Menu
Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku Pembancokan

Polresta Yogyakarta Bekuk 2 Pelaku …

Jogja-KoPi| Sat Reskrim P...

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu Evakuasi Korban Bencana di Sulteng

Brimob Polri Bahu Membahu Membantu …

Sulawesi Tengah-KoPi|&nbs...

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar Tiban karya Anne Avantie

Fatma Saifullah Yusuf Kagumi Pasar …

Surabaya-KoPi| Ketua Umum...

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi dalam Tantangan Kemajuan Ekonomi Digital

Pacu Generasi Muda Ciptakan Inovasi…

Jogja-KoPi| Fakultas Ekon...

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mulai Makan Korban

Awas, Hati-Hati, Kredit Online Mula…

Jogja-KoPi| Lembaga Konsu...

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Thailand

Dosen Muda UMY Ukir Prestasi di Tha…

Bantul-KoPi| Universitas ...

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo Serukan Damai dan Berbudaya di Ranah Maya

Diskusi Netizen Jogja: Menkominfo S…

Jogja-KoPi|  – Selas...

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Politik Bahas Perkembangan Politik Nasional

Fisipol UGM Kumpulkan Para Pakar Po…

Jogja-KoPi| Fakultas Ilmu...

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan Solusi​ Online​ untuk UKM

Niagahoster Devcussion 2.0 Berikan …

Jogja-KoPi| Setelah sukse...

Doa bersama Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Masjid Al-Jihad Akmil Magelang

Doa bersama Memperingati Hari Kesak…

KoPi-Lembah Tidar. Minggu...

Prev Next

10 Langkah taktis bisnis lewat media sosial

10 Langkah  taktis bisnis lewat media sosial

KoPi, Mengukur ROI media sosial hanya mungkin setelah Anda mengembangkan rencana strategis yang akan membuat pengukuran itu baik jelas dan mudah . Ketika masuk ke media sosial " 80 % dari pemasar memulai dengan tujuan yang tidak jelas" - eMarketer Report . 

Berikut adalah cara untuk membangun rencana strategis pada media sosial untuk memastikan bahwa Anda tidak membuang-buang waktu atau uang karena taktik yang tidak efektif .

 

Mengapa Anda perlu untuk mengukur ROI media sosial ?

 

Pada kenyataannya tidak mungkin mengukur semua aspek pada media sosial dengan ROI . Namun, ini bukan alasan untuk tidak mengukur ROI media sosial . Saat ini , hanya 20 % dari pemasar aktif mengukur ROI – Laporan eMarketer.

 

Meskipun penting untuk menyeimbangkan ROI dengan metrik yang menunjukkan nilai lebih , jika bisnis adalah untuk meningkatkan profitabilitas , pelanggan , dan pengembangan , maka ROI tetap menjadi acuan kritis dan pengukur terbaik dari keberhasilan dalam jangka panjang .

 

Mulailah dengan mendengarkan

 

Banyak perusahaan melihat media sosial sebagai " cara mudah menarik perhatian massa" . Mereka membuat akses di Facebook , Twitter dan YouTube dan mulai menyiarkan pesan mereka dan  mengharapkan kerumunan massa dan berinteraksi. Percayala, itu salah !

 

Partisipasi dalam media sosial, pertama mengharuskan Anda untuk melakukan penelitian , mengamati dan mendengarkan. Perbicangan sudah berlangsung mengenai produk Anda , merek , pesaing dll.  Menggunakan kombinasi dari kedua alat sosial dan tradisional , menemukan , mendengarkan, belajar , dan terlibat langsung dengan pelanggan . Biarkan kecerdasan ini dan wawasan untuk mendikte strategi keterlibatan Anda .

 

Mengembangkan rencana strategis media sosial

 

Setelah Anda telah mengambil waktu untuk menemukan bagaimana pelanggan ingin Anda untuk terlibat di media sosial , kini Anda perlu mengembangkan strategi media sosial yang akan menghasilkan keuntungan yang berarti dan nyata bagi bisnis . 10 langkah dalam mengembangkan media sosial yang strategis adalah :

 

Searah dengan bisnis, Temukan peluang, Tentukan tujuan, Identifikasi KPI, Menempatkan nilai ke KPI, Tentukan saluran, menentukan taktik, tentuan analisis-analisisnya, Ratakan strategi, Ukur dan perbaiki

 

1 . Searah dengan bisnis

Sebuah stratergi yang masuk akal dalam media sosial adalah sejajar dengan tujuan bisnis Anda . Media sosial harus mampu menjadi perpanjangan dari bisnis , brand dan nilai-nilainya ( pernyataan misi perusahaan sering merupakan tempat yang tepat untuk memulai ) .

 

 2 . Temukan peluang

 

Media sosial dapat digunakan untuk berbagai kegiatan usaha termasuk : Pemasaran, penjualan, pelayanan pelanggan, penelitian, analisa, HR dll

Dalam setiap organisasi , departemen yang berbeda akan memiliki tujuan yang berbeda dan KPI terkait akan bervariasi . Bicara dengan dan menganalisis kebutuhan masing-masing departemen dan meningkatkan kinerja sumber daya yang tersedia untuk media sosial .

 

 3 . Tentukan tujuan

Analisis cross -over yang ada dan mengidentifikasi peluang bagi departemen untuk bekerja sama yang saling menguntungkan . Tidak semua departermen menggunakan media sosial  , paling tidak pada awalnya ! Untuk membantu memprioritaskan mana yang menjadi tujuan atau target  : Berolahraga kesesuaian media sosial untuk memecahkan tantangan tertentu. Lihat kembali kebutuhan bisnis secara keseluruhan Selidiki biaya tidak memecahkan masalah Memperkirakan dan membandingkan ROI potensial

Berbicara kepada dan mendapatkan dukungan dari manajemen senior. Selanjutnya, mulai untuk menentukan rencana strategis yang terpisah untuk masing-masing departemen .

 

4 . Identifikasi KPI ( Key Performance Indicators )

Pada setiap tujuan , Anda perlu juga mengidentifikasi metrik terkait untuk mengukur keberhasilan media sosial dalam memecahkan masalah itu.

Pilih metrik yang menunjukkan kemajuan bahwa tujuan dan mudah diukur . Media sosial berkembang pesat sehingga taktik Anda mungkin harus berubah nanti. Oleh karena itu buat metrik bisnis tradisional seperti : Konversi, pelanggan, biaya, timing, tingkat kepuasan jauh lebih efektif untuk mengukur ROI media sosial dan mereka akan tahan terhadap perubahan taktis .

 

5 . Menempatkan nilai ke KPI (Keys Performance Indicator )

 

Bekerja dengan masing-masing departemen untuk menganalisis dan menetapkan nilai moneter untuk perbaikan di seluruh metrik yang dipilih . Beberapa metrik akan mudah tersedia , yaitu penjualan.

 

Bagi yang lain , departemen tertentu mungkin harus melakukan beberapa pekerjaan , yaitu survei kepuasan pelanggan. Mencari perbaikan dalam satu bidang bisnis berpotensi dan berdampak positif pada yang lain , yaitu peningkatan kepuasan pelanggan yang memiliki efek positif pada penjualan .

 

Ini adalah bukti lebih jika diperlukan untuk departemen untuk bekerja lebih erat bersama-sama menggunakan alat media sosial untuk mendorong perbaikan di seluruh perusahaan, yaitu penjualan dan layanan pelanggan.

 

6 . Tentukan saluran

 

Menyelidiki kesesuaian masing-masing saluran media sosial untuk melayani tujuan tertentu. Jangan berasumsi bahwa semua saluran media sosial diciptakan sama.tidak ! Beberapa akan lebih cocok atau tergantung pada tujuan tertentu, misalnya, Twitter lebih baik dalam kebutuhan pengelolaan tujuan layanan pelanggan daripada Facebook .

 

Bersambung

back to top