Menu
Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

Mendesa RI bersama Rektor UGM melep…

 Sleman-KoPi| Rektor UG...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata…

Jogja-KoPi| Tim Search An...

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yaman berdampak ke Bencana Kemanusiaan yang Lebih Besar

PBB:Serangan Lanjut ke Hudaida Yama…

Yaman-KoPi| Persatuan Ban...

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cen…

Sleman-KoPi| Memasuki per...

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Cangkang Udang Menjadi Closet Sanitizer Berbahan 100% non Alkohol.

Mahasiswa UGM Inovasikan Limbah Can…

Sleman-KoPi| Lima Mahasis...

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunung Merapi tidak di tutup Tapi kalau naik Gunung harap Waspada

Gubernur DIY: Jalan Alternatif Gunu…

Sleman-KoPi| Gubernur Dae...

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Berfokus Pada 4 Potensi Kerawanan saat Lebaran.

Operasi Ketupat 2018, Polda DIY Ber…

Sleman-KoPi| Kepolisian D...

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Menghabiskan Malam di  Hotel Berbintang Ketimbang di Hotel Melati.

Tamu di Yogyakarta Lebih Gemar Meng…

Bantul-KoPi| Badan Pusat ...

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelaran Pertemuan Dengan Kim Jong.

Donald Trump Pastikan Tanggal Gelar…

Washington-KoPi| Presid...

Prev Next

Survei Pemilu 2019: Muhaimin Iskandar paling mewakili Islam

Surabaya - KoPi | Pusat Studi Pembangunan dan Pengelolaan Konflik (Puspek) merilisi hasil survei tentang "Menakar Arah Pemilih Islam: Arah Pemilu 2019" di Kafe De'oak Surabaya hari ini (3/6). Survei ini merupakan kolaborasi antara Puspek dan lembaga konsultan riset lain. 

"Survei dilaksanakan pada 12-26 Juni 2018, dengan responden 1200 orang tersebar di 29 provinsi Indonesia melalui pemilihan multistage random sampling. Tingkat kepercayaan 95% dan margin error 2.83%." Jelas Novri Susan, Ph.D (direktur Puspek) kepada KoPi.

Menurut Novri survei ini bertujuan menyediakan data perkembangan persepsi di kalangan masyarakat beragama Islam tentang pemimpin politik nasional dalam konteks pemilu 2019.

Berdasar survei ini, ada sepuluh  nama yang disukai secara berututan yaitu Joko Widodo (52.52%), Prabowo Subianto (38.0%), Mahfud MD (12.4%), Anies R. Baswedan (11.4%), Jusuf Kalla (10.6%), Gatot Nurmantyo (9.9%), Abdul Muhaimin Iskandar (9.5%), Agus Harimurti Yudhoyono (9.2%), Ridwan Kamil (6.9%), Habib Rizieq Sihab (6.0%) dan Sri Mulyani 5.8%).

Ada citra para kandidat capres terpetakan oleh survei ini dimana Abdul Muhaimin Iskandar dicitrakan sebagai tokoh paling merepresentasikan Islam (18.2%), Joko Widodo dicitrakan sebagai tokoh yang mampu meningkatkan bidang ekonomi (36.4%), dan citra tokoh yang merepresentasikan keamanan adalah Prabowo Subianto (45.0%). 

Elektabilitas capres masih didominasi oleh dua nama, yaitu Joko Widodo (47.9%) dan Prabowo Subianto (30.1%).

Lima besar elektabilitas cawapres terbagi menjadi Gatot Nurmantyo (18.4%), Jusuf Kalla (15.3%), Abdul Muhaimin Iskandar (13.0%), Agus Harimurti Yudhoyono 10.4%), dan Anies R. Baswedan (7.4%). 

Survei juga melakukan simulasi pasangan kandidat capres dan cawapres, ternyata pasangan dengan kombinasi antara tokoh ekonomi dan keagamaan (Islam) menduduki peringkat paling tinggi secara elektabilitas. Jika Joko Widodo maju sebagai capres dengan cawapres Abdul Muhaimin Iskandar melawan Prabowo Subianto berpasangan dengan Anies Bswedan maka hasilnya, Jokowi-Muhaimin (42.0%) dan Prabowo-Anies (35.0%), sisanya belum memutuskan. 

Berdasar survey ini, simulasi pasangan yang paling memiliki elektabilitas adalah Joko Widodo berpasangan dengan Muhaimin Iskandar. | GIN

Read more...

Mendesa RI bersama Rektor UGM melepas 5.992 Peserta KKN PPM 2018 ke 34 Provinsi.

 Sleman-KoPi| Rektor UGM, Prof.Ir. Panut Mulyono bersama Menteri Desa Pembangunan dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo melepas Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) UGM periode 2 Tahun 2018 di lapangan Grha Sabha Pramana, Sabtu (23/6). KKN periode kali ini diikuti sebanyak 5.992 mahasiswa yang berasal dari 18 Fakultas dan Sekolah Vokasi. 

Read more...

Basarnas Fokuskan Pengamanan Wisata Pantai Selatan

  • Read: 119

Jogja-KoPi| Tim Search And Rescue (SAR) dari Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) D.I.Yogyakarta ,  memfokuskan siaga pengamanan di tempat-tempat rekreasi di Pantai Selatan Yogyakarta.

Tahun 2018 Kasus Demam Berdarah Cenderung Turun.

  • Read: 102

Sleman-KoPi| Memasuki pertengahan tahun 2018, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta bersama Eliminate Dengue Project Yogya menemukan kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) mengalami penurunan tahun ini. Kota Yogyakarta hingga bulan Mei terdapat hanya 46 kasus demam berdarah dalam kurun waktu 6 bulan.

Subscribe to this RSS feed