 28 tahun di Pusat Survei Penelitian Universitas Michigan. 

Penelitiannya menunjukkan bahwa tindakan-tindakan kecil seperti menyeduh secangkir kopi untuk pasangan adalah prediktor kebahagiaan dalam sebuah hubungan. “Dengan melakukan tugas-tugas kecil secara teratur, akan membuat pasangan anda merasa diperhatikan”, kata Orbuch. 

Menceritakan momen lucu dari masa lalu anda 

Kadang-kadang kenangan terbaik adalah kenangan lucu dimana kita bisa tertawa lepas. Sebuah studi emotion pada pasangan yang ingat waktu tertawa bersama menemukan bahwa kepuasan hubungan mereka lebih besar daripada yang ingat kenangan yang luar biasa tetapi tidak lucu. 

"Tertawa karena ingat kenangan lucu dapat menghidupkan kembali saat-saat tertawa bersama," kata penulis studi, Doris Bazzini, PhD yang juga seorang psikolog di Universitas Appalachian di Boone, Carolina Utara.

Bekerja sampai berkeringat 

Bukan rahasia lagi agar mendapatkan penggemar, anda keluar dari kamar tidur dan meningkatkan daya tahan tubuh, kekuatan, dan fleksibilitas misalnya bersih-bersih rumah, jogging bersama, memasak bersama pasangan. Sesi keringat dengan pasangan anda tersebut memiliki efek yang mengesankan. 

"Endorfin dari latihan memberikan adrenalin yang meningkatkan gairah," kata Orbuch. Kegiatan yang membuat detak jantung anda meningkat, seperti hiking, berlari, atau bersepeda, dijamin memiliki efek positif pada keinginan anda. 

"Setiap jenis gairah pada saat berkeringat dapat ditransfer ke pasangan anda dan itu menambahkan gairah untuk hubungan anda," kata Orbuch. Misalnya pada saat seorang istri berkeringat karena bekerja membersihkan rumah, suami yang peduli pasti tidak akan tinggal diam dengan melihat saja.

Menari sebelum makan malam 

Pasangan yang sering mencoba hal-hal baru bersama-sama memiliki hubungan yang berkualitas lebih tinggi, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology. Dan itu tidak perlu dengan kegiatan ekstrim seperti terjun payung atau panjat tebing, melainkan kegiatan-kegiatan simpel dan dapat dilakukan sedikitnya selama 7 menit, peneliti mengakatakan. 

Makan malam adalah salah satu saat mudah untuk mencoba sesuatu yang baru. Pada saat anda sedang memasak hidupkan musik yang menarik dan mudah di ingat, setelah itu mulailah menari bersama-sama setelah selesai memasak, Orbuch menyarankan. Atau anda bisa mencoba memasak dengan teknik baru buatan sendiri bersama pasangan.

Berhubungan seks di tempat yang berbeda 

Jika merasa begitu-begitu saja tentang aktivitas seksual di kamar tidur anda, mungkin sudah saatnya untuk melakukan perubahan tempat untuk bercinta. 

“Mencoba berhubungan seks di area yang belum pernah dapat merangsang sistem dopamin," kata Dr. Saltz. Ketika anda melakukan sesuatu yang dapat melepaskan lebih banyak dopamin, itu adalah dorongan yang positif. 

Berikan pasangan anda pelukan 

Menyentuh dalam arti nonseksual seperti memeluk atau berpegangan tangan sama pentingnya dengan seks itu sendiri agar hubungan tetap sehat. "Menyentuh mungkin adalah cara yang paling definitif untuk membiarkan orang lain tahu posisi anda dalam suatu hubungan," kata Goldsmith. 

Dalam jangka panjang, sentuhan nonseksual tersebut dapat membuat anda merasa lebih nyaman satu sama lain. Memeluk atau berpegangan tangan adalah cara yang efektif untuk menenangkan pasangan anda. "Setiap kali anda melakukannya, anda mengirimkan pesan positif untuk pasangan anda." 

Ajukan pertanyaan baru

Sebagai pasangan, anda mungkin menghabiskan sebagian besar waktu anda mengobrol tentang pekerjaan, anak-anak anda, atau teman-teman anda. Kapan terakhir kali anda menanyakan sesuatu yang baru tentang satu sama lain? Semua orang berubah karena bertambahnya usia, tanggung jawab keluarga ataupun pekerjaan. Mereka sibuk dengan kehidupan baru mereka dan melupakan hal-hal sederhana seperti pertanyaan baru untuk mengawali sebuah pembicaraan. Sederhana, tapi itu penting dan berpengaruh pada keharmonisan hubungan anda.

Jadi kemungkinan pasangan anda memiliki gairah yang berbeda dari tahun ke tahun. Solusinya adalah pertanyaan, tanyakan pada pasangan anda tentang sesuatu yang baru kepada pasangan anda. Pertanyaan itu sebagai bahan pembuka obrolan untuk menghangatkan suasana didalam rumah.

Mengucapkan terima kasih 

Pikirkan tentang terakhir kali pasangan anda melakukan sesuatu untuk membantu atau membuat anda merasa istimewa dan kemudian anda berkata "terima kasih" untuk itu. "Anda merasa begitu nyaman dengan pasangan anda dan sangat mudah untuk mengharapkan mereka untuk memenuhi kebutuhan anda," kata Dr Saltz.

Terlalu sering pasangan lupa untuk mengekspresikan terima kasih yang sederhana. Dan apakah anda pernah mengucapkan terima kasih kepada pasangan anda tanpa sebuah alasan yang kongkrit? Sangat penting untuk mengungkapkan rasa terima kasih bukan untuk apa yang mereka lakukan untuk anda, Goldsmith mengatakan. 

Irfan Ridlowi

Sumber: health.com

 

 

back to top